7 Manfaat Renang bagi Lansia dan 4 Tips Aman Memulainya

7 Manfaat Renang bagi Lansia dan 4 Tips Aman Memulainya

Menginjak usia lanjut, gerakan tubuh biasanya akan semakin terbatas seiring dengan melemahnya kekuatan di dalam diri. Namun, hal ini tidak menghalangi para lansia untuk tetap bisa berolahraga lho! Salah satu jenis aktivitas fisik yang masih memungkinkan untuk dilakukan serta memberi banyak manfaat khususnya untuk para lansia adalah berenang. Nah, hal ini bisa jadi ide menarik untuk menghabiskan akhir pekanmu bersama orang tua nih! Selain refreshing, orang tua juga akan merasakan manfaatnya dari sisi kesehatan. Yuk simak berbagai manfaat renang bagi lansia beserta tips aman dalam melakukannya berikut ini.

Manfaat Renang bagi Lansia

7 Manfaat Renang bagi Lansia dan 4 Tips Aman Memulainya

Berenang adalah jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh segala usia, termasuk bagi mereka yang sudah memasuki usia senja. Bahkan, olahraga  di dalam air ini punya segudang manfaat khususnya untuk kesehatan lansia. Berikut ulasannya.

1. Menjaga Keseimbangan Tubuh

Semakin bertambahnya usia, keseimbangan tubuh juga semakin menurun, sehingga membuat lansia rentan terjatuh. Olahraga renang menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menguatkan otot-otot tubuh sehingga keseimbangan tetap bisa terjaga.

Selain memperkuat seluruh otot tubuh, rutin berenang akan menguatkan tulang dan sendi yang semakin melemah. Apabila hal ini dilakukan secara rutin, maka keseimbangan tubuh akan tetap stabil meski usia semakin menua.

2. Gerakan Sendi Tetap Lentur dan Fleksibel

Selain rentan jatuh, pergerakan para lansia juga tidak bisa sefleksibel dahulu. Namun, hal ini bisa diupayakan apabila rutin melakukan olahraga seperti berenang. Saat masuk ke dalam air, berat badan akan tertahan sehingga tubuh bisa mengapung. 

Pada saat itu terjadi, persendian umumnya akan lebih rileks atau tidak mengalami ketegangan. Gerakan tubuh lansia pun bisa menjadi lebih lentur tanpa khawatir akan mengalami cedera.

3. Memperbaiki Kualitas Tidur

Beberapa lansia mungkin mengeluhkan susah tidur di malam hari. Apabila hal ini dibiarkan, maka bisa mengakibatkan stres. Untuk mengatasinya, para orang tua dianjurkan untuk melakukan olahraga renang. Kenapa demikian?

Aktivitas renang yang dilakukan secara rutin akan memberikan efek lelah di tubuh, sehingga para lansia bisa tidur dengan nyenyak setelahnya. 

 

 

4. Mengoptimalkan Fungsi Jantung

Pertambahan usia juga membuat fungsi jantung menurun. Hal inilah yang membuat penyakit jantung menjadi momok menyeramkan bagi orang-orang usia lanjut. Nah, untuk menjaga kesehatan jantung, para lansia bisa melakukan olahraga renang.

Penelitian Swim Strong menyatakan bahwa olahraga renang yang dilakukan secara rutin selama setengah jam mampu menurunkan risiko penyakit jantung koroner hingga 40%. Bahkan, berenang juga efektif dalam menekan risiko kematian akibat serangan jantung dengan persentase 3,5%.

5. Meminimalisir Gejala Osteoporosis

Osteoporosis adalah jenis penyakit tulang yang kerap mengintai para lansia. Gejala yang kerap muncul umumnya adalah kepadatan tulang menurun sehingga rentan keropos atau mudah patah. 

Untuk meminimalisir hal tersebut, maka olahraga renang bisa jadi solusinya. Rutin berenang akan memperkuat tulang dan sendi pada tubuh, sehingga menurunkan risiko terkena osteoporosis.

6. Mengurangi Rasa Sakit

Umumnya, para lansia kerap mengalami gangguan kesehatan pada bagian persendian. Hal ini kerap mengakibatkan timbulnya rasa sakit atau nyeri terutama saat mengalami cedera. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena hal ini bisa diminimalisir dengan rutin berenang.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan The Journal of Rheumatology, orang tua yang rutin melakukan olahraga renang akan mengalami penurunan rasa nyeri atau kaku di sendi secara drastis

7. Menurunkan Tingkat Stres

Rajin berenang juga bisa menurunkan tingkat stres lho! Pasalnya, tubuh akan mengeluarkan zat endorfin saat berolahraga. Perlu kamu tahu bahwa zat tersebut efektif dalam memperbaiki suasana hati sehingga seseorang akan lebih mudah bahagia. Dengan demikian, para manula juga akan terhindar dari perasaan stres.

 

 

Tips Aman Melakukan Olahraga Renang bagi Lansia

7 Manfaat Renang bagi Lansia dan 4 Tips Aman Memulainya

Meski olahraga ini masih tergolong aman untuk dilakukan oleh para manula, tapi sebaiknya lakukan beberapa tips berikut ini sebelum memulainya.

1. Lakukan Pemanasan

Sebelum melakukan aktivitas olahraga, semua orang dianjurkan untuk melakukan pemanasan terlebih dulu, termasuk bagi lansia yang akan berenang. Sayangnya, hal ini kerap disepelekan karena banyak orang yang tidak tahu manfaatnya.

Pemanasan sebelum melakukan olahraga memiliki banyak manfaat, yaitu mencegah terjadinya cedera, membuat tubuh lebih lentur, mengaktifkan otot-otot, dan mempercepat detak jantung supaya siap saat mulai berenang.

2. Membasahi Anggota Badan Terlebih Dulu

Sebelum masuk ke dalam kolam renang, sebaiknya basahi dulu anggota tubuh dengan air kolam. Hal ini penting supaya suhu tubuh dapat beradaptasi dengan suhu di dalam air kolam.

3. Perhatikan Gerakan

Setelah masuk ke dalam air, lakukan beberapa gerakan pada anggota badan karena melakukan gerakan di dalam air sangat jauh berbeda dengan di darat.

4. Berenang Sesuai Kemampuan

Setiap orang pastinya memiliki kondisi fisik yang berbeda-beda. Jadi, sesuaikan aktivitas dan gerakan renang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Hindari memaksakan diri untuk berenang di luar kapasitas tubuh supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

 

Selain memperhatikan 4 hal di atas, para lansia juga bisa melakukan persiapan dari dalam dengan rutin mengonsumsi Enervon Gold. Enervon Gold adalah multivitamin yang kaya akan vitamin C, vitamin B kompleks, asam folat, omega 3, dan lutein yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh para lansia.

Diformulasikan khusus untuk usia 50+, Enervon Gold akan menemani masa-masa tua agar tetap aktif dan sehat. Order sekarang juga dengan klik link Shopee atau Tokopedia berikut!





 


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!