Kegiatan berlibur ke tempat wisata seru harus bisa dirasakan oleh semua orang. Tujuan tersebut yang ingin dicapai oleh beberapa kota di Indonesia. Salah satu aksi nyatanya adalah dengan menyediakan destinasi wisata yang memudahkan penyandang disabilitas menikmati beragam fasilitas. Sudah banyak tempat wisata ramah disabilitas yang tak kalah cantik dan menyenangkan untuk dikunjungi. Simak beberapa daftarnya berikut ini.

Sebelum masuk dalam inti pembahasan, perlu diketahui bahwa pemerintah telah mendukung pengadaan sarana prasarana yang bisa digunakan oleh semua wisatawan. Mulai dari akses antar bagian dalam satu lokasi wisata (ramp), tempat ibadah, hingga kamar mandi juga diperhatikan. Kamu tak perlu khawatir mengajak rombongan keluarga atau teman difabel untuk jalan-jalan. Mari mengunjungi beberapa tempat wisata di bawah ini.

Tempat Wisata Ramah Disabilitas Keren dan Penuh Keseruan

1. Monumen Nasional

Sumber: Wikipedia

Populer disebut sebagai Monas, tempat wisata yang sangat ikonik ini terletak di tengah kota Jakarta. Selain bangunan monumen yang menjulang tinggi dan megah, destinasi ini juga menawarkan wisata sejarah dalam beragam atraksi. Mulai dari relief timbul yang menampilkan cerita Gadjah Mada hingga Museum Sejarah Nasional dengan koleksi dioramanya. Bahkan kamu juga bisa menikmati pemandangan kota Jakarta dari ketinggian melalui Pelataran Puncak dan Api Kemerdekaan. Tidak hanya komplek yang ramah bagi pengguna kursi roda, pengunjung juga dapat meminjam kursi roda, menggunakan lift khusus, hingga kamar mandi untuk difabel juga telah disediakan.

2. Museum Gajah

Sumber: Wikipedia

Satu lagi dari Jakarta yang juga menawarkan wisata sejarah Indonesia, yaitu Museum Gajah. Sebagai bagian dari BLU Museum Nasional, Museum Gajah memiliki patung gajah hadiah dari Raja Chulalongkom Thailand dan menyimpan koleksi arca dari berbagai periode. Semua pengunjung dapat belajar tentang sejarah Indonesia, termasuk difabel tunanetra melalui penjelasan dengan huruf braille. Tempat wisata edukasi yang seru dan sayang untuk dilewatkan.

3. Fairy Garden

Sumber: Google/Fairy Garden by The Lodge

Mari beralih ke kota Bandung dan destinasi pertama adalah Fairy Garden. Objek wisata dengan konsep negeri dongeng ini cocok sekali dikunjungi bersama anak-anak. Tidak hanya bangunan bertema yang unik dan penuh warna, pengunjung juga dapat mengikuti keseruan mendengarkan dongeng, memberi makan hewan, hingga aktivitas seni. Bahkan kamu juga bisa mencoba memecahkan teka teki labirin dan mengelilingi kebun bunga. Akses masuk, jalur khusus, hingga toilet khusus wisatawan difabel telah tersedia sehingga tak perlu khawatir sulit menikmati keseruan di sana.

4. Babakan Siliwangi

Sumber: Travel Kompas

Siapa bilang penyandang difabel tidak dapat menikmati keindahan alam yang masih murni? Babakan Siliwangi, Bandung menawarkan suasana hutan di tengah perkotaan. Dengan fasilitas forest walk yang dirancang datar, kamu bisa menikmati kawasan terbuka hijau yang sejuk dan rimbun, termasuk penyandang difabel. Jika beruntung, kamu bisa bertemu banyak jenis burung cantik yang tinggal di sana. Bahkan pada beberapa spot, terdapat sanggar seni dan budaya serta kawasan kuliner khas Bandung. Tempat wisata yang lengkap dan mengasyikkan, bukan?

5. Benteng Vredeburg

Sumber: Google/Benteng Vredeburg

Di Yogyakarta, tempat wisata ramah disabilitas dengan wisata sejarah kolonial yang kental ini harus kamu kunjungi. Benteng Vredeburg menyimpan diorama dan benda bersejarah yang menceritakan perjuangan pahlawan nasional melawan Belanda. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menyaksikan koleksi lukisan dan foto yang menyimpan banyak cerita. Selain jalur khusus tunanetra, pengunjung juga dapat meminjam kursi roda gratis selama mengelilingi komplek.

6. Taman Pelangi Monjali

Sumber: Google/Waldi Nurhamsyah

Masih di Yogyakarta, tempat wisata keluarga yang seru sekaligus ramah difabel adalah Taman Pelangi Monjali. Terkenal seru dengan lampionnya yang penuh warna dan ukuran yang beragam, Monumen Yogya Kembali (Monjali) banyak dikunjungi saat malam hari. Bahkan ada juga wahana permainan yang cukup menantang bagi kamu dan keluarga. Jangan khawatir, penyandang disabilitas sudah bisa menggunakan fasilitas khusus seperti ramp, akses masuk, dan toilet.

7. Taman Pintar

Sumber: Google/Wisata Jogja

Untuk kamu dan keluarga yang ingin menikmati wisata edukasi yang interaktif, maka Taman Pintar adalah jawabannya. Dengan beragam wahana interaktif dan edukatif bertemakan ilmu pengetahuan, anak-anak dapat mencoba langsung eksperimen seru di sana. Tidak hanya fasilitas umum dan akses yang mudah bagi pengunjung berkebutuhan khusus, pengelola juga menggratiskan tiket masuk untuk pelajar difabel. Sehingga pengunjung tidak perlu khawatir menjelajahi semua wahana di sana.

8. Batu Secret Zoo Jatim Park 2

Sumber: Google/Riska Ramadani

Malang, Jawa Timur juga tak kalah dalam hal menyediakan fasilitas difabel di berbagai tempat wisata. Destinasi pertama yang harus dikunjungi adalah Batu Secret Zoo yang masih termasuk dalam Jatim Park 2. Selain jalur khusus, pengelola juga menyediakan kursi roda yang bebas dan gratis dipinjam. Jadi ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) dapat menikmati beragam spot menarik, seperti Zona Nocturnal, Fantastic Akuarium, Area Savanah, Lemur Kingdom, hingga Tiger Land. Bahkan ada banyak permainan dan hiburan yang menawarkan pengalaman liburan yang berharga.

9. Museum Angkut

Sumber: Google/Hafla Lily

Siapa yang tak kenal dengan Museum Angkut? Objek wisata dengan tema alat transportasi bersejarah Indonesia dan dunia ini memiliki 300 kendaraan dari tahun ke tahun. Tidak hanya berfoto ria, kamu dan rombongan juga bisa menikmati beragam pertunjukan keren dengan tema yang tak jauh dari otomotif. Bahkan ada juga parade kostum yang menarik untuk ditunggu. Selain fasilitas difabel yang umum diberikan, pengelola juga menyediakan tim yang siap sedia membantu jika ada pengunjung difabel yang membutuhkan bantuan akses.

10. Taman Pinus Bendosari

Sumber: Google/Desita Anggraini

Malang juga menawarkan keseruan wisata alam lho. Bertempat di Taman Pinus Bendosari, kamu bisa menikmati hutan pinus dari ketinggian 1.200 mdpl. Selain jalan-jalan di sekitar hutan dan taman bunga di sana, objek wisata seluas 1 ha ini juga pernah menjadi tempat berkunjung bagi ratusan penyandang difabel dalam satu waktu. Jangan lupa pakai baju hangat ya selama di sini.

Liburan Aktif Bersama Enervon

Banyak sekali tempat wisata ramah disabilitas di Indonesia, bukan? Tidak hanya cantik dan menarik, destinasi tersebut juga menawarkan banyak aktivitas fisik yang sayang jika tidak dicoba. Untuk mendukung momen liburan lebih maksimal, pastikan kesehatan dan kebugaran tubuh terus terjaga. Enervon-C Effervescent adalah salah satu solusi tepat untuk dibawa ketika berlibur. Tidak hanya praktis dan mudah larut dalam air, kandungan multivitamin dan mineralnya juga mampu melengkapi kebutuhan harian tubuh. Jangan lupa persiapkan tips sehat liburan yang satu ini dengan mengaksesnya melalui Tokopedia atau Shopee resmi Enervon.