Sebagian besar orang kerapkali menjadikan akhir pekan sebagai waktu untuk makan sepuas-puasnya tanpa perlu menjaga pola diet. Kebiasaan ini sebenarnya justru akan membuat diet kamu selama weekdays menjadi sia-sia. Jadi, hal apa saja yang perlu dilakukan agar diet berjalan mulus di akhir pekan? Berikut adalah 5 tipsnya.

1. Menyempatkan Diri untuk Makan sebelum Pergi

Untuk menjaga pola diet tetap terkontrol, kamu dianjurkan untuk makan sebelum bepergian. Kamu bisa mengonsumsi berbagai makanan ringan yang mengandung protein tinggi, contohnya seperti irisan dada ayam. Jangan lupa juga untuk menyantap sayur dan karbohidrat kaya serat seperti olahan gandum.

Dengan menerapkan strategi ini, kamu bisa mengatur kadar gula berlebih sehingga dapat mengendalian nafsu makan yang tidak terkendali. Kamu pun dapat melakukan perjalanan ke luar rumah atau mall tanpa harus membeli makanan yang dijajakan di sana. Oke, ‘kan?

2. Mengisi Waktu Liburan dengan Kegiatan Produktif

Banyak orang menghabiskan waktu liburan dengan bermalas-malasan di rumah. Jika sudah dikuasai malas, tubuh pun rasanya enggan melakukan olahraga. Tak heran, banyak pihak gagal menjalankan program diet lantaran mencicipi banyak makanan di akhir pekan.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, kamu bisa mengajak keluarga untuk aktif melakukan kegiatan seru pada waktu liburan. Contohnya seperti bermain sepeda atau berenang bersama-sama. Aktivitas-aktivitas ini cukup efektif membantu kamu dalam membakar lemak.

3. Menyantap Sarapan Lebih Banyak dari Biasanya

Tahukah kamu bahwa orang yang sarapan secara rutin bakal menyantap makanan yang lebih sehat dibanding mereka yang tidak? Pendapat ini dikemukakan oleh Direktur Program Manajemen Center for Human Nutrition University of Colorado Kim Gorman, MS, RD. Pokoknya, prioritaskan makan pagi sebelum memulai aktivitas saat weekend ya!

Pada hari libur, santaplah makanan lebih banyak dari hari-hari biasa. Kamu juga dianjurkan memilih makanan yang mengandung karbohidrat susah dicerna. Tips ini dimaksudkan agar kalori dalam tubuh dapat terbakar lebih banyak ketika berolahraga satu jam usai sarapan.

4. Mengonsumsi Makanan Manis dengan Tidak Berlebihan

Memakan kue-kue manis kala hari libur bukanlah hal yang wajib dihindari bagi para pejuang diet. Di akhir pekan, kamu tentu bisa makan sepotong cheesecake atau satu scoop es krim vanilla butterscotch. Ingat, melakukan diet bukan berarti kamu harus mengorbankan hal-hal yang disuka demi mencapai target ya!

Akan tetapi, kamu harus bisa mengonsumsi makanan manis sesuai dengan takarannya. Jika disantap berlebihan, makanan-makanan ini nantinya dapat menumpuk jadi lemak lantaran mengandung kalori tinggi. Kamu pun bisa mengalami kenaikan berat badan secara drastis.

5. Rutin Menimbang Berat Badan

Papan timbangan bisa menjadi tolak ukur yang oas untuk mengukur keberhasilan diet kamu selama akhir pekan. Usai mengetahui angka pada papan timbangan, kamu bisa semakin terpacu untuk berusaha menyantap makanan sehat. Setuju’kan?

Demikian 5 tips ampuh buat kamu yang ingin sukses menjalankan program diet di akhir pekan. Selamat mencoba kelima tips di atas ya! Semoga berhasil!

Source: detik.com

Feature Image - markexs.net