Kita tentu sering mendengar bahwa hidup yang sehat berawal dari cara makan yang benar, yaitu yang mampu memenuhi kebutuhan energi harian. Tidak hanya saat anak-anak dan masa tumbuh kembangnya. Tapi orang dewasa juga membutuhkan energi yang cukup untuk beraktivitas sehari-hari. Kemudian muncul pertanyaan, apa sebenarnya yang membuat tubuh membutuhkan energi? Seberapa penting kecukupan energi terhadap bekerjanya organ tubuh? Simak detail manfaat energi bagi tubuh berikut ini.

 

Energi Tubuh Manusia

Dalam KBBI, energi adalah kemampuan, kekuatan, atau tenaga untuk melakukan berbagai macam kegiatan. Sehingga tubuh yang berenergi berarti tubuh yang mampu mengerjakan aktivitas harian. Mulai dari bangun tidur, membersihkan rumah, bekerja, memasak, bermain, hingga tidur kembali membutuhkan energi.

Sumber energi berasal dari makanan yang kita konsumsi setiap hari, yaitu karbohidrat, protein, dan lemak. Jika kamu makan makanan dengan zat gizi seimbang, maka pemenuhan energi tubuh kamu akan jauh lebih mudah. Makan banyak memang mengenyangkan, tapi pemenuhan energi tidak hanya soal kenyang. Namun juga harus memastikan setiap pos dalam tubuh dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

 

Manfaat Energi Tubuh

1. Menjalankan Fungsi Metabolisme Tubuh

Metabolisme tubuh manusia bekerja dalam 2 proses, yaitu katabolisme dan anabolisme. Dari kedua proses tersebut, tubuh akan menjalankan beberapa fungsi yang berkaitan dengan pengubahan makanan menjadi energi. Mulai dari mencerna makanan, mengubah nutrisi menjadi energi baru, menjaga suhu tubuh, menyimpan lemak sebagai cadangan energi, hingga menghasilkan berbagai macam hormon. Semua proses tersebut setidaknya membutuhkan 10% energi dari seluruh energi yang ada. Selain itu, energi juga memastikan siklus pembentukan energi baru terus terjadi.

2. Melancarkan Aktivitas Fisik

Penggunaan energi yang cukup besar dan dilakukan secara sadar ada pada aktivitas fisik, biasanya berkaitan dengan penggunaan jaringan otot. Ketika energi tubuh tercukupi maka kemampuan untuk menjalankan berbagai kegiatan akan berlangsung lebih lama. Ketahanan dan kebugaran tubuh akan terjaga, bahkan ketika kamu menjalani hari yang padat dan menguras energi sekalipun.

3. Mendukung Tumbuh Kembang

Pada usia anak-anak, energi tubuh berpengaruh besar terhadap proses tumbuh kembangnya. Mulai dari penambahan tinggi dan berat badan, pembentukan gigi, perkembangan otak, dan lain sebagainya. Sedangkan pada usia dewasa, tumbuh kembang tetap terjadi terutama saat pubertas. Tidak hanya perubahan fisik, meningkatkan kematangan psikologis juga membutuhkan energi tubuh.

4. Memperbaiki Jaringan Tubuh yang Rusak

Energi juga sangat bermanfaat saat tubuh sedang dalam masa pemulihan. Baik itu pulih dari sakit, pasca operasi, maupun saat ada luka terbuka pada jaringan kulit. Jaringan tubuh yang rusak pun tidak hanya terjadi saat ada anggota badan yang luka saja. Tapi juga ketika banyak sel tubuh yang rusak dan mati, seperti sel darah merah, sel otak, sel kulit, dan lain-lain. Hal ini juga berkaitan dengan daya tahan tubuh, yaitu saat tubuh menjalankan proses pembentukan sel darah putih. Sebagai benteng pertama tubuh dalam mencegah penyakit menular, energi menjadi salah satu faktor penting menjaga imunitas. Siklus pergantian sel tubuh baru inilah yang membutuhkan energi besar. Itulah kenapa orang yang sakit biasanya akan menurunkan intensitas aktivitas fisik untuk menghemat energi dan mengalihkannya pada proses pemulihan.

5. Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Dengan porsi kebutuhan energi mencapai 20%, berpikir membutuhkan energi yang cukup besar. Sel otak yang saling berhubungan membutuhkan banyak energi. Mulai dari kemampuan untuk belajar dan memecahkan masalah hingga mengatur fungsi kerja organ tubuh lain menjadi fungsi otak yang sangat penting. Itulah kenapa orang yang lapar dan tidak berenergi cenderung akan sulit untuk berpikir rasional.

6. Memastikan Organ Tubuh Bekerja Saat Tidur

Saat kita tidur, tubuh masih membutuhkan energi untuk memastikan banyak organ tubuh tetap bekerja. Bahkan beberapa organ ini termasuk vital, seperti jantung dan sistem peredaran darah, paru-paru dan sistem pernapasan, sistem pencernaan, dan lain sebagainya. Setidaknya proses ini akan memakan energi mencapai 50% dari keseluruhan energi. Sehingga normal sekali jika kamu akan cenderung merasa lapar ketika bangun dari tidur panjang.

 

Tips Memenuhi Energi Harian Tubuh

Melihat banyaknya manfaat di atas, tentu sudah saatnya bagi kamu untuk mengubah kebiasaan makan yang kurang baik. Lakukan beberapa tips di bawah ini untuk membantu memenuhi kebutuhan energi tubuh harian.

1. Biasakan Sarapan sebelum Beraktivitas

Pagi hari sebelum beraktivitas adalah kondisi saat tubuh baru bangun tidur dan akan memulai aktivitas sehari-hari. Sehingga tubuh akan sangat membutuhkan sumber energi dari makanan yang dikonsumsi. Itulah kenapa kegiatan sarapan menjadi hal penting dan harus dibiasakan sejak kecil. Kamu akan lebih siap menghadapi hari dengan produktif karena tubuh yang berenergi.

2. Mengonsumsi Makanan yang Variatif

Setiap makan, usahakan untuk memilih kombinasi menu yang variatif dalam satu hari. Keberagaman kandungan zat gizi pada makanan akan membantu tubuh melengkapi kebutuhan energi harian. Dengan begitu tubuh akan mendapatkan asupan energi yang seimbang. Jika kamu mengonsumsi makanan dengan jenis bahan yang hampir sama, akan terjadi penumpukan vitamin dan mineral yang sama. Serta mencegah adanya zat gizi lain yang sama-sama dibutuhkan tubuh.

3. Hindari Makanan yang Memperlambat Metabolisme

Agar proses pembentukan energi berjalan cepat, kamu perlu menghindari jenis makanan yang berpotensi memperlambat metabolisme. Di antaranya adalah makanan dengan proses pengolahan tinggi seperti makanan cepat saji, makanan tinggi lemak dan gula, serta alkohol. Pilih makanan dengan kadar protein yang tinggi dan cukupi kebutuhan karbohidrat. Akan lebih baik jika kamu sempat menghitung jumlah kalori setiap kali makan agar pola makan sehat dapat terjaga.

 

 

Enervon-C Tablet untuk Melengkapi Kebutuhan Energi Tubuh

Sering diremehkan, vitamin dan mineral menjadi sumber energi yang tak bisa ditinggalkan karena fungsinya dalam hal pembentukan energi. Apalagi dengan fakta bahwa tubuh manusia tidak mampu memproduksi keduanya. Sehingga kita harus mendapatkannya dari luar, baik dari makanan maupun suplemen. Enervon-C Tablet menjadi salah satu suplemen yang direkomendasikan. Hanya dengan mengonsumsi satu tablet per hari, kamu sudah bisa memastikan kecukupan multivitamin dan mineral penting bagi tubuh. Energi tubuh yang cukup setiap hari akan mendatangkan performa belajar dan bekerja yang prima. Dapatkan produknya yang asli melalui Tokopedia atau Shopee Enervon sekarang juga.