Banyak orang yang memiliki pekerjaan sampingan meskipun sudah punya pekerjaan tetap dan memperoleh penghasilan tambahan tiap bulannya. Karena, tidak sedikit orang yang merasa gajinya terlalu kecil dan tidak cukup untuk kebutuhan sehari- hari.

Nah, kalau kamu sedang mencari pekerjaan sampingan tetapi hanya bisa melakukannya pada Sabtu dan Minggu, berikut ini pekerjaan yang bisa kamu lakukan!

1. Fotografer acara

Credit: stjoseph.com

Kalau kamu mahir menggunakan kamera, tidak ada salahnya menerima pekerjaan sampingan sebagai fotografer acara. Selain mendapat penghasilan, kamu juga bisa sekalian mengasah kemampuan memotretmu agar lebih baik lagi.

Saat ini, di acara pernikahan selalu ada fotografer khusus untuk mendokumentasikan momen- momen acara. Untuk menekan budget, tidak jarang klien mencari jasa fotografer dengan harga terjangkau, yang biasanya diberlakukan bagi fotografer pemula. Nah, disini kamu bisa menawarkan jasamu secara online atau melalui teman agar bisa direkomendasikan nantinya.

2. Driver online

Credit: thelawstore.com

Daripada kendaraanmu diam di garasi rumah setiap Sabtu dan Minggu, lebih baik dijadikan sebagai sumber penghasilan. Caranya dengan menjadi driver online.

Pekerjaan sampingan ini memberi banyak keuntungan, lho. Dan keuntungan ini masih bisa bertambah kalau kamu memasang papan ikan atau menyediakan slot iklan di kendaraanmu. Tapi, kamu juga benar- benar siap, baik fisik maupun mental. Karena, menjadi driver online akan menguras energi. Belum lagi, kamu harus berhadapan dengan macetnya jalanan serta panasnya cuaca.

3. Menjadi pemandu wisata

Credit: lifestyle.okezone.com

Pekerjaan sampingan sebagai pemandu wisata di hari Sabtu dan Minggu bisa jadi pilihan lainnya. Selain mendapat penghasilan, kamu juga bisa sekaligus jalan- jalan, lho. Untuk memulai pekerjaan sampingan ini, kamu harus memiliki wawasan yang cukup mengenai tujuan- tujuan wisata tersebut. Selain itu, kamu juga harus bisa berkomunikasi dengan baik serta menguasai bahasa asing, terutama bahasa Inggris.

Kamu bisa mengajukan diri pada perusahaan travel yang biasanya ada di dekat tempat wisata. Atau kamu bisa menawarkan jasamu pada tour guide ke gruo- grup wisata di sosial media.

4. Pengajar

Credit: blog.scientix.eu

Kalau kamu menguasai beberapa mata pelajaran, kamu bisa memilih pengajar sebagai pekerjaan sampingan. Sekarang ini sudah banyak anak- anak sekolah atau pekerja yang mengambil kursusnya di akhir pekan. Banyaknya orang yang ambil kursus di weekend tersebut tentunya mengharuskan Lembaga kursus untuk menambah pengajarnya. Dan disinilah kamu bisa mengambil kesempatan.

Jadi, rajin- rajin cari tahu informasinya di website lowongan kerja. karena, biasanya Lembaga- Lembaga kursus memasang info pengajar disana.

 

Itu dia 4 pekerjaan sampingan yang bisa kamu lakukan di hari Sabtu atau Minggu. Kira- kira, ada yang sesuai ngga nih dengan kriteria kamu? selamat mencoba!

 

 

Featured Image - accreditedlanguage.com