Di masa pandemi Covid-19 – keluhan cemas maupun khawatir sepertinya kerap dialami sebagian besar orang. Cemas sendiri merupakan respons tubuh ketika menghadapi suatu masalah. Jika terjadi dalam batas wajar – cemas wajar dialami kok.

Meski demikian, yang wajib diwaspadai – yaitu ketika rasa cemas sudah berlebihan, bahkan mengganggu kondisi kesehatan dan aktivitas sehari-hari. Sebab, hal ini dapat beubah menjadi suatu kondisi kompleks, seperti gangguan kecemasan.

Ketika kamu mengalami gangguan kecemasan, tubuh menjadi mudah lelah dan sulit untuk berkonsentrasi. Belum lagi, sejumlah masalah kesehatan bisa terjadi – termasuk menurunnya sistem imunitas.

Lalu, apa saja tanda gangguan kecemasan? Dan apa pengaruhnya terhadap imunitas tubuh? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

Gangguan Kecemasan: Deretan Kondisi yang Mungkin Dialami

Credit Image - lokadata.id

Saat ini, ada berbagai gangguan kecemasan yang bisa saja dialami. Adapun sejumlah kondisi tersebut, yaitu:

  • Gangguan cemas menyeluruh
  • Gangguan panik
  • Fobia – agoraphobia/fobia keramaian, atau fobia ruang tertutup
  • Gangguan stres pasca trauma (PTSD)
  • Gangguan cemas sosial (fobia bersosialisasi)
  • Gangguan kepribadian obsesif kompulsif

 

Gejala Kecemasan yang Mesti Diperhatikan

Credit Image - halodoc.com

Gangguan kecemasan memiliki pengaruh yang cukup buruk terhadap kesehatan tubuh. Oleh karena itu, kamu mesti waspada dengan berbagai gejalanya ya! Berikut ini beberapa tanda fisik yang menunjukkan kamu mengalami gangguan tersebut:

  • Jantung berdetak kencang

    Jantung yang berdegup kencang menandakan kondisi kecemasan. Ketika kamu merasa tertekan, tubuh akan menghasilkan hormon adrenalin dan kortisol – sehingga, reseptor dalam hati bereaksi mempercepat detak jantung.Semakin cepat detak jantung, maka makin gugup pula dirimu – bahkan, tak jarang sering bertindak di luar kontrol.
  • Sesak napas

    Respons stres dapat meningkatkan kecepatan aliran darah ke seluruh tubuh, sehingga kamu bernapas lebih cepat dan membutuhkan kadar oksigen yang lebih tinggi.
  • Lelah Terus Menerus

    Rasa lelah yang terus-menerus dirasakan merupakan tanda umum gangguan kecemasan, lho. Hormon stres dapat membuat kondisi tubuh menjadi lebih tegang, sehingga tubuh pun lebih mudah lelah. Hati-hati, hal ini bisa menyebabkan gangguan tidur.
  • Mudah Kaget dan Gemetar

    Gemetar dan gampang kaget – bisa menjadi efek dari gangguan kecemasan. Kondisi tubuh yang terus waspada menjadi penyebab dirimu mudah terkejut, sekalipun hanya dicolek perlahan oleh orang lain.

 

Pengaruhnya Terhadap Imunitas Tubuh

Credit Image - kompas.com

Beberapa orang yang mengalami gangguan kecemasan – terkadang lebih sering sakit, lho. Hal ini disebabkan oleh sistem imunitas yang tidak berfungsi dengan baik selama cemas terus dirasakan.

Gangguan kecemasan yang dialami dapat memicu respons stres, sehingga otak melepaskan banyak bahan kimia dan hormon – termasuk adrenalin. Kondisi ini dapat meningkatkan denyut nadi dan laju pernapasan, jadi otak pun mendapat oksigen lebih banyak.

Kondisi tersebut memang terjadi ketika kamu merasa cemas atau khawatir – namun, jika gangguan kecemasan terus dirasakan, tubuh pun sulit mengetahui kapan harus kembali berfungsi normal. Akhirnya, imunitas tubuh melemah.

Untuk itu, sebaiknya kelola rasa cemas dengan baik ya. Lalu, imbangi dengan gaya hidup sehat lainnya – seperti mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan rutin berolahraga.

Jangan lupa, lengkapi hidup sehatmu dengan rutin minum multivitamin lengkap, seperti Enervon-C!

Enervon-C tablet mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Buat kamu yang ingin perlindungan ekstra, bisa konsumsi Enervon-C Effervescent – yang mengandung Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg!

Wah, sudah cukup jelas ya ulasan mengenai tanda gangguan kecemasan – sekaligus dampaknya pada kesehatan tubuh? Yuk, selalu waspada dengan kondisi tersebut, kenali gejalanya, dan atasi dengan langkah tepat!

 

 

Featured Image - jovee.id