Vitamin adalah salah satu zat gizi yang sangat penting bagi tubuh, terutama dalam mengembalikan serta menambah stamina. Sayangnya, vitamin tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh dan harus didapatkan dari luar atau dari makanan yang dikonsumsi. Itulah kenapa banyak orang dengan aktivitas padat setiap hari kerap memperhatikan sumber vitamin penambah stamina terbaik.

Tidak hanya satu, tapi tubuh membutuhkan setidaknya 13 jenis vitamin agar organ tubuh dapat bekerja dan berfungsi dengan baik. Manfaat dari semua jenis vitamin tersebut juga berbeda-beda namun sama pentingnya. Mulai dari membantu perbaikan sel tubuh yang rusak, memproduksi hormon tertentu, mendukung tumbuh kembang badan, meningkatkan daya tahan tubuh, hingga menambah stamina tubuh seharian. Simak ulasan lengkap vitamin penambah stamina yang perlu kamu lengkapi berikut.

Tubuh Kamu dan Vitamin Penambah Stamina

Stamina tubuh yang baik membuat kamu dapat beraktivitas lebih banyak dan lebih lama. Tentu saja lebih lama yang dimaksud adalah tubuh mampu menjalankan beragam aktivitas dengan performa tinggi dengan jumlah istirahat yang sama dengan orang pada umumnya. Sebagai ilustrasi, seseorang dengan stamina tubuh yang tinggi mampu bekerja dari jam 9 pagi hingga pukul 5 sore. Kemudian dilanjutkan dengan olahraga, melakukan hobi, membersihkan rumah, atau kegiatan lain hingga pukul 9 malam. Jadi, orang tersebut dikatakan mampu menjaga stamina tubuhnya seharian dengan baik.

Sayangnya, terdapat beberapa hal yang membuat seseorang sering mengalami penurunan stamina. Mulai dari mengonsumsi makanan dan minuman berlemak tinggi dan tinggi gula memengaruhi kondisi tubuh. Sehingga tidak jarang ia akan mencari vitamin penambah stamina agar semua aktivitas tersebut dapat terlalui dengan baik.

Tidak hanya untuk menjaga stamina dan tenaga selama kegiatan. Vitamin penambah stamina juga mendukung sistem kekebalan tubuh dalam menangkal radikal bebas, virus, dan bakteri pembawa penyakit. Sehingga mengonsumsi makanan yang menjadi sumber vitamin penambah stamina sangat disarankan.

 

Jenis Vitamin Penambah Stamina

1. Vitamin C

Vitamin C sendiri berperan sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas yang berpotensi menjadi patogen pembawa penyakit. Sedangkan ketika dikombinasikan dengan nutrisi lain, vitamin C menjadi penyusun pembentukan kolagen. Dengan produksi kolagen yang cukup, otot dan sendi akan lebih kuat dan lebih cepat diperbaiki. Orang dewasa membutuhkan setidaknya 75-90 mg vitamin C setiap hari, bahkan lebih banyak 30 mg bagi perempuan hamil dan menyusui serta perokok. Beberapa makanan yang tinggi akan vitamin C adalah jambu biji, jeruk, stroberi, brokoli, paprika, serta buah dan sayur dengan warna cerah lainnya.

2. Vitamin B Kompleks (B1, B2, B3, B5, B6, B8, B9, B12)

Meski terdiri dari 8 jenis, secara umum vitamin B kompleks saling mendukung proses metabolisme, yaitu rangkaian untuk mengubah makanan menjadi energi. Memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks berarti mendukung proses produksi energi dan menjaga stamina sepanjang hari. Bahkan vitamin B12 mampu menjaga sel darah dan saraf tetap sehat. Beberapa makanan yang mengandung vitamin B kompleks adalah bahan pangan hewani, biji-bijian, hingga sayuran hijau.

3. Zat Besi

Zat besi atau iron merupakan mineral penting yang dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah sekaligus dalam memproduksi energi. Dengan sel darah merah yang cukup maka asupan oksigen untuk otot, otak, dan organ tubuh lain menjadi lebih lancar. Kekurangan zat besi bisa memicu anemia dan gejalanya dimulai dari lemah, letih, dan tidak berenergi. Setiap orang membutuhkan setidaknya 17 mg zat besi setiap hari. Makanan dengan kandungan zat besi yang tinggi adalah daging merah, ayam, telur, seafood, dan lain-lain.

4. Magnesium

Mineral berikutnya adalah magnesium, mikronutrien yang mendukung fungsi otot dan sistem saraf. Selain itu, magnesium juga berperan penting dalam terjadinya komunikasi antar jaringan dan organ dalam tubuh. Beberapa gejala kekurangan magnesium adalah kelelahan, kehilangan nafsu makan, hingga kram dan mual. Contoh makanan tinggi magnesium adalah sayuran berwarna hijau tua, kacang-kacangan, susu, dan yogurt.

5. Zinc

Zinc berinteraksi dengan banyak enzim sehingga membentuk sistem antioksidan yang kuat. Selain itu, zinc juga sangat krusial dalam pembentukan energi melalui metabolisme. Sehingga mineral ini populer bagi para atlet untuk mempertahankan stamina dan mencegah gangguan fungsi otot. Beberapa makanan tinggi zinc adalah daging, biji-bijian, kacang-kacangan, produk olahan susu, dan masih banyak lagi lainnya.

Sumber Vitamin Penambah Stamina

Secara garis besar, sumber vitamin penambah stamina berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari. Ketika kamu memiliki pola makan teratur dan memilih asupan bergizi lengkap, maka tubuh akan mendapatkan nutrisi dengan cara alami. Sayangnya porsi makan seseorang setiap kali makan dalam satu hari belum tentu mampu mencukupi kebutuhan vitamin harian tubuh. Selain gaya hidup, situasi dan kondisi tertentu mengharuskan seseorang memenuhi kebutuhan vitaminnya secara medis, yaitu dengan mengonsumsi suplemen atau vitamin penambah stamina.

Enervon Sebagai Pilihan Vitamin Penambah Stamina Terbaik

Indikator yang harus diperhatikan dalam memilih vitamin penambah stamina bisa kamu lihat dari kandungan yang ada di dalamnya. Kemudian sesuaikan bentuk vitamin tersebut dengan selera dan favorit kamu. Bagi sebagian orang, bentuk tablet dan effervescent menjadi populer karena mudah dikonsumsi sehari-hari. Simak alasan Enervon Active menjadi salah satu pilihan vitamin penambah stamina terbaik berikut ini.

1. Kandungan yang Dimiliki

Produk Enervon memang bervariasi namun kandungan yang dimilikinya secara garis besar terdiri dari vitamin C, vitamin B kompleks, serta mineral zinc. Lebih detailnya adalah sebagai berikut: vitamin C (500 mg), B1 (50 mg), B2 (25 mg), B6 (10 mg), B12 (0,005 mg), kalsium pantotenat (20 mg), niacinamide (50 mg), dan mineral zinc (10 mg). Semua jenis vitamin ini berperan langsung dalam proses pembentukan energi tubuh. Sehingga keperluan menambah stamina bisa kamu dapatkan hanya dalam mengonsumsi satu tablet Enervon Active, terutama untuk kamu yang aktif bekerja seharian.

2. Bahan yang Digunakan

Bahan yang digunakan oleh Enervon bersifat alami dan ramah bagi tubuh meski dikonsumsi setiap hari. Enervon Active menggunakan bahan vitamin C non-acidic yang aman bagi lambung dengan kadar oksalat yang rendah sehingga tidak menyebabkan gangguan ginjal. Bahan ini juga aman bagi kamu yang memiliki lambung sensitif.

3. Dosis Cukup dan Tidak Berlebih

Setiap tubuh manusia tidak disarankan mengonsumsi vitamin C dengan dosis 2000 mg per hari. Selain menyebabkan efek samping seperti masalah pencernaan, dosis berlebih juga hanya akan dibuang oleh tubuh melalui urine dan feses. Itulah kenapa komposisi vitamin perlu diperhatikan. Produk ini memiliki kandungan dengan komposisi dosis yang cukup dan masih dalam batas sangat aman untuk mendukung kamu memenuhi kebutuhan multivitamin dan mineral harian seperti yang sudah disebutkan di atas.

4. Tersedia Beragam Varian Kemasan

Produk Enervon Active hadir dalam dua jenis kemasan untuk memudahkan kamu mengaksesnya. Kemasan strip isi 4 tablet cocok untuk kamu yang lebih sering berkegiatan di luar ruangan. Mudah dibawa saat business trip, kerja lapangan, maupun outing kantor. Sedangkan kemasan botol isi 30 tablet cocok untuk kamu yang bekerja di kantor atau di rumah. Dapatkan semua produk asli dan promo menarik Enervon Active dengan mengunjungi Tokopedia atau Shopee Enervon sekarang juga.

Referensi:

  1. Nicole Gregory. 2024. Best Vitamins And Supplements For Energy In 2024. Diakses dari https://www.forbes.com/health/supplements/best-vitamins-for-energy/
  2. Anne Laure Tardy, dkk. 2020. Vitamins and Minerals for Energy, Fatigue and Cognition: A Narrative Review of the Biochemical and Clinical Evidence. Diakses dari https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7019700/