Biasanya, ketika sedang merasa lelah, maupun stres – menyalakan televisi, atau rebahan merupakan salah satu kegiatan yang paling sering dilakukan. Apakah kamu juga menerapkan hal serupa? Padahal, kedua aktivitas tersebut, terutama menonton televisi justru tidak banyak mengurangi rasa stres, lelah, dan cemas yang kamu rasakan, lho.

Lalu, apa sih cara yang lebih direkomendasikan untuk meredakan stres? Langkah paling tepat, yaitu dengan mengaktifkan respons relaksasi alami dalam tubuh. Untuk mencapainya, kamu dapat melakukan sejumlah aktivitas yang bersifat menenangkan – jadi, kamu pun cepat merasa lebih tenang.

Nah, untuk kamu yang ingin mencoba berbagai teknik relaksasi – yang ampuh untuk meredakan stres dan rasa cemas, ada sejumlah cara yang direkomendasikan, nih. Penasaran bagaimana saja cara tersebut?

Dilansir dari Harvard Health Publishing, berikut ini 5 teknik relaksasi yang bisa kamu lakukan. Simak sampai habis ya!

 

 

Fokus Bernapas, Teknik Relaksasi Sederhana Namun Efektif

Credit Image - lifestyle.kompas.com

Cara relaksasi pertama, yang sudah pasti mudah dilakukan, namun tetap efektif – yaitu, fokus bernapas. Untuk melakukannya, kamu harus mengambil napas panjang, tapi harus lambat dan dalam ya. Teknik yang satu ini dikenal sebagai pernapasan perut. Dan, ketika bernapas – cobalah lepaskan pikiran atau sensasi yang mengganggumu.

Tak hanya rasa stres – dan dijadikan sebagai teknik relaksasi saja, namun fokus bernapas juga bisa membantu orang dengan gangguan makan, lho. Sehingga, mereka pun dapat lebih fokus terhadap tubuhnya dengan cara yang positif.

Namun perlu diketahui, teknik ini mungkin tidak sesuai untuk kamu yang memiliki masalah kesehatan yang membuat sulit bernapas, seperti penyakit pernapasan atau gagal jantung. Jadi, perhatikan poin yang satu ini ya!

 

Teknik Pemindaian Tubuh Juga Bisa Dilakukan

Selanjutnya, teknik relaksasi juga bisa dilakukan dalam bentuk pemindaian tubuh. Cara yang satu ini memadukan fokus napas dengan relaksasi otot progresif, lho. Nah, setelah bernapas dalam beberapa menit, kamu harus fokus pada satu bagian tubuh – atau kelompok otot sekaligus.

Setelah itu, lepaskan ketegangan fisik yang kamu rasakan. Pemindaian tubuh merupakan cara relaksasi yang juga bisa membantu meningkatkan kesadaran mengenai koneksi pikiran dan tubuh. Misalnya, ketika usai menjalani operasi yang mungkin bisa memengaruhi image tubuh – teknik yang satu ini mungkin dapat membantu mengurangi rasa tidak PeDe akan hal tersebut.

 

Tenangkan Pikiran dan Lakukan Meditasi

Credit Image - alodokter.com

Setiap orang pasti membutuhkan memori yang menenangkan, tempat, maupun pengalaman dalam pikiran yang bisa membantumu tetap rileks dan fokus. Tapi, bagaimana kalau lupa – atau sulit untuk mengingat hal tersebut? Bisa mencari aplikasi, atau rekaman online dari adegan yang menenangkan ya.

Teknik relaksasi yang satu ini akan membantu membuat pikiran lebih tenang, sekaligus memperkuat pikiran positif terhadap diri sendiri, lho. Latihan yang juga disebut meditasi ini, melibatkan duduk dengan nyaman, fokus pada pernapasan, dan alihkan ke pikiran dengan suasana tenang.

Cara relaksasi dengan meditasi juga dianggap efektif bagi orang yang memiliki gangguan kecemasan, depresi, dan rasa sakit tertentu.

 

Latihan Yoga yang Juga Bermanfaat Untuk Kesehatan

Nah, cara relaksasi yang satu ini juga paling sering dilakukan, nih. Apakah kamu juga penggemar yoga? Latihan tersebut menggabungkan pernapasan berirama dengan serangkaian postur – atau gerakan yang mengalir. Aspek fisik dari yoga – akan memberikan fokus mental, yang berperan untuk membantu mengalihkan perhatian dari pikiran yang mengganggu.

Selain itu, latihan yoga juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh, meningkatkan fleksibilitas, serta keseimbangan tubuh. Meski demikian, orang yang cenderung kurang aktif, memiliki masalah kesehatan, atau dalam kondisi yang menyakitkan – mungkin sulit untuk melakukan teknik relaksasi ini.

 

Efek Relaksasi Bisa Diperoleh Dengan Konsumsi Vitamin B Kompleks, Lho

Credit Image - doktersehat.com

Tahukah kamu bahwa Vitamin B Kompleks dapat memberikan efek relaksasi, termasuk meningkatkan suasana hati? Dari kedelapan jenis Vitamin B, terdapat empat macam yang benar berpengaruh pada mood seseorang.

Yang pertama, ada Vitamin B3 – yang berperan dalam produksi serotonin, yaitu sebuah neurotransmiter yang memungkinkan sel otak dan sel saraf lainnya berkomunikasi. Jika kadar serotonin terlalu rendah, seseorang menjadi lebih mudah stres dan depresi.

Dalam kata lain – kekurangan vitamin B3 dapat mengganggu kadar serotonin dalam tubuh dan berdampak pada suasana hati.

Kemudian, ada pula Vitamin B6 yang juga dapat dapat memelihara kesehatan fungsi saraf. Hal ini juga seringkali dikaitkan dengan gangguan mental, termasuk depresi. Vitamin ini memiliki peran untuk metabolisme estrogen – yang berdampak pada mood.

Vitamin B12 juga dikenal sebagai nutrisi yang dapat bantu meningkatkan suasana hati dan energi positif di dalam tubuh. Hal ini juga dibenarkan oleh seorang Naturopath di Metro Integratate Pharmacy, Sally Warren, yang menyebutkan bahwa memenuhi kebutuhan Vitamin B12, dapat mempertahankan energi baik dalam tubuh.

Dan, yang terakhir ada pula Vitamin B9 dapat bantu memiliki peran dalam mengatur suasana hati seseorang. Instruktur Kesehatan Nutrisi, Kerri Axelrod mengatakan bahwa banyak orang yang mengalami depresi – disebabkan oleh kurangnya kadar vitamin B12 dan vitamin B9.

Asupan Vitamin B Kompleks bisa dipenuhi dengan mengonsumsi sejumlah sumber makanan. Namun, lebih mudahnya – kamu dapat memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks dengan minum multivitamin, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Enervon-C tablet mengandung sejumlah vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk daya tahan yang baik. Beberapa multivitamin itu adalah Vitamin C 500 gram, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat.

Kamu juga bisa mengonsumsi Enervon-C Effervescent yang memiliki kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg – dan tentunya bisa memberikan perlindungan ekstra bagi tubuh.

Dan, bagimu yang punya aktivitas padat, direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuh.

Yang pasti, Enervon-C dan Enervon Active dapat mengoptimalkan proses metabolisme tubuh. Ini berkaitan dengan kandungan vitamin B kompleks yang dapat mengubah makanan jadi energi untuk beraktivitas.

Tak ketinggalan, seperti yang sudah dijelaskan di atas, kedua multivitamin tersebut memiliki kandungan vitamin B yang dapat meningkatkan suasana hati alias mood booster, sehingga stres dan cemas dapat teratasi.

 

Nah, itulah sejumlah teknik relaksasi yang bisa kamu lakukan untuk redakan rasa stres. Jadi, kamu tertarik melakukan cara yang mana dahulu nih?

 

 

Featured Image - akurat.co