Saat melakukan perjalanan jauh dengan waktu yang tidak sebentar, orang cenderung akan menyiapkan banyak hal. Mulai dari bantal leher, air putih, hingga camilan penunda lapar. Apalagi jika armada yang digunakan adalah transportasi umum seperti kereta api atau bus. Jika menggunakan kendaraan pribadi, persiapannya akan jauh lebih banyak. Termasuk membawa berbagai macam makanan ringan. Tidak hanya menunda lapar dan mencegah kebosanan, snack dalam perjalanan jauh juga dapat menjaga tubuh tetap berkonsentrasi selama mengemudi kendaraan. Sayangnya masih banyak juga yang memilih snack dengan kandungan garam dan gula yang terlalu banyak. Sehingga dampaknya kurang baik bagi tubuh ketika dikonsumsi selama beberapa waktu. Untuk menghindarinya, pilihlah snack yang sehat dan tetap praktis dibawa ke mana pun. Simak rekomendasi snack untuk perjalanan jauh di bawah ini.

 


Snack Sehat dan Praktis untuk Perjalanan Jauh

Banyak orang beranggapan bahwa mi instan dan keripik asin atau berbumbu adalah makanan yang cocok saat berkendara. Padahal jenis makanan tersebut mengandung banyak garam. Terdapat beberapa efek samping yang akan diperoleh jika kamu terlalu banyak makan garam. Di antaranya adalah rasa haus berlebihan, kembung, sering buang air kecil, hingga kepala pusing karena tekanan darah meningkat. Bukankah hal tersebut justru membuat perjalanan menjadi tidak nyaman? Mari lebih cermat kembali memilih makanan selama di perjalanan ya. Yuk simak opsi snack yang sehat dan praktis untuk dibawa saat melakukan perjalanan jauh berikut ini! 

 

1. Roti

Makanan pertama yang praktis untuk dibawa saat perjalanan jauh adalah roti. Mulai dari roti gandum, roti tawar, hingga berbagai varian roti isi bisa menjadi pilihan. Kandungan karbohidratnya yang tinggi cocok menjadi pengganjal perut saat lapar. Agar lebih mengenyangkan sekaligus sehat, kamu bisa melengkapinya dengan selai buah atau coklat kemasan travel. Khusus untuk roti isi, kamu juga bisa menyiapkan sandwich berisi keju, telur dadar, dan/atau sosis daging. Dijamin momen menikmati snack kamu akan lebih seru.

 

2. Protein Bar

Jika kamu ingin snack dengan persiapan yang cepat, maka protein bar adalah alternatif yang tepat. Meskipun bernama protein bar, makanan ini juga memiliki kandungan lain seperti kalsium, vitamin B, kalium, serta karbohidrat. Bentuk dan bahannya dapat beragam, namun pada umumnya camilan yang identik dengan diet ini menggunakan kacang-kacangan dan buah yang dikeringkan. Karena kalorinya yang hampir sama dengan satu porsi bubur ayam membuat protein bar juga sering dijadikan sebagai pengganti sarapan. Cocok sekali untuk camilan sehat dan praktis, bukan?

 

3. Buah

Camilan sehat untuk perjalanan jauh berikutnya adalah potongan buah segar. Selain mengandung serat yang tinggi, buah-buahan juga mengandung vitamin dan mineral yang sangat baik menjaga daya tahan tubuh. Kandungan gula alaminya juga cepat diubah tubuh menjadi energi. Sedangkan kandungan air di dalamnya dapat mencegah kamu mengalami dehidrasi. Beberapa buah yang cocok untuk dibawa traveling adalah pisang, anggur, jeruk, salak, apel, dan lain-lain. Agar lebih mudah dikonsumsi, kamu bisa memotongnya terlebih dahulu lalu menyimpannya dalam kotak makan. Bisa juga dengan menjadikannya jus siap minum kapan pun.

 

4. Kacang-kacangan

Sedangkan untuk kamu yang suka dengan makanan renyah, kacang-kacangan menjadi camilan sehat dan praktis yang perlu dibawa. Selain ampuh membantu kamu terjaga, kacang juga mengandung protein dan multivitamin yang baik bagi tubuh dan otak. Beberapa jenis kacang yang mudah dikemas adalah kacang tanah kupas, kacang mete, kacang almond, dan masih banyak lagi. Perlu diperhatikan juga dalam memilih produk kacang yang tidak banyak diberi tambahan bumbu MSG dan/atau jenis garam lainnya.

 

5. Madu

Untuk kamu yang membutuhkan asupan energi cukup besar tapi malas minum atau makan snack, maka madu adalah solusinya. Tidak hanya sebagai sumber gula dan energi yang sehat, madu juga dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh. Cocok bagi kamu yang rentan terpapar radikal bebas di perjalanan. Selain dinikmati langsung, kamu juga bisa mencampurkannya dalam air putih atau jus buah favorit. Bahkan madu yang dicampur dalam air hangat bisa mengurangi rasa lelah lho.

 

6. Coklat Batang


Hampir sama dengan protein bar, coklat batang juga mengandung kalori yang cukup tinggi. Jadi pemenuhan energi kamu akan tercukupi hanya dengan makan satu batang coklat seberat 50 gram atau lebih. Selain kafein dan multivitamin, coklat juga mengandung antioksidan yang mampu membantu tubuh menangkal radikal bebas. Agar tetap sehat, usahakan memilih produk coklat rendah lemak serta kandungan gula yang sedikit seperti pada coklat hitam.

 

7. Biskuit Oat


Sebagai salah satu jenis biji-bijian kaya manfaat, oat terkenal sebagai bahan makan yang membuat kamu kenyang lebih lama. Hal ini karena kandungan karbohidrat dan serat yang tinggi. Agar lebih mudah dikonsumsi di perjalanan jauh, temukan oat yang sudah diolah menjadi biskuit dengan varian rasa yang beragam. Kamu bahkan bisa mengatur kandungan gula di dalamnya jika bisa dan sempat membuatnya sendiri.

 


Itu tadi adalah beberapa saran snack untuk perjalanan jauh yang wajib dicoba. Untuk mendukung tubuh tetap bugar selama perjalanan jauh, kamu dapat melengkapi energi harian dengan mengonsumsi Enervon Active. Dengan kandungan multivitamin dan mineralnya, proses metabolisme tubuh akan lebih lancar sehingga pembentukan energi akan lebih cepat. Beberapa kandungannya secara detail adalah vitamin C, B kompleks, dan zinc. Jangan biarkan tubuh lemah atau lelah berlebihan ketika kamu sudah sampai di tempat tujuan ya. Agar tidak kehabisan, kamu bisa mendapatkan produk yang asli di toko official Shopee atau Tokopedia Enervon sekarang juga.