Banyak cara untuk menikmati waktu libur dan setiap orang memiliki triknya sendiri. Salah satu konsep liburan yang banyak digemari adalah pendakian. Dengan banyaknya spot wisata perbukitan dan pegunungan, Indonesia menawarkan wisata bukit yang unik dan menarik untuk dijelajahi. Bagi kamu yang lebih suka dengan pemandangan bukit daripada gunung, simak daftar wisata bukit terindah di Indonesia berikut ini.

Wisata Bukit Terindah di Indonesia

1. Bukit Mojo, Yogyakarta

Sumber: Google/Mas Dinnu

Berlokasi di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Bukit Mojo menawarkan keindahan pegunungan yang sangat menawan. Terdapat beberapa spot unik untuk mengabadikan momen. Tentu saja dengan latar belakang pegunungan sejuk, hijau, dan memukau. Akan jauh lebih keren jika kamu datang saat matahari terbit dan tenggelam. Dijamin warna langitnya akan membuat hasil foto kamu semakin cantik. Hanya perlu menempuh perjalanan selama kurang lebih 50 menit dari kota Yogyakarta, kamu sudah bisa mengakses tempat indah ini.

 

2. Bukit Bintang, Bandung

Sumber: Google/Galih Garnda

Diberi nama Bukit Bintang karena kamu bisa menikmati keindahan lampu kelap kelip perkotaan dari ketinggian 1442 mdpl pada malam hari. Suasana kota Bandung yang gemerlap dapat kamu nikmati di puncak bukit berudara sejuk. Berlokasi di Kecamatan Cimenyan, Bandung, bukit ini juga menawarkan dataran tinggi yang cukup luas. Kamu dan keluarga dapat berkemah di sana. Bayangkan kamu tidur dengan atap langit berbintang dan bangun dengan matahari terbit yang cantik. Menarik, bukan?

 

3. Bukit Punthuk Setumbu, Magelang

Sumber: Google/Punthuk Setumbu

Satu lagi bukit terindah di Pulau Jawa, yaitu Bukit Punthuk Setumbu. Daya tarik utama dari bukit ini adalah lautan awan dengan latar belakang Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Ditambah lagi dengan indahnya Candi Borobudur yang meski terlihat kecil namun melengkapi kemegahan lokasi wisata ini. waktu paling direkomendasikan adalah saat matahari terbit. Hanya dengan mendaki ringan 15-20 menit, kamu bisa menikmati pemandangan yang memukau.

 

4. Bukit Merese, Lombok

Sumber: Google/Titania Salsabil Putri

Beralih ke luar Pulau Jawa, wisata bukit terindah berikutnya adalah Bukit Merese di Pujut, Lombok Tengah, NTB. Selain lokasinya yang bersebelahan dengan Pantai Merese, bukit ini memiliki panorama yang rutin berganti sesuai dengan musim saat itu. Jika kamu datang saat musim kemarau, pemandangan coklat yang hangat akan menyambutmu. Sedangkan saat musim hujan, kamu akan bertemu pemandangan perbukitan hijau yang menawan. Dipadu dengan lautan biru menghampar, dijamin pendakian kamu tidak ada apa-apanya.

 

5. Bukit Campuhan, Bali

Sumber: Google/Didik Setyohadi

Kalau wisata bukit yang satu ini sih kamu tidak membutuhkan energi yang besar. Terkenal dengan puncak bukit yang menjadi trek lari, Bukit Campuhan menyuguhkan pemandangan yang amat cantik. Dengan panjang 2 km, kamu pasti akan rela bolak balik di lintasan jogging di atas bukit ini. Apalagi jika kamu jalan-jalan saat matahari terbit dan terbenam, dijamin kamu akan betah berlama-lama di sana.

 

6. Bukit Warinding, Sumba Timur

Sumber: Google/Ira Soesanto

Hampir sama dengan Bukit Merese, kamu juga bisa menyaksikan hamparan pegunungan rumput dan tanaman yang sesuai dengan musim saat itu. Selain memanjakan mata, kamu juga akan bertemu dengan udara dan suhu yang sesuai. Hanya dengan berkendara kurang lebih 50 menit dari pusat kota Waingapu, kamu sudah sampai di lokasi. Kamu juga cukup mendaki sekitar 15 menit dan siap menikmati keindahan yang menakjubkan.

 

Tips Sehat Mendaki Bukit

Meski pendakian wisata bukit tidak sama ekstremnya dengan pendakian gunung, kamu tetap harus mempersiapkannya dengan baik. Terutama untuk kamu yang masih pemula atau tidak terbiasa beraktivitas fisik dalam waktu singkat. Simak tips sehat mendaki bukit berikut ini.

1. Persiapan Fisik yang Matang

Pertama tentu saja persiapan fisik yang matang dengan membiasakan berolahraga beberapa hari sebelum perjalanan. Kemudian sesaat sebelum mendaki, lakukan peregangan pada kaki agar otot kamu siap mendaki.

2. Berikan Waktu Istirahat Cukup sebelum Berangkat

Kamu mungkin sangat bersemangat sehingga susah tidur. Namun istirahat yang cukup sebelum perjalanan akan mengoptimalkan momen kamu di lokasi wisata perbukitan. Selain itu, kamu juga akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat meski cuaca kurang mendukung.

3. Membawa Bekal yang Praktis dan Sehat

Untuk menikmati suasana di atas bukit, bawalah bekal makan besar maupun camilan. Beberapa lokasi menyediakan lahan untuk duduk santai bersama. Tentu saja makanan yang dibawa harus sehat dan praktis. Jangan sampai buang sampah sembarangan, ya!

4. Gunakan Sepatu yang Sesuai

Meski tidak berjalan dalam waktu yang lama, kamu tetap perlu memperhatikan langkah kaki dengan benar. Selain mencegah kaki tersandung, jalanan naik dan tidak rata perlu diwaspadai agar tidak terkilir.

5. Pastikan Tubuh Terhidrasi dengan Baik

Aktivitas fisik seharian selama berlibur harus diimbangi dengan asupan cairan tubuh yang cukup. Berbekalah air putih dengan botol sedang yang mudah dibawa agar praktis.

Bicara soal cairan tubuh, lengkapi air minum kamu dengan Enervon-C Effervescent. Bahannya yang mudah larut dalam air membuat proses penyerapan multivitamin dan mineral dalam tubuh lebih cepat. Dapatkan produk yang asli dengan mengakses marketplace official Enervon di Tokopedia atau Shopee.