Apakah kamu memiliki kebiasaan boros, lho. Hal ini bisa diperparah, apalagi kalau kamu tak punya perencanaan keuangan.

Tak boleh dibiarkan begitu saja, sebab kebiasaan tidak memiliki perencanaan keuangan, atau sering boros – memiliki dampak buruk bagi masa depan kamu. Untukmu yang ingin segera mengatasinya – yuk, bisa dimulai dengan menyusun perencanaan keuangan pribadi.

Nah, untuk kamu yang ingin segera memiliki perencanaan keuangan pribadi – berikut ini 7 tips yang bisa diterapkan.

Simak ulasan lengkapnya sampai habis ya!

 

 

Buat Anggaran Bulanan, Jadi Langkah Pertama

Credit Image - uprint.id

Hal pertama yang mesti dilakukan dalam menyusun perencanaan keuangan, yaitu merencanakan anggaran bulanan. Apa cara yang mesti dilakukan? Kamu perlu mengetahui berbagai pengeluaran yang diperlukan setiap bulannya.

Kemudian, bagilah daftar pengeluaran bulanan tersebut menjadi dua bagian, yaitu untuk kebutuhan primer – ini meliputi biaya makan, ongkos, tagihan listrik, dan cicilan yang perlu dibayar. Selain itu, masukkan kebutuhan tersier yang berupa kebutuhan belanja, dan lain sebagainya.

 

Jangan Lupa Bayar Tagihan

Bagi kamu yang sudah berpenghasilan, hal utama yang perlu dilakukan usai mendapat gaji bulanan – yaitu, membayarkan seluruh tagihan penting. Poin yang satu ini juga menjadi aspek penting dalam perencanaan keuangan, lho.

Cara yang satu ini diperlukan agar kebutuhan sehari-hari kamu tidak akan terganggu nantinya. Dengan membayarkan cicilan dan tagihan terlebih dahulu pun dapat membuatmu lebih tenang, serta memudahkanmu mengatur budget bulanan untuk berbagai hal lainnya.

 

Tetap Sisihkan Uang Untuk Menabung Ya

Credit Image - money.kompas.com

Nah, yang satu ini juga tak boleh dilewatkan dalam penyusunan perencanaan keuangan nih. Kamu tetap mesti menyisihkan uang gaji bulanan untuk ditabung. Menabung penting lho, sebab kebiasaan untuk dapat membuatmu belajar hemat, mencegah berhutang, hingga bisa membantu belajar lebih disiplin.

Untuk memulai menabung, cobalah sisihkan gaji kamu – sebelum digunakan. Cara yang ini penting, sehingga kamu dapat mengeluarkan berbagai pengeluaran yang kurang perlu, dan menghindarimu dari sikap boros.

 

Buat Pula Laporan Keuangan

Dalam menyusun perencanaan keuangan, membuat laporan keuangan setiap bulannya juga perlu dilakukan. Apakah kamu sudah melakukan tips ini secara rutin? Laporan keuangan – dicacat setiap setelah berbelanja.

Nantinya, kamu perlu menyimpan struk belanjaan dan catat semua pengeluaran harianmu. Hal yang satu ini bisa membantumu mengetahui untuk apa uang tersebut digunakan. Selain itu, kamu pun dapat menganalisa – barang apa saja yang sebenarnya tidak terlalu penting dibeli di bulan selanjutnya.

 

Miliki Dua Rekening Bank – Cara yang Juga Disarankan

Credit Image - nerdwallet.com

Biar lebih mudah – kamu bisa membuka dua rekening bank yang berbeda. Gunakan satu rekening untuk kebutuhan sehari-hari, termasuk menerima gaji. Kemudian, rekening bank lainnya digunakan khusus untuk menabung.

Kemudian, tentukan jumlah minimal berapa nominal uang yang mesti kamu tabung di setiap bulannya. Dan, jangan lupa untuk melakukan cara yang satu ini – seperti kewajiban yang perlu kamu penuhi di setiap bulan, terutama usai mendapat gaji bulanan.

 

Yuk, Mulai Berinvestasi!

Dalam menyusun perencaan keuangan, berinvestasi juga disarankan, lho. Setelah menyisihkan dana untuk tabungan dan keperluan sehari-hari – jika kamu masih memiliki uang lebih, sebaiknya gunakan untuk berinvestasi. Ini bisa berupa asuransi, reksa dana, maupun membeli emas dengan nilai jual tinggi.

Dengan mendapatkan keuntungan dari kegiatan berinvestasi? Pasti kamu menginginkannya ya!

 

Buatlah Perbandingan Untuk Mengevaluasi Perencanaan Keuangan

Credit Image - journal.sociolla.com

Yang terakhir – buatlah perbandingan antara pengeluaran dan anggaran. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui apakah pengeluaran sudah sesuai dengan anggaran – atau justru malah over budget, dan terbilang boros.

Jika pengeluaran masih melebihi anggaran – coba revisi kembali anggaran yang sudah kamu buat ya. Bandingkan dengan catatan pengeluaran kamu, sehingga kamu bisa mengetahui secara pasti berbagai kebutuhan yang memerlukan dana cukup besar.

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup ya ulasan mengenai perencaaan keuangan pribadi yang cocok bagi pemula. Ingatlah bahwa kamu mesti bijak dalam mengatur keuangan, termasuk ketika menggunakan gaji bulanan ya.

Dengan lebih bijak dalam mengatur perencanaan keuangan, ini berarti kamu dapat menghargai usaha dan kerja keras yang telah dilakukan!

 

 

Featured Image - bankbahtera.co.id