Sahur adalah pondasi untuk menjalankan ibadah puasa, maka penting untuk semua orang yang menjalankan ibadah puasa agar tidak melewatkannya. Tidak hanya itu, memilih makanan berenergi untuk sahur juga penting, agar puasa yang dijalankan bisa tuntas hingga adzan maghrib tiba.

Nah untuk membantu agenda puasa kamu tetap lancar hingga akhir di hari kemenangan, maka sederet makanan berenergi untuk sahur ini bisa jadi inspirasi yang menarik. Selain membuatmu tetap bertenaga, kamu juga bisa mempunyai menu sahur yang lebih variatif.

Simak selengkapnya di daftar singkat berikut ini!

 


1. Telur


Makanan pertama yang bisa kamu gunakan sebagai salah satu menu sahur adalah telur dan segala jenis olahannya. Telur merupakan makanan yang menjadi sumber protein dan vitamin D yang sehat, sehingga bisa membantu kamu mencukupi kebutuhan nutrisi harian.

Di samping itu, telur juga bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Telur menjadi salah satu bahan makanan yang sangat mudah diolah dan dikombinasikan dengan berbagai bahan makanan lain, jadi kamu bisa dengan muda memiliki banyak variasi masakan berbahan telur.

Mulai dari telur dadar, orak-arik, memasukkannya ke sayur, memakannya dengan roti, merebusnya dan memasukkannya ke salad, dan banyak lagi.

2. Daging Ikan dan Ayam

Selanjutnya dalam artikel ini adalah daging ikan dan daging ayam. Kedua jenis daging ini menjadi sumber protein yang baik serta rendah lemak, jadi kamu bisa berpuasa dengan cadangan energi yang lebih sehat.

Selain membuat kamu tetap bertenaga sepanjang hari, kamu juga akan merasa lebih bugar. Daging ikan dan ayam sendiri cukup mudah dimasak, dan dikombinasikan dengan berbagai jenis bahan makanan lainnya.

Misalnya saja, menjadikannya sup atau mengolahnya menjadi bentuk makanan lain. Satu catatan, untuk daging ikan, usahakan jangan mengkonsumsinya dengan digoreng ya, sebab ini bisa memicu rasa haus muncul dengan cepat.

3. Kurma


Menjadi salah satu makanan yang cukup populer untuk sahur, kurma adalah jenis makanan yang mudah dicerna dan tidak membuat perut ‘lelah’. Kamu bisa menjadikannya hidangan penutup saat sahur, atau kudapan untuk membatalkan puasa saat waktu berbuka tiba.

Kurma kaya akan kandungan gula alami yang menjadi bahan terbaik untuk sel otak dan saraf. Konsumsi dalam jumlah yang ideal bisa memberikan berbagai manfaat untuk tubuh, sehingga tubuh tetap memiliki tenaga untuk beraktivitas seharian.

4. Buah Semangka

Di poin keempat makanan berenergi untuk sahur adalah buah semangka. Seperti yang mungkin kamu tahu, buah semangka sendiri menjadi salah satu buah dengan kandungan air yang cukup tinggi, namun memiliki kalori yang cenderung rendah.

Adanya kandungan likopen di dalam buah ini bisa menjadi sumber vitamin A dan vitamin C yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh, dan kesegarannya sepanjang hari. Jika dipadukan dengan buah lain yang juga tak kalah berenergi, seperti pisang, nanas, blueberry, apel, atau mangga, kamu bisa mendapatkan manfaat yang sangat optimal dari segi nutrisi.

Jadikan smoothie buah dan padukan dengan yogurt untuk menyeimbangkan gula darah selama berpuasa.

5. Oatmeal

Sahur dengan oatmeal juga bisa menjadi solusi praktis mendapatkan puasa yang berenergi. Makan ini menjadi sumber protein, karbohidrat, dan serat yang sangat baik, sehingga direkomendasikan banyak pihak untuk menu sahur.

Ketika oatmeal dikonsumsi, makanan ini bisa memperlambat pelepasan energi dan menjaga rasa kenyang lebih lama. Kamu bisa mengkombinasikannya dengan berbagai buah dan bahan makan lain, untuk membuat smoothie yang lezat.

Nikmat dikonsumsi, memberikan tenaga, dan bernutrisi, apa lagi yang kurang?

6. Nasi Merah

Untuk kamu yang merasa belum benar-benar makan sahur jika belum mengkonsumsi nasi, maka nasi merah bisa jadi alternatif yang lebih baik dari pada nasi putih biasa. Nasi merah diketahui memiliki kandungan serat, vitamin, karbohidrat, dan mineral yang tinggi, yang bisa meningkatkan energi di dalam tubuh.

Nasi merah juga bisa membantu mengontrol kadar gula darah dan membantu kamu menjaga sistem kekebalan tubuh. Jadi selain membuat perutmu kenyang, juga melindungi tubuh dari berbagai risiko serangan virus.

7. Edamame


Di poin ketujuh untuk makanan berenergi untuk sahur adalah edamame. Makan ini mengandung protein yang tinggi, karbohidrat, dan serat yang diperlukan tubuh untuk tetap bugar dan bersemangat, namun kadar kalorinya cenderung rendah.

Jenis kacang-kacangan ini juga mengandung vitamin dan mineral yang tinggi untuk meningkatkan energi dan mencegah rasa lelah dari anemia. Ini kenapa makanan tersebut cocok dikonsumsi saat sahur.

Konsumsi makanan berenergi untuk sahur jelas diperlukan agar puasa yang dijalankan bisa lancar hingga waktu berbuka tiba. Selain itu, energi yang ada juga menjaga kamu tetap bersemangat dalam menjalani aktivitas tanpa kendor. Untuk melengkapi daftar makanan di atas, kamu bisa menambahkan suplemen berkualitas dengan Enervon-C. Suplemen ini dapat membantu kamu menjaga tubuh tetap bugar selama beraktivitas, dan juga menunjang kesehatan. Dapatkan produk aslinya di Tokopedia dan Shopee, dengan mengklik tautan tersebut, dan mari bugar bersama Enervon setiap saat!