Istilah makan 4 sehat 5 sempurna pasti sudah tidak asing di telinga semua orang. Menu makan yang terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayuran, dan buah- buahan ditambah susu, sudah diperkenalkan sejak lama. Namun, sekarang hal tersebut dianggap sudah tidak memenuhi perkembangan dan pemenuhan gizi manusia saat ini.

Oleh karena itu, prinsip 4 Sehat 5 Sempurna sudah diganti dengan Pedoman Gizi Seimbang. Perbedaan antara keduanya adalah, pada Pedoman Gizi Sehat konsumsi makanan sehari- hari harus mengandung zat gizi dalam jenis dan porsi yang sesuai dengan kebutuhan setiap orang.

Dalam Pedoman Gizi Seimbang, disebutkan 4 poin yang harus dijalani agar kebutuhan gizi terpenuhi, yaitu:

1. Mengonsumsi makanan beragam

Credit: guardian.ng

Dalam makanan tertentu terdapat sumber gizi yang tidak dikandung pada makanan lain. Misalnya, ikan mengandung banyak protein tapi sedikit kalori, sedangkan buah dan sayur kaya akan serat, vitamin, dan mineral namun sedikit protein dan kalori.

Apakah hal ini sama dengan 4 Sehat 5 Sempurna? Jika dilihat memang sama, namun Pedoman Gizi Sehat menekankan bahwa makanan- makanan tersebut harus dikonsumsi dalam porsi yang sesuai, seperti:

  • Lauk pauk 2-4 porsi
  • Buah-buahan 2-3 porsi
  • Sayuran 3-4 porsi
  • Makanan pokok 3-4 porsi
  • Air putih 8 gelas

2. Biasakan perilaku hidup bersih

Credit: classlifestyle.com

Hidup bersih berhubungan dengan kondisi gizi seseorang. Kuman dan bakteri dapat menyebabkan seseorang terinfeksi penyakit. Dan hal ini dapat menurunkan nafsu makan dan berpengaruh pada kurangnya gizi yang dikonsumsi.

Jadi, biasakan mencuci tangan dengan sabun sebelum makan, tutup makanan agar tidak dihinggapi lalat, dan selalu memakai alas kaki ketika keluar rumah,

3. Melakukan aktivitas fisik

Credit: hallaminternet.com

Olahraga merupakan salah satu upaya untuk menyeimbangkan energi yang masuk dan yang keluar. Aktivitas fisik yang disarankan tidak harus berupa olahraga berap, tetapi yang terpenting adalah menjaga tubuh agar aktif bergerak, seperti rajin berjalan, rutin melakukan senam ringan, atau aktivitas sederhana seperti menyapu lantai.

4. Memantau berat badan

Credit: labmanager.com

Salah satu cara mudah untuk mengetahui berat badan ideal adalah tercapainya berat badan normal, yaitu berat badan yang sesuai dengan tinggi badan. Indicator ini dikenal dengan nama Indeks Massa Tubuh (IMT). Dengan mengetahui IMT dan rutin memantau berat badan, kamu akan lebih mudah melakukan tindakan pencegahan atau pengobatan jika ada yang tidak benar dari pola makan atau gaya hidup.

 

Nah, sepertinya tidak sulit ya untuk menjalankan keempat poin tersebut. Tantangan gaya hidup saat ini adalah minim gerak dan makanan yang serba instan, namun pilihan tetap kembali ke masing- masing orang.

Lakukan perubahan sedikit demi sedikit, tapi tetap rutin dan konsisten. Dan untuk melengkapi gaya hidup sehatmu, selalu minum vitamin C dari Enervon yang dapat bantu menjaga daya tahan tubuh kamu. 

 

 

Featured Image - beko.com.au