Salah satu kegiatan liburan yang seru dan menantang adalah berkemah atau camping. Tidak hanya menghabiskan momen menenangkan di lokasi paling dekat dengan alam, kegiatan ini juga mendekatkan kamu dengan keluarga atau teman yang ikut berkemah. Mulai dari memilih tempat, menuju lokasi berkemah, hingga membangun tenda, memiliki keseruannya masing-masing. Di Indonesia, Bogor menjadi salah satu daerah dengan banyak bumi perkemahan dan campsite yang menarik. Untuk membantu proses perencanaan kamu, ini daftar tempat camping di Bogor yang harus dicoba.

Rekomendasi Tempat Camping di Bogor

1. Pasar Angin Campsite

Tempat pertama yang direkomendasikan untuk camping di Bogor adalah Pasar Angin Campsite, tepatnya di Tugu Utara, Cisarua. Lokasi ini memungkinkan kamu berkemah di atas bukit dan berdampingan dengan kebun teh. Pemandangan khas dataran tinggi dan udara sejuk siap menyempurnakan suasana. Bahkan kamu dan teman-teman juga bisa outbond lho.

2. Gunung Geulis Campsite

Berikutnya ada Gunung Geulis Campsite yang berlokasi di Pandansari, Ciawi. Saat kamu berkemah di sini, pengelola menyiapkan daftar kegiatan seru yang bisa dilakukan. Mulai dari bersepeda, paragliding, panahan, jalan-jalan ke curug, hingga rafting. Paket lengkap yang sayang dilewatkan, bukan?

3. Golf Cibodas Camping Park

Berlokasi di Cimacan, Cipanas, tempat camping yang satu ini menawarkan peminjaman alat camping seperti sleeping bag dan alas tidur. Tidak hanya itu, pengunjung juga akan diajak menikmati indahnya Air Terjun Cibeureum hingga aktivitas outbond yang seru.

4. Gayatri Camp Puncak

Untuk lokasi yang satu ini, kamu bisa menghabiskan hari dengan latar belakang pemandangan Gunung Pangrango dan Gunung Salak yang keren dan memanjakan mata. Berlokasi di Citeko, Puncak Bogor, akses menuju tempat camping ini cukup menantang. Jadi persiapkan fisik dan perlengkapannya ya.

 

5. Highland Camp Curug Panjang

Sebagai salah satu tempat camping terbesar di Bogor, Highland Camp menawarkan lokasi strategis. Alasannya tentu saja karena aliran sungai dan beberapa air terjun yang mengelilinginya. Apalagi dengan rimbunnya pepohonan hutan hujan tropis di sekitarnya. Pemandangan malam harinya juga sangat indah dan menenangkan, cocok sekali melengkapi momen bersama keluarga dan teman-teman.

6. Pondok Kapilih Pancawati

Jika kamu ingin berkemah bersama teman sekelas atau tim di tempat kerja, maka Pondok Kapilih Pancawati adalah jawabannya. Fasilitas seperti api unggun dan peralatan kemah lengkap juga sudah disediakan. Bahkan kamu dan rombongan juga bisa rafting dan outbond ceria di sana.

7. D’Jungle Private Camp

Menawarkan fasilitas yang lengkap, kamu bisa menikmati liburan dengan konsep glamping di sini. Udara yang sejuk khas dataran tinggi beserta mandi air hangat bisa kamu dapatkan. Sedangkan kegiatan yang patut dicoba adalah hiking ke Air Terjun Kembar.

Tips Camping dengan Tubuh Berstamina

Persiapan lain selain memilih tempat camping di Bogor adalah tubuh yang sehat dan berstamina. Pasalnya setiap lokasi menuntut pengunjung yang datang untuk setidaknya berjalan kaki pada suhu yang cukup rendah. Selain itu, camping juga identik dengan terbatasnya alat masak. Jadi bekal apa yang dibawa akan menentukan asupan nutrisi yang masuk dalam tubuh. Tentu saja hal ini akan memengaruhi stamina kamu dan rombongan, bukan? Simak tips yang perlu diperhatikan berikut ini.

1. Persiapkan Beberapa Trik Menghangatkan Tubuh

Selain membawa baju dan celana dengan bahan yang hangat, aksesoris lain seperti topi dan syal bisa mencegah suhu badan bagian atas menurun. Jika kamu masih merasa kedinginan terutama malam hari, cobalah untuk lompat di tempat beberapa kali atau gerakan fisik lainnya untuk memicu panas tubuh. Selain itu, meletakkan botol air hangat di perut juga bisa menjadi alternatif menghangatkan tubuh.

2. Sesuaikan Rencana Kegiatan dengan Barang Bawaan

Jangan membawa barang terlalu banyak agar energi kamu tidak terforsir untuk mengangkutnya. Apalagi jika kamu harus membawa tenda dan alas tidur pribadi. Sesuaikan barang bawaan dengan rencana kegiatan kamu selama berkemah. Dengan begitu kamu juga akan lebih mudah menyiapkan pakaian dan makanan.

3. Pilih Bekal Bernutrisi

Melanjutkan poin sebelumnya, pemilihan bekal tidak bisa dilewatkan sebelum berkemah. Kamu tentu setuju bahwa bekal paling umum dan cocok untuk kegiatan ini adalah mi instan. Namun usahakan untuk menghindari mengonsumsi makanan instan setiap saat agar tidak terjadi penumpukan zat yang tidak dibutuhkan tubuh. Kombinasi asupan makan yang beragam masih bisa diusahakan meski kamu sedang berkemah. Misalnya dengan membawa oatmeal dan buah, coklat batang, kentang, ubi, hingga madu. Termasuk memilih minuman jahe dibanding kopi dan teh. Makanan alami dan bervariasi dapat membantu tubuh tetap berstamina meski aktivitas kamu padat.

4. Membawa Alat Kesehatan Paling Penting

Sebagai bentuk pertolongan pertama, penting juga membawa alat kesehatan minimalis yang telah disesuaikan dengan lokasi dan kegiatan kamu. Beberapa barang yang disarankan adalah minyak aromaterapi, obat anti nyeri, vitamin penambah stamina, dan lain sebagainya tergantung kondisi tubuh.

Bagaimana? Sudah siapkah kamu dan rombongan lebih dekat dengan alam di Bogor? Camping memang mengasyikkan dan patut dicoba dengan persiapan yang matang. Menyambung tips di atas, Enervon-C Effervescent menjadi salah satu multivitamin yang direkomendasikan. Selain kandungan multivitamin dan mineralnya, suplemen ini juga praktis dibawa dan mudah larut dalam air putih. Jaga dayah tahan tubuh di lokasi camping bersama Enervon dengan mengakses produk aslinya di Tokopedia atau Shopee.