Menjalankan ibadah umroh adalah hal yang banyak diimpikan oleh umat Muslim di seluruh dunia, apa kamu juga salah satunya? Nah, jika ini adalah pengalaman pertamamu untuk pergi ke Tanah Suci, maka ada beberapa hal wajib yang perlu kamu persiapkan. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, perhatikan sederet persiapan umroh yang tidak boleh kamu lewatkan dalam artikel berikut ini!

Daftar Persiapan Umroh yang Penting 

Meski ibadah umroh berbeda dengan ibadah haji, tapi beberapa hal yang harus kamu siapkan kurang lebih hampir sama. Nah, bagi kamu yang masih pemula dan belum tahu hal-hal apa saja yang sebaiknya dibawa untuk persiapan umroh, jangan khawatir! Berikut ini adalah sederet hal yang wajib kamu siapkan!

1. Membawa Dokumen Wajib

Karena ibadah umroh merupakan perjalanan ke luar negeri, maka ada beberapa dokumen wajib yang harus kamu bawa. Apa saja ya? Beberapa dokumen penting yang harus kamu siapkan di antaranya adalah paspor, buku nikah, kartu identitas diri/KTP, bukti vaksinasi, tiket pesawat, tanda terima booking hotel, dan bukti pembayaran penting lainnya.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan sejumlah uang untuk berjaga-jaga apabila nantinya dibutuhkan saat sudah berada di Tanah Suci.

2. Obat-obatan Pribadi

Perbedaan cuaca yang ada di Jazirah Arab mungkin akan memengaruhi kondisi tubuhmu. Oleh sebab itu, kamu perlu menyiapkan beberapa obat-obatan supaya bisa segera mengatasinya saat merasakan gangguan kesehatan selama beribadah.

Kamu bisa membawa beberapa jenis obat seperti obat flu, pereda pusing;nyeri;dan demam, anti alergi, dan sebagainya. Persiapkan juga pertolongan pertama seperti plester dan perban untuk berjaga-jaga. Apabila kamu punya riwayat penyakit tertentu, maka jangan lupa untuk membawa obat-obatan wajib yang direkomendasikan dokter saat menjalankan ibadah umroh.

3. Tisu Basah dan Kering

Benda wajib berikutnya yang tidak boleh kamu lewatkan untuk persiapan umroh adalah tisu basah dan kering sekaligus. Kedua jenis tisu tersebut sangat penting untuk dibawa karena pasti sangat dibutuhkan untuk membersihkan berbagai hal, terutama jika kamu berada jauh dari sumber air.

4. Skincare

Ya kamu tidak salah baca! Saat melakukan ibadah umroh, sebaiknya kamu membawa krim perawatan kulit seperti sunscreen, sunblock, moisturizer, dan jenis skincare lainnya sesuai dengan jenis kulitmu. Pasalnya, cuaca di sana cenderung panas. Jadi kamu perlu membawa berbagai jenis skincare tersebut untuk menjaga dan melindungi kulitmu agar tetap sehat.

5. Alat Mandi

Pihak hotel mungkin akan menyediakan kebutuhan untuk mandi. Namun, tidak ada salahnya bagi kamu untuk tetap membawa peralatan mandi sendiri dari rumah. Kamu bisa menyiapkan kebutuhan untuk membersihkan diri seperti shampo, sabun, sikat gigi, dan juga pasta gigi. 

6. Pakaian Khusus Laki-Laki dan Perempuan

Saat menjalankan umroh, untuk laki-laki wajib memakai pakaian ihram atau kain tanpa jahitan. Kamu bisa menyiapkan beberapa kain ihram sekaligus untuk dipakai secara bergantian. Jangan lupa juga untuk membawa pakaian nyaman lainnya untuk dikenakan saat tidak menggunakan pakaian ihram.

Apabila memerlukan tas untuk membawa beberapa barang selama beribadah, sebaiknya pilih tas pinggang berukuran kecil yang simple.

Untuk perempuan, pakaian yang harus dibawa tentu lebih banyak dan bervariasi dibanding pria. Kamu bisa menyiapkan baju gamis sesuai kebutuhan, inner hijab, kerudung, mukena, ikat rambut, peniti, pakaian dalam, dan lain sebagainya.

7. Benda-Benda Elektronik

Di era digital seperti sekarang, smartphone tentunya jadi barang wajib yang tidak boleh ketinggalan. Namun, sebaiknya gunakan secara bijak supaya kamu bisa fokus untuk beribadah ya! Selain membawa ponsel pintar, jangan lupa juga untuk membawa charger dan juga power bank untuk mengisi daya di saat darurat.

8. Kaos Kaki

Saat berada di Masjidil Haram, kamu bisa memakai kaos kaki supaya kaki tetap bersih dan ibadah menjadi lebih nyaman. Namun, jika kamu lebih suka bertelanjang kaki, maka tidak perlu mengenakan kaos kaki dan menyimpannya jika sewaktu-waktu nanti dibutuhkan.

 

 

Beberapa Tips untuk Dilakukan sebelum Berangkat Umroh

Selain merinci dengan detail barang-barang apa saja yang akan dibawa ke Tanah Suci, kamu juga sebaiknya mempersiapkan diri dan memahami berbagai hal yang berhubungan dengan ibadah umroh. Berikut beberapa tips yang sebaiknya kamu lakukan sebelum berangkat umroh ke Tanah Suci.

  1. Saudi Arabia memiliki cuaca yang berbeda dengan Indonesia. Oleh karena itu, kamu harus memastikan kondisi cuaca yang sedang terjadi di Jazirah Arab supaya bisa menyiapkan pakaian dan berbagai kebutuhan lainnya secara tepat.
  2. Selain cuaca, peraturan di Tanah Suci  juga berbeda dengan yang ada di Tanah Air. Jadi, sebaiknya kamu memahami berbagai hal yang diizinkan atau tidak diperbolehkan selama di sana.
  3. Tak lupa, pahami juga berbagai kebiasaan yang kerap dilakukan orang-orang di sana supaya kamu bisa beradaptasi dengan cepat.

 

 

Persiapan umroh lainnya yang sebaiknya kamu lakukan adalah rutin mengonsumsi suplemen vitamin baik sebelum dan selama menjalankan ibadah haji kecil tersebut. Pastikan untuk memilih Enervon-C Tablet untuk menemanimu selama ibadah umroh ya!

Kandungan vitamin C di dalamnya akan menjaga daya tahan tubuh supaya tidak mudah sakit. Selain itu, Enervon-C Tablet juga dilengkapi dengan kandungan vitamin B Kompleks yang akan membantu pembentukan energi di dalam tubuh. Jadi kamu akan tetap fit dan energik saat melangsungkan ibadah.


Klik official store di Shopee dan Tokopedia berikut untuk mendapatkan Enervon-C Tablet dan berbagai produk lainnya dari Enervon!