Fatigue adalah istilah untuk menyebut kondisi kelelahan kronis pada seseorang. Jika akhir-akhir ini sering merasa lesu atau mudah lelah, hingga mengganggu aktivitas sehari-hari, kamu wajib waspada. Apalagi jika sampai kehilangan motivasi, sebaiknya konsultasikan hal ini kepada ahlinya supaya mendapatkan penanganan yang tepat.

Kelelahan kronis bukanlah suatu penyakit, melainkan sebuah gejala yang menandakan adanya gangguan medis tertentu baik yang sifatnya ringan hingga berat. Namun, hal ini juga bisa diakibatkan oleh faktor kesehatan mental hingga gaya hidup yang tidak sehat. Informasi lebih jelasnya bisa kamu simak pada artikel berikut ini!

Fatigue adalah?

Istilah fatigue mungkin masih asing di telinga kamu. Padahal, secara tidak sadar, mungkin kamu pernah atau sedang mengalaminya saat ini. Fatigue adalah kondisi tubuh yang tidak bertenaga, mudah lelah, lesu, gampang ngantuk hingga kehilangan motivasi.

Meskipun terdengar sepele, tapi hal ini tidak boleh kamu remehkan. Pasalnya, fatigue bisa saja jadi pertanda bahwa tubuh mengalami gangguan kesehatan tertentu. Bahkan, pada kondisi medis yang serius, kelelahan kronis bisa menyebabkan kematian lho!

Tak hanya lelah secara fisik semata, kondisi fatigue juga bisa tampak saat seseorang merasa lelah secara psikis. Orang yang mengalami kelelahan fisik, umumnya kesulitan dalam menjalani aktivitas ringan sekalipun.

Namun, untuk memastikan hal ini, kamu sebaiknya mengunjungi spesialis ahli untuk melakukan serangkaian tes guna mendapatkan diagnosa yang akurat serta perawatan yang tepat.

Selain kelelahan fisik, kamu mungkin juga akan merasakan kelelahan mental. Umumnya, hal ini ditandai dengan kondisi tubuh yang mudah mengantuk, kesulitan berkonsentrasi, mudah stres, dan juga kehilangan motivasi. Jika dibiarkan, hal ini akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

 

 

Kenali Gejalanya!

Tubuh yang lelah tidak selalu menandakan bahwa itu adalah gejala fatigue. Namun, jika kamu merasakan kelelahan kronis selama 6 bulan atau lebih dengan intensitas yang cukup sering, serta tidak tahu pasti apa penyebabnya, hal ini patut diwaspadai.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa kelelahan kronis ditandai dengan munculnya gejala fisik dan mental tertentu. Tiap-tiap orang mungkin akan merasakan gejala yang berbeda, tergantung dari kondisi medis masing-masing.

Namun, secara umum gejala fisik yang umum terjadi adalah nyeri kepala, peradangan otot dan sendi, sakit tenggorokan, kelenjar getah bening membengkak, pusing saat duduk atau berdiri akibat tekanan darah rendah, dan lain-lain.

Selain fisik, gejalanya juga bisa tampak secara psikis seperti susah konsentrasi, mengalami gangguan tidur, sulit mengontrol emosi, hingga mudah cemas.

Bahkan, orang yang mengalami kelelahan kronis juga bisa menunjukkan gejala lain, seperti tubuh menggigil dan mudah berkeringat saat malam, jantung berdebar-debar, kesemutan pada area tertentu, hingga masalah pencernaan.

 

 

Ini Penyebab Fatigue

Fatigue adalah sindrom kelelahan kronis yang bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti, gaya hidup yang tidak sehat, gangguan kesehatan fisik, hingga masalah psikis. Berikut penjelasannya.

1. Gaya Hidup Tidak Sehat

Kebiasan-kebiasaan buruk yang kamu lakukan bisa membawa masalah pada kesehatan tubuh. Efeknya mungkin tidak terasa secara langsung, tapi setelah menjalani gaya hidup yang tidak sehat dalam waktu cukup lama, lama kelamaan tubuh akan memberi sinyal seperti gejala fatigue.

Beberapa contoh gaya hidup tidak sehat yang berisiko menyebabkan kelelahan kronis adalah kurang tidur, pola makan tidak teratur, meninggalkan aktivitas fisik, konsumsi kafein secara berlebihan, dan kecanduan alkohol.

2. Punya Riwayat Penyakit Medis

Seseorang dengan riwayat penyakit tertentu juga menunjukkan gejala kelelahan kronis. Hal ini bisa dialami oleh penderita anemia, penyakit addison, atau pasien dengan kelainan hormon di dalam tubuh.

Selain itu, pasien kanker, diabetes, artritis, autoimun, gagal jantung obstruktif, kelainan hati, infeksi, dan orang yang merasakan insomnia juga kerap menunjukkan gejala fatigue.

3. Masalah Kesehatan Mental

Orang yang memiliki masalah kesehatan mental juga sering kali menampakkan gejala kelelahan kronis. Apalagi bagi mereka yang sedang mengalami depresi atau gangguan kecemasan. Oleh sebab itu, penting untuk selalu memperhatikan kondisi psikis supaya tidak memengaruhi kesehatan fisik maupun aktivitas sehari-hari.

 

 

Cara Mengatasi Fatigue

Pengobatan sindrom kelelahan tentu disesuaikan dengan faktor penyebabnya. Dengan kata lain, orang yang menunjukkan gejala fatigue tentu akan mendapatkan perawatan yang berbeda-beda berdasarkan pencetusnya.

Apabila kamu merasakan berbagai gejala kelelahan kronis yang sudah dibahas tadi, maka jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan ahli medis demi mendapatkan pengobatan yang tepat.

Dokter kemungkinan akan meresepkan obat-obatan tertentu untuk dikonsumsi. Misalnya saja pada pasien yang mengalami depresi, umumnya, dokter akan memberikan jenis obat antidepresan untuk membuat pasien lebih nyaman dan tetap bisa melakukan aktivitas seperti biasanya.

Terapi psikis juga bisa menjadi alternatif pengobatan fatigue berikutnya apabila faktor pencetusnya adalah masalah kesehatan mental. Psikoterapi tersebut umumnya berupa terapi kognitif perilaku.

Penderita fatigue juga dianjurkan untuk tetap melakukan olahraga atau aktivitas fisik yang sifatnya ringan. Pasalnya, cara ini cukup efektif untuk meredakan gejala sindrom kelelahan tersebut. Olahraga tersebut juga harus dibiasakan secara pelan-pelan dari intensitas rendah yang ditingkatkan secara bertahap sesuai dengan kapasitas masing-masing pasien.

 

 

Tak hanya rutin berolahraga saja, kamu juga bisa menerapkan gaya hidup sehat lainnya seperti makan makanan yang bergizi, tidur 7 hingga 8 jam per hari, tidak merokok dan minum alkohol, membatasi konsumsi kafein, serta mengelola stres dengan baik.

Imbangi gaya hidup sehat dengan rutin mengonsumsi multivitamin tambahan dari Enervon. Ada beberapa opsi produk yang bisa kamu pilih yaitu Enervon-C Tablet, Enervon-C Effervescent, Enervon Active, dan juga Enervon Gold.

Enervon Gold adalah produk unggulan yang dibuat khusus untuk para lansia berusia 50+. Kandungan yang dimiliki juga cukup lengkap seperti vitamin C dan B Kompleks, asam folat, omega 3, dan juga lutein. Konsumsi rutin produk ini sangat efektif untuk memelihara kesehatan tubuh agar tetap aktif dan fit meski sudah tidak muda lagi. Order sekarang juga dengan klik link Shopee dan Tokopedia ini!