Liburan bersama keluarga adalah salah satu agenda seru dan patut untuk dipersiapkan dengan matang. Meski banyak orang suka dengan konsep liburan yang spontan, ada beberapa hal yang wajib memiliki perencanaan dan persiapan. Terutama jika kamu bawa anak liburan ke luar negeri, urusan administrasi perlu diperhatikan. Agar memudahkan kamu menyiapkan segala sesuatunya, ikuti info lengkap dan tips liburan ke luar negeri bersama anak di bawah ini.

Tips: Hal yang Harus Dilakukan

1. Melakukan Cek Kesehatan Anak

Sebelum berangkat ke luar negeri, pastikan kamu dan anak-anak melakukan cek kesehatan. Buat janji dengan dokter beberapa hari sebelumnya dan lakukan konsultasi terkait rencana perjalanan kamu. Selain keperluan administrasi pasca pandemi, hal ini juga akan meminimalisir anak terjangkiti penyakit di negara tujuan. Termasuk obat atau vitamin jenis apa yang perlu dibawa.

2. Mempersiapkan Data Diri dalam Bentuk Digital

Melengkapi data diri seperti paspor dan visa adalah hal yang harus dilakukan. Akan jauh lebih baik jika kamu juga membawa dokumen tersebut dalam bentuk digital, misalnya dalam flashdisk yang dimasukkan pada saku berkancing. Pastikan juga untuk melengkapinya dengan kontak orang tua, KBRI, KJRI, hingga riwayat kesehatan dan alergi.

3. Kamar Hotel yang Ramah Anak

Berikutnya adalah orang tua perlu memilihkan kamar hotel khusus keluarga. Umumnya kamu akan mendapatkan ruangan yang lebih luas dan kasur khusus anak tanpa harus meminta kasur tambahan. Hal ini tidak hanya efisien, tapi juga memudahkan koordinasi ayah dan ibu, dan menyiapkan kebutuhan anak sebelum jalan-jalan.

4. Pilih Destinasi yang Cukup Kuat Dijelajahi Anak

Tiba pada tips yang paling penting yaitu pemilihan destinasi wisata. Terdapat banyak kriteria atau indikator yang perlu diperhatikan seperti tersedianya area untuk jalan kaki bersama anak dengan nyaman, pertimbangan membawa dan menggunakan stroller, hingga suhu dan cuaca yang sedang terjadi di negara tujuan. Tempat wisata yang khusus untuk anak-anak memang sudah banyak tersedia, namun destinasi dengan konsep umum juga menarik dikunjungi. Jadi, perhatikan kenyamanan anak secara detail ya.

Tips: Hal yang Harus Dihindari

1. Memilih Penerbangan yang Mengganggu Siklus Tidur Anak

Salah satu dampak penerbangan yang membuat anak rewel adalah jetlag, apalagi jika mereka sudah memiliki jam tidur teratur. Kamu bisa memilih jadwal penerbangan malam hari agar anak tidur atau minimal lebih tenang selama di dalam pesawat. Pastikan juga untuk memilih kursi yang nyaman dengan pegangan di bagian samping meskipun berada di kelas ekonomi.

2. Tidak Mengecek Aturan Paspor, Visa, Tiket Perjalanan, dan Dokumen Lainnya

Hal yang harus dihindari berikutnya adalah meremehkan aturan dokumen wajib pribadi di setiap negara. Orang tua harus selalu mengecek masa berlaku paspor dan visa, memastikan aturan terbaru protokol kesehatan di negara tujuan, hingga menanyakan tiket pesawat khusus anak-anak.

3. Meremehkan Waktu Istirahat Khusus untuk Anak

Berikutnya adalah soal pengelolaan energi karena anak-anak jelas tidak memiliki energi yang sama dengan orang dewasa. Sehingga meskipun anak-anak merasa masih kuat jalan-jalan, orang tua perlu memperhatikan waktu istirahat mereka. Terutama jika anak sudah terbiasa tidur siang. Selain mencegah anak rewel, hal ini juga akan menurunkan risiko anak mengalami sakit selama perjalanan.

4. Penurunan Tingkat Pengawasan Selama di Lokasi Wisata

Keindahan dan/atau keseruan destinasi wisata memang kerap membuat pengunjung fokus menikmatinya, termasuk kegiatan mengambil gambar. Karena kamu membawa anak-anak, hindari membiarkan mereka pergi sendiri meskipun destinasi tujuan sudah ramah anak. Berikan ekstra pengawasan di tempat-tempat yang ramai pengunjung agar anak tidak bingung.

Rekomendasi Negara Ramah Anak

Membawa anak liburan ke luar negeri tidak bisa dipisahkan dengan pemilihan negara tujuan. Kamu bisa memiliki kriteria khusus yang disesuaikan dengan karakter anak dan/atau kondisi kesehatannya. Namun pada umumnya negara tersebut harus menawarkan banyak hotel dengan kamar keluarga. Selain itu, perhatikan juga indeks keamanan bagi anak secara keseluruhan, misalnya akses antar lokasi, ketersediaan fasilitas umum, dan lain sebagainya. Jangan sampai kamu hanya terpaku pada atraksi dan keseruan yang ditawarkan.

Beberapa negara tetangga dan di sekitar Asia yang direkomendasikan adalah Malaysia, Singapura, Jepang, dan Hong Kong. Kamu bisa mengajak mereka ke tempat wisata populer seperti Universal Studio Singapore, Aquarium KLCC, The Art of Chocolate Hong Kong, Tokyo Disneyland, hingga Studio Ghibli Museum.

Sedangkan untuk negara yang lebih jauh, ada beberapa negara yang dinilai paling ramah bagi anak-anak. Tidak hanya destinasi yang seru, tapi fasilitasnya juga sangat memadai. Di antaranya adalah Portugal, Turki, Belanda, Kanada, Yunani, dan Swiss.

Kebutuhan Anak yang Tak Boleh Diremehkan

Soal pakaian, peralatan mandi, popok, hingga camilan mungkin sudah menjadi barang yang tidak mungkin dilupakan saat bawa anak liburan ke luar negeri. Namun kamu juga perlu memperhatikan beberapa barang anak berikut agar kenyamanan dan kesehatan anak tidak berkurang selama perjalanan.

1. Perlak

Khusus untuk orang tua yang membawa bayi, usahakan untuk membawa perlak reusable. Selain mencegah kasur basah karena ompolnya, perlak pribadi juga membantu orang tua mengganti popok dengan lebih higienis meski di kamar mandi umum.

2. Botol Air Minum dan Alat Makan Pribadi

Nah, sedangkan untuk anak yang bisa membawa perlengkapannya sendiri, botol air minum pribadi jangan dilupakan. Hal ini untuk mencegah anak dehidrasi selama perjalanan. Termasuk dengan alat makan khusus anak yang sering kali tidak disediakan oleh restoran.

3. Obat-obatan Anak dan Vitamin

Meski telah dipersiapkan dengan matang, sangat disarankan bagi orang tua untuk tetap membawa obat-obatan pribadi yang umum dibutuhkan, seperti obat batuk pilek dan obat anti demam. Termasuk vitamin yang mampu meningkatkan daya tahan tubuhnya selama traveling.

Menyambung poin terakhir, Enervon-C Plus Syrup hadir dengan kandungan yang lengkap. Mulai dari vtiamin C, B kompleks, hingga mineral siap membantu ayah dan ibu memastikan anak lebih sehat dan fit selama liburan. Jauhkan anak-anak dari sakit selama liburan bersama Enervon dengan mengaksesnya melalui Tokopedia atau Shopee official.