Cuti lebaran Idulfitri adalah momen berkumpul bersama keluarga yang paling dinanti-nantikan para pekerja. Momen cuti ini sangat menyenangkan untuk istirahat sejenak dari pekerjaan, apalagi dilewati bersama keluarga dan orang-orang tersayang. Setelah cuti lebaran berlalu, kini sudah saatnya untuk kembali ke kehidupan nyata sehari-hari dan masuk kantor. 

Tapi bagi sebagian orang, terlalu lama berlarut-larut dalam suka cita lebaran bisa mengendorkan semangat untuk kembali bekerja. Memang masuk kerja setelah cuti lebaran terasa berat karena akan kembali sibuk dan dikejar-kejar deadline, benar nggak? Kamu tidak perlu khawatir menghadapinya, ada beberapa cara mengembalikan semangat kerja yang optimal setelah cuti lebaran. Mari simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Cara Mengembalikan Semangat Kerja yang Optimal

Simak beberapa tips dan cara mengembalikan semangat kerja yang optimal setelah menghabiskan cuti lebaran.

1. Nikmati Hari Kosong Sebelum Kerja

Menjelang cuti berakhir, luangkan dan nikmati satu hari kosong tepatnya sebelum masuk kantor. Gunakan waktu istirahat total ini sebelum kamu mulai menjalani rutinitas harian seperti sedia kala. Lakukan banyak aktivitas seru di hari kosong ini untuk me-recharge energi setelah cuti beberapa waktu.

2. Lakukan Afirmasi dan Motivasi Diri

Agar kamu kembali semangat kerja dan nggak malas-malasan, beri afirmasi dan motivasi untuk diri sendiri. Motivasi bekerja setiap orang memang berbeda-beda, namun pada umumnya adalah untuk memperoleh gaji dan mewujudkan wishlist. Pada saat akan masuk kantor lagi, lakukan self talk yang positif dan menenangkan untuk memotivasi diri kembali kerja dengan penuh semangat.

3. Menjalin Komunikasi dengan Rekan Kerja

Untuk mendapatkan kembali atmosfer kerja, kamu bisa mulai jalin komunikasi dengan rekan kerja mendekati hari pertama masuk kantor. Tujuannya untuk membangun kembali pikiran kita agar semangat kerja setelah lama cuti. Ini perlu kamu lakukan karena selama cuti tentu tidak ada komunikasi yang bersinggungan soal kerjaan. Mulai saja komunikasi dengan rekan kerja dari topik-topik umum di luar pekerjaan, misalnya menanyakan kabar. 

4. Siapkan OOTD Kantor yang Stylish

Meski terdengar remeh, menyiapkan baju kantor setelah cuti panjang dapat memperbaiki suasana hati kamu, lho! Tampil stylish dengan busana kantor adalah salah satu cara mengembalikan semangat kerja yang wajib kamu perhatikan. Terlebih lagi pada hari pertama masuk kerja, kita ingin tampil lebih segar dan fashionable. Untuk style yang ciamik, kamu bisa mix and match untuk mewujudkan look yang sesuai keinginan.

cara mengembalikan semangat kerja

5. Make a List and Goals

Agar tugas-tugas yang akan kamu kerjakan dapat beres dengan baik, buatlah list seluruh tugas dari urutan prioritasnya. Pilih tugas mana yang urgent untuk diselesaikan serta tugas mana yang memiliki deadline lebih lama. Selain membuat daftar kerjaan, saatnya buat goals untuk mewujudkan wishlist. Goals penting untuk memotivasi dan membuatmu lebih semangat bekerja. Contohnya, menabung untuk masa depan, membeli barang branded, travelling ke tempat indah, dan lain-lain. Jangan lupa untuk tetap selalu fokus, ya!

6. Ciptakan Workspace Senyaman Mungkin

Setelah ditinggal cuti cukup lama, mungkin kondisi meja kerja atau workspace milikmu menjadi kotor dan berdebu. Tentunya workspace yang kotor ini membuatmu tidak nyaman untuk kembali kerja. Agar kamu makin betah saat kembali kerja, bersihkan dan ciptakan workspace senyaman mungkin. Tata meja kantor seindah mungkin dan enak dipandang mata. Misalnya dengan menaruh foto orang tersayang, menempelkan goals yang ingin dicapai, hingga meletakkan tanaman hias kecil untuk menyegarkan suasana.

semangat kerja

7. Back to Social, Berinteraksi dengan Rekan Kerja

Ternyata dengan berbincang bersama rekan kerja yang lama tidak berjumpa usai cuti bisa menjadi cara mengembalikan semangat kerja dan semakin enjoy di kantor. Saling berbagi cerita pengalaman saat cuti bisa membantu menaikkan mood dan memberi kesan positif. Apalagi jika masih dalam nuansa Lebaran, saling berbagi atau bertukar hampers Lebaran tentu menjadi momen paling membahagiakan dan menambah semangat kerja. 

8. Istirahat di Sela-Sela Waktu Kerja

Saat hari pertama masuk kerja, sebaiknya jangan langsung paksakan kerja full time usai libur panjang. Atur waktu untuk break sejenak di sela-sela kerja. Sebab kamu masih memerlukan penyesuaian agar fokus kembali saat kerja. Terlalu memaksa diri untuk langsung bekerja non-stop bisa membuatmu merasa jenuh dan lelah.

 

 

Memulai kembali rutinitas bekerja setelah libur panjang menjadi tantangan tersendiri bagi setiap pekerja kantoran. Beberapa cara mengembalikan semangat kerja mulai sekarang yuk rutin mengonsumsi multivitamin dan mineral tambahan seperti Enervon Active!

Enervon Active adalah multivitamin terbaik dengan kandungan ENERZINC, yang bisa kamu konsumsi setiap hari lho! Multivitamin terbaik ini juga efektif bantu pembentukan energi di tubuh karena mengandung Non-acidic Vitamin C, Vitamin B Kompleks, dan juga Zinc. 

Enervon Active aman dikonsumsi untuk lambung dan nggak akan buat ketagihan. Segera dapatkan produk Enervon Active dan miliki gaya hidup aktif setiap hari! Dapatkan produk-produk aslinya dengan mengunjungi official store di Shopee atau Tokopedia berikut!