Hampir semua orang yang bekerja pasti dituntut untuk memberikan performa terbaik dan menunjukkan kinerja yang maksimal. Baik itu bekerja di kantor, di lapangan, maupun di rumah sekalipun. Banyak standar kinerja dilihat dari seberapa produktif kamu dalam mengerjakan tugas selama satu hari. Sayangnya masih banyak yang kesulitan menerapkan hal ini secara stabil. Ada juga yang merasa dirinya produktif namun tidak ada atau tidak banyak pekerjaan yang selesai. Lakukan beberapa tips atau cara agar lebih produktif berikut ini.

Seseorang dikatakan produktif ketika ia mampu mengerjakan dan menyelesaikan beberapa pekerjaan dengan waktu dan usaha sesedikit mungkin. Sehingga tidak hanya mampu mencapai beberapa tujuan, namun juga memungkinkan seseorang masih memiliki waktu untuk kegiatan lain. Apakah multitasking bisa dikatakan produktif? Simak detailnya di bawah ini.

 


Cara agar Lebih Produktif Saat Bekerja

1.  Rencanakan Target Harian

Tips pertama adalah dengan mendaftar semua pekerjaan atau dokumen yang harus dikerjakan atau diselesaikan. Biasa disebut sebagai to do list, kamu dapat memprioritaskan pekerjaan yang harus selesai terlebih dahulu. Akan lebih baik jika kamu membuatnya secara detail. Misalnya melengkapi daftar tersebut dengan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya. Selain memastikan semua tugas selesai hari itu juga, kamu juga akan terlatih lebih disiplin terhadap waktu. Saat malam hari, evaluasi performa kamu hari ini dan persiapkan rencana tugas untuk hari berikutnya. Dengan begitu, kamu akan lebih siap menghadapi tantangan esok hari.

2. Istirahat dan Fokus Relaksasi

Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat daftar tugas pada poin sebelumnya adalah menyisihkan waktu untuk istirahat sejenak. Beri jeda waktu bagi otot mata, punggung, leher, dan tangan dari aktivitas screen time. Pastikan kamu menggunakan waktu ini untuk kegiatan relaksasi seperti meditasi, jalan kaki di sekitar kantor, menghirup udara segar di dekat jendela, dan sebagainya. Ingat! Usahakan untuk tidak menggunakan waktu istirahat singkat ini dengan kegiatan berpindah ke layar lain seperti smartphone kecuali jika ada panggilan mendesak.

3. Kenali Distraksi dan Hindari

Cara agar lebih produktif berikutnya adalah menghindari semua faktor eksternal yang berpotensi mengganggu konsentrasi kamu. Sebelumnya kenali terlebih dahulu apa saja distraksi tersebut dan cobalah untuk mengontrolnya. Beberapa contoh distraksi yang ada di kantor adalah ngobrol terlalu lama dengan topik yang tidak relevan dengan pekerjaan, bermain smartphone, terlalu sering mengganti playlist musik, procrastinating atau menunda pekerjaan, dan masih banyak lagi lainnya.

Kemudian persiapkan hal-hal yang membantu atau mendukung kamu untuk produktif. Setiap orang dapat berbeda dalam hal ini. Ada orang yang harus ada di suasana tenang. Namun banyak juga yang harus sambil mendengarkan musik. Bahkan pilihan jenis musiknya pun sangat bervariasi. Selama faktor tersebut tidak mengganggu rekan kerja yang lain, lakukanlah!

4. Tidak Perlu Mencoba Multitasking

Tak jarang seseorang mencoba untuk lebih produktif dengan multitasking, yaitu mengerjakan beberapa hal sekaligus dalam waktu yang sama. Misalnya mengerjakan laporan sambil berdiskusi soal ide pemasaran, mempersiapkan bahan presentasi sambil mengikuti rapat, dan masih banyak lagi lainnya. Bukannya pekerjaan selesai, otak kamu justru akan lebih cepat lelah karena bekerja lebih keras. Kalaupun memang selesai, hasil dari pekerjaan tersebut akan cenderung tidak maksimal. Kamu akan kehilangan fokus untuk membuat output pekerjaan berkualitas dan hanya berpusat pada selesainya pekerjaan. Bahkan pada beberapa hal kamu justru harus mengulang atau memperbaiki bagian-bagian tertentu. Selain menyita banyak waktu, pekerjaan lain juga bisa terkena dampak penyelesaian yang molor.

 


5. Jangan Lupakan Sarapan dan Air Putih

Produktif artinya kamu mampu menjaga konsentrasi bekerja tetap stabil selama jam kerja. Konsentrasi yang tinggi bermula dari energi cukup yang didapatkan dari makan pagi. Tidak hanya itu, sarapan juga dapat membantu kamu memelihara daya tahan fisik selama bekerja. Selain meminimalisir kesalahan saat mengerjakan hal administratif, kamu juga akan lebih mudah mendapat ide atau gagasan saat menyelesaikan pekerjaan kreatif.

Saat sarapan pun, sangat disarankan untuk menggunakan pedoman pola makan sehat. Sudah banyak menu makan pagi yang penuh nutrisi namun dalam bentuk yang ringan. Misalnya dengan mengonsumsi overnight oats, jus buah, roti gandum lapis, dan sebagainya. Hindari menu makan yang dapat meningkatkan produksi serotonin atau dengan asam amino triptofan yang tinggi. Di antaranya adalah kombinasi karbohidrat dan protein yang terlalu tinggi, misalnya makan nasi dan minum susu. Jangan lupa juga untuk rutin minum air putih dan cukupi jumlah minimal hariannya.

 

6. Jaga Stamina dan Energi dengan Enervon Active!

Beberapa cara agar lebih produktif di atas memiliki detail yang berbeda bagi setiap orang. Jadi mulailah dengan mengenali diri sendiri kemudian membuat trik khusus yang paling sesuai dengan karakter kamu. Khusus untuk menjaga kesehatan tubuh, aktivitas padat bukan lagi alasan untuk tidak mengusahakannya. Kamu bisa mengonsumsi suplemen makan untuk membantu pemenuhan nutrisi harian.

Enervon Active hadir dengan vitamin A, vitamin B kompleks, dan mineral lengkap bantu jaga daya tahan tubuh dan tingkatkan stamina. Selain aman dan mudah dikonsumsi setiap hari, tambahan makan ini akan melengkapi kebutuhan energi seharian. Kunjungi toko official Shopee dan Tokopedia Enervon untuk mendapatkan produk yang asli. Jaga tubuh tetap sehat untuk produktivitas kerja yang stabil bersama Enervon.