Masalah kesehatan mental merupakan kondisi yang tak boleh lagi disepelekan. Menurut data dari Who – diperkirakan ada lebih dari 300 juta orang, baik muda maupun dewasa yang imunitas tubuh yang menurun.

Perlu diketahui, depresi diartikan sebagai gangguan suasana hati yang ditandai dengan adanya rasa sedih, kehilangan minat untuk melakukan hal yang disukai, bahkan rasa lelah – atau kehilangan energi secara terus-menerus. Kondisi kesehatan mental ini dapat disertai dengan adanya perasaan rendah diri, kurang konsentrasi, merasa tidak berharga, atau selalu merasa bersalah.

Selain itu, depresi juga dapat menyebabkan timbulnya gangguan pada napsu makan, serta pola tidur yang berubah drastis. Perlu diwaspadai – kondisi tersebut tak boleh dibiarkan begitu saja, karena akan ada banyak dampak buruk yang mungkin dialami.

 

 

Kesehatan Mental Termasuk Depresi: Efek Negatif yang Bisa Dialami

Credit Image - ciputrahospital.com

Seperti yang sudah disebutkan di atas, depresi tak hanya menyebabkan masalah kesehatan mental saja, lho. Namun, depresi juga membawa dampak negatif bagi kesehatan fisik karena dapat menyebabkan penurunan daya tahan tubuh. Dengan demikian, penderitanya akan lebih mudah terserang berbagai macam penyakit.

Menyangkut hal tersebut, sebuah penelitian yang dilakukan di Ohio State University mendapatkan hasil bahwa orang dengan tingkat stres yang tinggi dan mengalami depresi memiliki respons peradangan yang berbeda. Peneliti mengatakan bahwa mekanisme terjadinya hal itu masih belum diketahui pasti hingga saat ini.

Meski demikian, psikolog dan salah satu peneliti yang terlibat dalam uji tersebut menyebutkan kalau tubuh dapat menunjukkan respons yang bervariasi, bahkan terkait hal yang dilakukan sehari-hari. Ini tergantung dari apakah individu tersebut mengalami depresi atau tidak.

Tapi yang pasti, masalah kesehatan mental tersebut, baik depresi maupun yang lainnya – dapat menyebabkan terjadinya perubahan dalam jangka panjang pada sistem kekebalan tubuh manusia.

Penelitian lain pun mengungkapkan bahwa orang yang mengalami gangguan kesehatan mental, seperti depresi cenderung memiliki keterbatasan dalam melakukan aktivitas, kehidupan sosial, dan pekerjaan sehari-hari. Bahkan jika terjadi secara berkelanjutan, depresi juga dapat meningkatkan risiko terjadinya sejumlah kondisi, yaitu:

  • Perubahan berat badan
  • Badan lemas dan kelelahan kronis
  • Penyakit jantung dan stroke

 

Yuk, Segera Atasi Gangguan Kesehatan Mental!

Credit Image - indomedia.com.au

Depresi terbukti memiliki berbagai dampak buruk, baik bagi kesehatan mental maupun kesehatan fisik. Oleh karena itu, jika kamu maupun orang terdekat ada yang mengalami kondisi tersebut – berikut ini tips yang dapat dilakukan, di antaranya:

  • Cari tahu penyebab utama depresi yang dialami, dan segera temukan jalan keluarnya.
  • Sempatkan waktu untuk bercerita tentang masalah apa pun yang membebani dengan keluarga atau kerabat paling dekat.
  • Lakukan hobi atau aktivitas favorit kamu. Jika perlu, lakukanlah hobi ambil berlibur.
  • Dekatkan diri dengan Sang Pencipta, baik dengan beribadah, berdoa, atau sekadar merenung.
  • Periksakan diri ke dokter atau psikiater.

 

Jangan Lupa, Tetap Jaga Kesehatan Fisik Juga Ya

Credit Image - cnnindonesia.com

Memang, menjaga kesehatan mental, atau segera mengatasi gangguan yang sedang dialami – penting dilakukan. Meski demikian, jangan sampai kamu melupakan soal kesehatan fisik, lho! Sebab, daya tahan tubuh yang kuat merupakan kunci utama dalam menjaga tubuh tetap fit dan bugar, terlebih di masa pandemi.

Untuk itu, cobalah terapkan berbagai kebiasaan sehat yang dapat bantu mengoptimalkan kinerja imun tubuh. Apa saja hal yang bisa dilakukan? Kamu bisa memulainya dengan rutin mengonsumsi multivitamin.

Untuk multivitamin yang direkomendasikan, kamu bisa konsumsi Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap – dan baik untuk kesehatan tubuh!

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Selain itu, kandungan Vitamin B Kompleks – dapat optimalkan metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi dapat diubah menjadi energi untuk beraktivitas seharian. Jadi, kamu bisa makin produktif nih.

Minum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg dan dapat berikan perlindungan ekstra bagi tubuh!

 

Dari penjelasan di atas, sudah dapat dipastikan bahwa deteksi dan penanganan dini terhadap masalah kesehatan mental merupakan hal yang penting dilakukan, sehingga berbagai risiko buruk dapat segera diatasi.

Jadi, jangan biarkan depresi menurunkan kualitas kesehatan tubuh, termasuk mengganggu hidupmu ya!

 

 

Featured Image - facesia.com