Pensiun adalah kondisi seseorang yang sudah tidak bekerja lagi atau telah menyelesaikan masa tugas di tempat kerja. Saat tiba masanya tersebut, karyawan mungkin akan mendapatkan dana pensiun yang telah dipersiapkan oleh perusahaan sejak awal bekerja. Namun, mengandalkan uang pensiunan dari perusahaan untuk bertahan hidup di hari tua saja tidak cukup. Alangkah lebih baik jika kamu mempersiapkannya juga dari sekarang supaya nantinya bisa menua dengan tenang. Bagaimana caranya? Simak berbagai tipsnya berikut ini!

Apa Itu Dana Pensiun?

Secara umum, dana pensiun adalah sejumlah uang yang sebaiknya kamu siapkan untuk membiayai kebutuhan hidup pasca berhenti kerja atau memasuki hari tua nanti. Dengan demikian, kamu tidak perlu menggantungkan hidup kepada orang lain meski sudah tidak mampu menghasilkan uang secara mandiri.

Di dunia perusahaan, uang pensiun adalah kumpulan dana yang didapatkan dari iuran tetap pekerja serta sebagian kecil hasil keuntungan perusahaan yang diberikan ke karyawan saat pensiun. Hal-hal yang berhubungan dengan pembagian uang pensiun juga tercantum dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1992.

Di Indonesia sendiri, uang pensiun dikelola oleh BPJS Ketenagakerjaan melalui program JHT yang merupakan singkatan dari Jaminan Hari Tua. Dengan kata lain pungutan iuran pegawai yang dikelola oleh BPJS Ketenagakerjaan nantinya akan kembali ke tangan pekerja saat tiba waktunya pensiun.

 

 

Jenis-Jenis Dana Pensiun

Setelah memahami apa itu dana pensiun, kamu juga harus tahu apa saja jenis-jenisnya. Perlu kamu ketahui bahwa, dana pensiunan terbagi menjadi tiga macam yang akan dirinci sebagai berikut.

1.  Pemberi Kerja

Jenis uang pensiun yang pertama berasal dari pemberi kerja. Jadi, program dana pensiun diselenggarakan secara mandiri oleh individu atau suatu badan hukum secara mandiri yang nantinya akan diberikan ke seluruh karyawan saat memasuki masa pensiun.

2. Lembaga Asuransi 

Jenis dana hari tua berikutnya dikelola lewat lembaga asuransi jiwa. Program jaminan hari tua ini bisa dinikmati oleh karyawan atau perorangan dan sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan pemberi kerja.

3. Lembaga Perbankan/Keuangan

Pengelolaan dana hari tua juga bisa dilaksanakan lewat lembaga perbankan/keuangan. Dalam hal ini jumlah iuran bersifat tetap dan dibayarkan oleh pemberi kerja sesuai dengan profit yang didapat.

 

 

Manfaat Dana Pensiun

Fungsi dana pensiun tidak hanya ditujukan untuk peserta saja, tapi juga mencakup perusahaan dan juga penyelenggara. Bagi peserta, uang pensiun akan memberikan rasa aman secara finansial saat nantinya sudah tidak bekerja.

Peserta bisa menikmati hari tua dengan tenang karena sudah memiliki jaminan uang untuk mencukupi segala kebutuhan meski sudah tidak produktif lagi.

Bagi perusahaan atau pemberi kerja, dana hari tua menjadi sebuah balas jasa atau bentuk reward atas kerja keras karyawan selama bekerja. Perusahaan yang memberi jaminan hari tua kepada pegawainya akan memiliki kredibilitas dan reputasi lebih di mata masyarakat. Hal ini secara tidak langsung juga bisa meningkatkan citra perusahaan.

Menariknya, jaminan pensiun juga membawa manfaat bagi penyelenggara. Pasalnya, dana tersebut bisa menjadi modal investasi dan mendukung pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat yang memasuki masa pensiun.

 

 

Tips Menyiapkan Dana Pensiun

Meskipun kamu sudah pasti mendapatkan dana pensiun dari perusahaan, tapi alangkah lebih baik jika melakukan persiapan lebih. Apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan dana hari tua? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

1. Menyisihkan Tabungan Hari Tua Sejak Dini

Mulailah untuk menabung sedini mungkin. Umumnya, usia pensiun di Indonesia adalah 56 tahun, sehingga kamu punya banyak waktu untuk mengumpulkan uang sampai tiba waktunya nanti. Semakin awal dimulai, maka semakin besar tabungan yang bisa kamu miliki, sehingga hari tuamu nanti akan semakin terjamin.

2. Lakukan Investasi

Selain menyisihkan uang untuk ditabung, kamu juga perlu melakukan investasi. Ada banyak pilihan investasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu, mulai dari deposito, emas, reksadana, hingga menanam saham.

Setiap investasi biasanya memiliki risiko masing-masing. Semakin besar keuntungan yang bisa kamu peroleh, semakin besar pula risiko yang harus dihadapi. Oleh sebab itu, pertimbangkan dengan baik jenis investasi yang akan dipilih sebelum memulainya ya! Selain itu, pilihan investasi juga sebaiknya menyesuaikan dengan budget yang dimiliki.

3. Prioritaskan Kebutuhan

Selain menabung dan berinvestasi, perencanaan keuangan lainnya yang bisa dilakukan adalah mengutamakan kebutuhan di atas keinginan. Usahakan lebih bijak dalam mengeluarkan uang supaya target yang akan dicapai bisa terlaksana sesuai rencana.

Hindari berutang, terutama untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif karena hanya akan menjerumuskanmu ke dalam masalah finansial.

4. Menjaga Kesehatan

Menjaga kesehatan juga sangat penting, karena kamu bisa menghemat biaya pengobatan sebelum masa pensiun tiba. Oleh sebab itu, terapkan pola hidup sehat sedari sekarang dengan rajin berolahraga, makan makanan bergizi, mencukupi kebutuhan cairan, tidur cukup, dan minum vitamin.

 

 

Nah, jika saat ini orang tuamu sudah pensiun, ingatkan mereka untuk selalu menjaga kesehatan ya! Selain menerapkan pola hidup sehat, cukupi kebutuhan vitamin mereka dengan mengonsumsi Enervon Gold.

Enervon Gold adalah multivitamin yang mengandung zat-zat penting untuk tubuh seperti vitamin C, B Kompleks, Omega 3, Asam Folat, dan juga Lutein. Berbagai kandungan tersebut efektif memelihara kesehatan tubuh terutama bagi lansia usia 50+.

Klik tautan official store di Shopee dan Tokopedia berikut ini untuk mendapatkan produk Enervon Gold secara online sekarang juga!