Travel Packing List yang Penting untuk Perjalanan Jauh

Travel Packing List yang Penting untuk Perjalanan Jauh

font size A Ǎ

Bepergian, terutama dengan jarak yang jauh dan dalam jangka waktu yang lama, tentu membutuhkan persiapan yang matang. Tidak hanya memaksimalkan tujuan bepergian, persiapan barang bawaan juga akan mencegah kamu dari membeli lebih banyak barang di kota atau negara tujuan. Baik untuk berlibur maupun dalam rangka perjalanan bisnis, menyiapkan barang bawaan penting dilakukan. Itulah kenapa banyak orang membuat travel packing list agar tidak ada hal yang terlewat. Simak beberapa daftar barang bawaan berikut ini sebelum kamu melakukan traveling.

Kategori Barang yang Perlu Dibawa

Agar lebih mudah memahami apa saja kategori barang bawaan kamu, simak sedikit rangkumannya di bawah ini.

1. Barang Wajib & Pakaian Sesuai Aktivitas

Pertama adalah barang wajib yang biasanya berupa dokumen dan beberapa pasang pakaian. Dokumen yang dimaksud tidak hanya paspor dan kartu identitas saja, tapi juga tiket transportasi, asuransi perjalanan, hingga surat riwayat kesehatan. Kemudian untuk pakaian, sesuaikan dengan rencana aktivitas kamu dan cuaca selama ada di tempat tujuan.

2. Barang Kebersihan dan Kesehatan

Kategori berikutnya adalah barang yang berkaitan dengan kebersihan dan kesehatan. Selain alat mandi dan tata rias, beberapa alat kebersihan yang perlu dipertimbangkan adalah cairan lensa kontak, alat cukur, travel size sanitizer, hingga tisu basah dan kering. Pada bagian kesehatan, sesuaikan jenis lokasi tujuan kamu dengan kebutuhan tubuh. Misalnya, jika bepergian ke lokasi wisata hutan dan sungai sebaiknya membawa obat nyamuk dan/atau kawat nyamuk. Khusus pada obat-obatan pribadi dan vitamin, upayakan untuk memilih yang berbentuk kapsul atau tablet agar praktis dibawa.

3. Barang Elektronik

Selain smartphone, kamera, tablet, dan laptop, kamu perlu mempertimbangkan untuk membawa barang-barang pendukungnya. Beberapa contohnya adalah headphones, pengisi daya gawai, travel adapter sesuai negara tujuan, tripod, senter, hingga setrika. Khusus untuk powerbank, kapasitas maksimal yang bisa dibawa masuk ke kabin pesawat adalah 100 Wh atau 20.000 mAh.

4. Barang Lain yang Terlihat Remeh

Kategori terakhir ini merupakan barang-barang yang jarang terpikirkan karena fungsinya yang terlihat remeh. Beberapa contohnya adalah alat tulis, panduan bahasa asing, tali atau jemuran portable, pisau kecil (jangan dibawa langsung jadi hanya boleh masuk koper), sabuk khusus uang kecil, hingga payung dan/atau jas hujan. Tentu saja jenis kegiatan kamu akan sangat menentukan barang yang harus dibawa.

 

Travel Packing List yang Penting untuk Perjalanan Jauh

Tips Seputar Traveling Sehat dan Barang Pendukungnya

Bicara soal perjalanan jauh dengan frekuensi yang tinggi dan/atau waktu yang lama, penting sekali untuk menjaga daya tahan tubuh tetap prima. Perhatikan beberapa tips barang pendukung kesehatan berikut ini:

1. Vaksin dan Dokumennya

Sebelum berkemas, pastikan kamu telah mengetahui informasi terbaru soal aturan vaksin di kota atau negara tujuan. Kemudian memastikan surat atau dokumen bukti telah mendapatkan vaksin juga dibawa. Selain memudahkan kamu melewati pengecekan petugas bandara, vaksin juga bisa meminimalisir tubuh tertular penyakit. Imunitas tubuh akan lebih siap menghadapi cuaca dan suhu di tempat yang baru.

2. Vitamin C

Sudah sedikit disinggung di atas, sangat disarankan bagi kamu untuk membawa suplemen makan. Terutama vitamin C, zat gizi yang memiliki banyak manfaat. Selain menjaga tubuh agar tidak mudah sakit, vitamin ini mampu membantu menurunkan kolesterol. Cocok bagi kamu yang suka sekali berwisata kuliner dan sulit menjaga pola makan sehat saat traveling.

3. Botol Air Minum

Saat jalan-jalan dan menikmati berbagai jenis kegiatan, jangan sampai tubuh terkena dehidrasi. Meskipun kamu memilih kegiatan fisik yang tidak terlalu banyak, tubuh tetap harus mendapat cairan dengan kadar yang cukup. Bawalah botol air minum dengan ukuran sedang agar tidak terlalu berat dan makan tempat.

 

Travel Packing List yang Penting untuk Perjalanan Jauh

Travel Packing List yang Disarankan

Untuk memudahkan kamu mendata barang bawaan, berikut ini adalah travel packing list yang disarankan.

Barang Wajib

  1. KTP/SIM/Kartu Pelajar
  2. Paspor & Visa
  3. Kartu kredit/debit/e-money
  4. Uang tunai
  5. Tiket (Pesawat/Kereta/Bus/Kapal)
  6. Salinan tiket
  7. Boarding pass
  8. Dokumen asuransi
  9. Resep dokter/riwayat kesehatan
  10. Surat/Dokumen Vaksin

Pakaian

  1. Pakaian dalam (….. set)
  2. Kaos/Kemeja
  3. Celana jin/pendek/panjang
  4. Gaun/Jas/Baju formal
  5. Jilbab/Mukena/Sajadah mini
  6. Sepatu/Sandal
  7. Kaos kaki
  8. Jaket/Mantel
  9. Baju renang
  10. Baju tidur
  11. Syal/Topi/Sarung tangan

Barang Kebersihan

  1. Sikat gigi/pasta gigi/benang gigi/obat kumur
  2. Sabun/Sampo
  3. Deodoran/Parfum/Losion (travel size)
  4. Alat rias (kantong khusus)
  5. Perlengkapan cukur bulu
  6. Lensa kotak/Cairan lensa kontak
  7. Handuk kecil/Handuk besar
  8. Disinfektan

Barang Kesehatan

  1. Obat pereda nyeri
  2. Pertolongan pertama (kantong khusus)
  3. Obat nyamuk
  4. Obat anti mabuk
  5. Obat alergi
  6. Oralit
  7. Minyak aromaterapi/Minyak kayu putih
  8. Tablet vitamin/Suplemen
  9. Lain-lain.

Barang Elektronik

  1. Smartphone
  2. Tablet/Laptop
  3. Kamera
  4. Pengisi daya tiap perangkat
  5. Travel adapter
  6. Powerbank
  7. Tripod
  8. Headphones/Headset
  9. Senter/Setrika/dan lain-lain

Barang Lain

  1. Payung/Jas hujan
  2. Tas ransel/Tas selempang
  3. Sabuk uang
  4. Alat tulis
  5. Peta/Panduan bahasa asing
  6. Kunci koper/Tag bagasi
  7. Tali jemuran portable
  8. Bantal tidur
  9. Pisau kecil/Gunting/Pinset
  10. Kacamata/Kacamata hitam
  11. Kantong plastik
  12. Botol air minum

Beberapa barang di atas mungkin tidak perlu dibawa jika kamu ingin menjelajahi bagian perkotaan dan sebaliknya. Apabila kamu ingin menggunakan cara lain dalam membuat daftar dan mengecek barang bawaan melalui gawai pintar, ada beberapa aplikasi travel yang bisa diunduh. Dengan segala fiturnya, kamu akan sangat terbantu dalam mendata barang bawaan. Terutama bagi kamu yang sering bepergian dengan jarak waktu antar tujuan yang singkat.

Khusus untuk urusan menjaga stamina selama bepergian, jangan sampai kamu lengah ya. Selain mengoptimalkan semua kegiatan di tempat tujuan, menjaga imunitas tubuh juga akan menurunkan risiko sakit. Baik selama perjalanan maupun saat kamu kembali dari perjalanan tersebut. Enervon-C Tablet hadir dengan kandungan lengkap dan kemasan yang praktis dibawa. Multivitamin dan mineralnya dapat membantu tubuh tetap sehat dan berenergi. Persiapkan dari sekarang dengan membeli produk Enervon di Tokopedia atau Shopee official.


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!