Silaturahmi adalah salah satu cara umat Muslim menyambung tali persaudaraan dengan keluarga dan orang-orang tercinta. Salah satu momen terbaik yang banyak dinantikan umat Muslim untuk menjalin silaturahmi yaitu pada saat Idulfitri. Sebenarnya silaturahmi bisa dilakukan kapan saja tanpa harus menunggu Lebaran tiba. Namun di Indonesia, setiap tahunnya umat Muslim tetap mempertahankan tradisi tahunan dengan mudik ke kampung halaman untuk berkumpul dengan keluarga dan kerabat. Salah satu amalan yang dicintai Allah dan Rasul-Nya ini ternyata memiliki segudang manfaat lho untuk kesehatan fisik dan mental. Manfaat silaturahmi berdampak luar biasa bagi kesehatan fisik dan mental karena terhubungnya kasih sayang antar manusia.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang manfaat silaturahmi untuk fisik dan mental yang sehat, mari simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Manfaat Silaturahmi untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan pada saat kamu menjalin silaturahmi bersama keluarga nantinya. Selain melepas rindu dan saling bermaafan, manfaat silaturahmi bisa kamu raih dengan aktivitas bersama yang menyenangkan. Mulai dari memasak, makan bersama, mengobrol di ruang tamu, atau bermain games bersama. Dari aktivitas ringan ini saja antar anggota keluarga dapat merasakan kenyamanan di tengah orang-orang yang saling mengerti dan support. Kamu pasti merasakannya, bukan?

1. Saling Berbagi Cerita dan Pengalaman

Silaturahmi bisa dijadikan ajang saling berbagi cerita dan pengalaman hidup bersama keluarga dan teman-teman. Jangan remehkan hal ini karena dengan saling berbagi cerita, bisa membuat hidup terasa lebih luas dibandingkan kamu menyimpannya seorang diri. Mulai dengan topik pembicaraan ringan dari saling menyapa, bertanya kabar, hingga bertukar cerita terbaru. 

manfaat silaturahmi dengan orang terdekat

2. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Ternyata manfaat silaturahmi dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Karena pada momen berkumpul bersama orang terkasih, mereka terbuka dan menerima kondisimu apa adanya. Dengan kekurangan serta kelebihan yang melekat pada dirimu, kamu akan nyaman dikelilingi mereka yang tulus menerimamu. Ini bagus untuk membantu kamu merasa lebih percaya diri berada di antara perkumpulan orang.

3. Meredakan Stres dan Rasa Cemas

Manfaat menjalin silaturahmi bagi kesehatan mental berikutnya adalah membantu meredakan stres dan rasa cemas (anxiety) yang berlebihan. Setiap orang dalam menjalani kehidupannya, adakalanya menemui banyak permasalahan yang silih berganti. Tentunya beban kehidupan ini dapat memicu stres dan cemas untuk menghadapinya. Nah, dengan menjalin silaturahmi dan bersosialisasi, dapat membantu meredakan stres dan rasa cemas yang mengganggu.

4. Memecahkan Masalah yang Dihadapi

Saat silaturahmi bersama keluarga dan teman, jangan melulu membicarakan soal pencapaian dan adu nasib. Gunakan momen silaturahmi bersama sanak saudara dengan bercerita banyak hal. Siapa tahu di sela-sela pembicaraan itu, terselip ide atau solusi pemecahan masalah yang sedang kamu alami. Artinya, dengan bercerita, kamu bisa mendapatkan pencerahan dari orang lain. 

manfaat silaturahmi lebaran

5. Meningkatkan Sistem Imunitas Jadi Lebih Baik

Kerap berinteraksi dengan individu lain ternyata berkaitan dengan peningkatan sistem imun tubuh, lho. Semakin sering kamu bersosialisasi dengan banyak orang, semakin besar pula peluangmu memiliki sistem imun yang lebih kuat. Dampak memiliki sistem imun yang kuat, tubuh akan lebih kebal untuk mengatasi gejala flu, pilek, bahkan penyakit yang lebih parah seperti kanker.

6. Mencegah Risiko Demensia

Ada banyak bukti seringnya bersosialisasi dan bersilaturahmi, berdampak positif bagi kesehatan otak. Mengapa demikian? Bagi mereka yang aktif bersosialisasi dan silaturahmi, diyakini memiliki daya ingat dan kemampuan kognitif yang lebih baik. Manfaat ini sangat baik untuk membantu mengurangi risiko terkena demensia atau kepikunan dalam jangka panjang. Hebat, bukan?

7. Membawa Kebahagiaan dan Memperpanjang Umur

Saat berinteraksi dengan keluarga dan orang terdekat, ternyata banyak hormon dalam tubuh yang bereaksi satu sama lain. Salah satunya adalah hormon endorfin atau hormon kebahagiaan. Fungsi dari hormon ini adalah mengatur suasana hati seseorang menjadi perasaan positif. Dengan kebahagiaan yang selalu muncul di dalam hati, maka berdampak baik pula pada kesehatan fisik seseorang secara keseluruhan. Hati bahagia dan fisik yang sehat adalah kombinasi sempurna agar panjang umur. Setuju?

manfaat silaturahmi bersama teman

 

 

Nah, sekarang kamu sudah tahu sederet manfaat silaturahmi yang terbukti luar biasa untuk fisik dan mental yang sehat. Dengan bertemu bersama keluarga dan orang terdekat, ada keterkaitan batin yang menyadari akan indahnya kebersamaan. Saat kamu merasa sedih, coba renungkan saat-saat bahagia pada momen silaturahmi bersama keluarga tersayang. Seketika kamu akan bangkit dan ceria kembali!

 

Untuk menyambut hari kemenangan, mulai sekarang yuk rutin mengonsumsi multivitamin dan mineral tambahan seperti Enervon Active!

Enervon Active adalah multivitamin terbaik dengan kandungan ENERZINC, yang bisa kamu konsumsi setiap hari lho! Multivitamin terbaik ini juga efektif bantu pembentukan energi di tubuh karena mengandung Non-acidic Vitamin C, Vitamin B Kompleks, dan juga Zinc. 

Enervon Active aman dikonsumsi untuk lambung dan nggak akan buat ketagihan. Segera dapatkan produk Enervon Active dan miliki gaya hidup aktif setiap hari! Dapatkan produk-produk aslinya dengan mengunjungi official store di Shopee atau Tokopedia berikut!