Saat ini perjalanan jauh tidak hanya dilakukan ketika mudik saja. Mulai dari liburan keluar negeri, bleisure travel, hingga menjalankan hobi touring juga termasuk di dalamnya. Namun sebesar apapun manfaat dan tingkat keseruannya, tubuh manusia normal akan tetap lelah setelah menjalani perjalanan jauh. Bahkan jika bertemu pada situasi dan kondisi yang kurang baik, bisa saja seseorang malah jatuh sakit. Itulah kenapa penting sekali untuk mengembalikan energi dengan cepat sebelum beraktifitas kembali. Simak 7 cara mengembalikan stamina setelah perjalanan jauh yang efektif berikut ini.

 


Cara Mengembalikan Stamina Setelah Perjalanan Jauh

Jika cara instan yang dipilih kebanyakan orang adalah tidur, maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum tidur agar manfaat tidur lebih maksimal. Artinya, risiko badan lelah setelah bangun tidur dapat diturunkan atau dihilangkan. Ikuti cara atau langkahnya di bawah ini.

1. Makanan Hangat

Ketika kamu baru saja tiba di rumah dan terasa lapar, pilihlah menu makanan yang hangat. Salah satunya adalah mengonsumsi makanan berkuah. Jenis makanan hangat seperti sup dan soto cenderung dapat menghilangkan lelah. Namun hal penting lain yang perlu diperhatikan adalah kandungan bahan makan di dalamnya. Beberapa makanan yang populer untuk mengembalikan stamina adalah bayam, kacang, tahu, salmon, tuna, kacang hitam, dan lobak. Makanan tersebut mengandung mineral selenium untuk percepatan metabolisme dan magnesium yang mencegah nyeri otot dan kram.

2. Minuman Pengusir Lelah

Kemudian untuk minumannya, minuman hangat dan/atau panas juga dipercaya mampu menghilangkan lelah. Seduhlah teh hijau atau teh biasa dan campuri dengan madu atau lemon. Kandungan yang ada dalam madu dapat menurunkan kelelahan otot dan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Tidak hanya berfungsi sebagai minuman relaksasi, tapi juga mengembalikan energi. Selain itu, jus buah seperti ceri, kiwi, alpukat, bluberi, dan goji beri juga bisa menjadi alternatif pilihan. Kandungan antioksidan dan asam lemaknya mampu menghindarkan tubuh dari peradangan otot.

3. Air Putih Selama dan Sesudah Perjalanan

Salah satu kunci agar tubuh tidak terlalu lelah selama dan setelah perjalanan jauh adalah terhidrasi. Itulah kenapa konsumsi air putih yang cukup akan membantu mengembalikan stamina tubuh. Selain itu, kekurangan cairan tubuh juga erat kaitannya dengan rasa lesu dan lemah. Apalagi jika perjalanan kamu menggunakan kendaraan yang dikendarai sendiri, air putih dapat menurunkan risiko otot kaku.

4. Beristirahat dengan Aromaterapi

Saat beristirahat sebelum tidur pun, ada baiknya kamu menyiapkan kamar dengan adanya aromaterapi. Selain membuat tubuh lebih santai, aromaterapi juga dapat meringankan rasa nyeri dan meningkatkan kualitas tidur. Beberapa jenis essence oil yang bisa dipilih adalah peppermint, lavender, lemon, hingga rosemary.

5. Pijat Refleksi

Pada beberapa kondisi seperti kram otot, seseorang biasanya juga membutuhkan pijat refleksi. Dengan teknik yang tepat dan aman, pijat refleksi dapat melemaskan otot dan memulihkan saraf yang cedera lebih cepat. Namun jika tidak ada masalah serius, cara ini juga dapat memperlancar peredaran darah dan menghilangkan kepenatan. Beberapa teknik sederhana yang bisa dilakukan sendiri adalah pemijatan di area mata kaki, punggung tangan, area pinggang, hingga area mata.

6. Mandi Air Hangat dan Garam Epsom

Untuk mengembalikan kesegaran tubuh lebih maksimal, cobalah dengan berendam garam epsom. Tidak hanya membantu menurunkan risiko susah tidur, garam epsom juga menurunkan nyeri otot dan sendi-sendi. Serta mampu mengatasi iritasi kulit akibat terpapar sinar matahari langsung terlalu lama seperti saat perjalanan jauh dengan motor. Kemudian bilas tubuh dengan air hangat agar sirkulasi darah semakin lancar. Mandi air hangat juga mampu mengurangi ketegangan otot, lho. Dijamin waktu tidur kamu akan jauh lebih nyenyak.

7. Bantu dengan Suplemen Penambah Stamina

Saat bangun keesokan harinya dan kamu harus segera melanjutkan aktivitas, usahakan sarapan terlebih dahulu. Kemudian bantu pemenuhan energi harian dengan mengonsumsi suplemen penambah stamina. Tidak hanya mengurangi risiko turunnya imunitas tubuh, asupan energi cukup juga dapat mengembalikan stamina. Kamu bisa mengombinasikannya dengan makanan dan minuman seperti yang ada pada poin pertama dan kedua.


Enervon Active dan Pengembalian Stamina

Bicara soal cara mengembalikan stamina setelah perjalanan jauh, beberapa jenis vitamin yang perlu dikonsumsi adalah vitamin B kompleks dan mineral zinc. Vitamin B kompleks yang cukup dapat membantu tubuh meningkatkan metabolisme. Dari metabolisme tubuh yang lancar, proses pengubahan makanan menjadi energi akan lebih cepat. Itulah kenapa suplemen penambah stamina disarankan untuk kamu dengan hari yang aktif. Sedangkan mineral zinc mampu meredakan peradangan seperti radang otot. Keduanya bisa kamu temukan pada Enervon Active.

 


Dukung pengembalian energi kamu setelah perjalanan jauh dengan mengonsumsi Enervon Active. Kandungan multivitamin dan mineralnya akan membantu tubuh lebih cepat bugar kembali. Dengan mengonsumsinya 1 kali sehari 1 tablet setelah makan, performa tubuh akan tetap fit seharian. Efek perjalanan jauh tidak lagi menjadi hambatan untuk produktif pada hari berikutnya. Pastikan kamu mendapatkan semua produk Enervon yang asli di toko official Tokopedia atau Shopee. Jangan sampai kehabisan ya!