Hampir semua orang pasti ingin mendapat pekerjaan sampingan yang dapat memberikan pemasukan tambahan. Bertambahnya kebutuhan membuat banyak orang berlomba- lomba untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Meskipun penghasilan kamu sudah cukup untuk biaya setiap bulan, tapi bukan berarti kamu tidak membutuhan pekerjaan sampingan. Karena, pekerjaan sampingan ini memiliki banyak manfaat penting, lho. Berikut ini ulasannya.

1. Semakin banyak sumber penghasilan, semakin besar peluangmu untuk menabung dan berinvestasi

Credit: cheatsheet.com

Jika gaji dari pekerjaan utamamu hanya cukup untuk kehidupan sehari- hari, maka saatnya kamu mencari pekerjaan sampingan untuk ditabung atau dijadikan sebagai investasi. Karena dengan melakukan hal ini, kamu akan semakin mandiri dalam hal finansial.

2. Memanfaatkan waktu senggang agar semakin produktif

Credit: trueassisting.com

Setelah pulang kerja atau di akhir pekan, kamu pasti memiliki banyak waktu luang, dan ini bisa kamu gunakan untuk lebih produktif lagi. Misalnya, gunakan waktu tersebut untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Meskipun pekerjaan sampingan, tapi yang kamu kerjakan harus yang kamu sukai, ya. Jadi kamu tidak akan terasa terbebani dan tidak merasa terlalu lelah.

3. Mengajarkan untuk bisa mengatur waktu dengan baik

Credit: labmanager.com

Menyibukkan diri dengan pekerjaan atau tugas lainnya, secara tidak langsung mengajarkanmu untuk bisa mengatur waktu dengan baik. Karena kegiatan yang cukup padat, maka kamu akan selalu membuat jadwal kegiatan dan tidak akan membuang waktumu dengan sia- sia. Dan jika kamu memiliki waktu kosong, kamu pasti akan menggunakannya dengan hal yang lebih bermanfaat atau beristirahat.

4. Mendapatkan pengalaman dan kemampuan lebih

Credit: moneycrashers.com

Memiliki pekerjaan sampingan akan membuatmu memiliki pengalaman dan kemampuan yang lebih luas. Kamu akan lebih mampu membagi waktu dengan baik, dan pengalaman pun akan bertambah karena luasnya jaringan atau networking. Apalagi, jika pekerjaan sampinganmu cukup bertolak belakang dengan pekerjaan utamamu. Pasti pengetahuan dan wawasan kamu akan semakin luas.

5. Bisa menutupi pengeluaran tambahan yang tidak terduga

Credit: youngadultmoney.com

Setiap bulan kamu pasti memiliki pengeluarkan yang tidak terduga. Untuk menutupi pengeluaran ini, kamu harus memiliki pekerjaan sampingan. Jadi, nantinya kamu tidak akan kebingungan lagi saat ada pengeluaran mendadak.

6. Mampu menghadapi kenyataan masa depan yang belum diketahui

Credit: economictimes.indiatimes.com

Kita tidak akan bisa mengetahui bagaimana masa depan. Mungkin saja beberapa bulan kedepan kamu tidak akan bekerja lagi di tempat sekarang ini. Jadi, cara untuk mengantisipasi kejadian ini adalah dengan memiliki pekerjaan tambahan.

Meskipun kamu berhenti dari tempat bekerjamu sekarang, kamu tidak akan kebingungan dengan pengeluaranmu. Meskipun pendapatannya tidak sebanding dengan pekerjaan utamamu, tapi hal ini jelas sangat membantu.

7. Menyalurkan ide- ide yang sulit diungkapkan di tempat kerja utamamu

Credit: hbr.org

Jika kamu memiliki ide atau hobi yang belum bisa disalurkan di tempat kerja utamamu, saatnya untuk mencari pekerjaan sampingan yang bisa menyalurkan ide- ide tersebut. Apalagi kalau pekerjaan sampingan ini merupakan hobi atau hal yang kamu sukai.

 

Memiliki pekerjaan sampingan adalah solusi yang baik untuk beberapa hal. Jadi, yuk coba cari pekerjaan sampingan untukmu dari sekarang.

 

 

 

Featured Image - businessinsider.sg