Ada banyak hal yang harus disiapkan saat berencana mudik atau melakukan perjalanan jauh via darat, salah satunya adalah bekal makanan. Saat berada di jalan, bisa jadi kamu terjebak macet, sehingga tidak bisa berhenti di rumah makan terdekat untuk mengisi perut. Padahal, menunda-nunda makan juga tidak baik lho! Oleh sebab itu, pastikan untuk menyiapkan bekal perjalanan jauh sebelum berangkat. Jangan lupa juga untuk tetap mengutamakan makanan yang kaya akan nutrisi ya! Berikut ini adalah beberapa rekomendasinya untuk Anda.

Daftar Bekal Perjalanan Jauh Kaya Nutrisi

Bagi kamu yang ingin membawa bekal yang simpel dan praktis tidak perlu khawatir, karena ada banyak pilihan makanan ringan yang memiliki banyak nutrisi untuk menemani perjalananmu. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya.

1. Roti Gandum

Opsi bekal perjalanan jauh yang pertama adalah roti gandum. Jenis roti yang satu ini mengandung karbohidrat kompleks dan juga serat yang memberi rasa kenyang cukup lama, sehingga kamu tidak akan kelaparan saat di jalan.

Pasalnya, karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga tubuh juga akan mendapatkan energi lebih lama. Selain itu, roti gandum juga mudah dicerna dan hal ini akan mencegah perut terasa penuh yang mengakibatkan mual.

2. Ubi Panggang/Kukus

Bekal lain yang tak kalah mengenyangkan dan bernutrisi adalah ubi panggang atau kukus. Ubi merupakan sumber karbohidrat yang lebih tahan lama dari nasi. Rasanya pun enak dan bisa dijadikan opsi pengganti nasi. Kamu juga bisa menyantap ubi dengan lauk seperti kering kentang atau tempe untuk menambah variasi.

3. Jagung Rebus

Bekal perjalanan jauh berikutnya yang bisa jadi pilihan adalah jagung rebus. Jagung adalah jenis sayuran yang mengandung serat, protein, karbohidrat, mineral, dan juga vitamin. Selain itu, di dalamnya juga terdapat tiamin, asam folat, serta vitamin B12. Perlu kamu tahu bahwa tiamin membantu pembentukan energi di dalam tubuh, sehingga kamu senantiasa fit selama perjalanan.

Agar lebih ringkas saat membawanya, kamu bisa memotong-motong jagung rebus menjadi ukuran kecil dan ditempatkan di wadah bekal.

 

 

4. Buah-buahan

Buah-buahan potong juga sangat disarankan untuk dibawa saat mudik atau dalam perjalanan jauh karena kandungan nutrisinya, terutama serat. Utamakan untuk memilih buah yang mengandung banyak air seperti melon, semangka, jeruk, apel, dan lain-lain. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi pisang yang memberikan efek kenyang lebih lama karena kandungan seratnya yang tinggi.

5. Kurma

Kurma juga bisa dijadikan alternatif untuk bekal perjalanan lho! Pasalnya 70% kandungan di dalam kurma adalah karbohidrat. Selain itu, kurma juga mampu mengendalikan kinerja usus serta menyeimbangkan gula darah. Apalagi saat sedang berpuasa, buah ini sangat direkomendasikan untuk disantap saat berbuka sebagai pengganjal sebelum menyantap makanan berat.

6. Telur Rebus

Telur rebus merupakan sumber protein yang bisa dijadikan menu bekal berikutnya untuk mengganjal perut. Pastikan kamu mengolah telur sampai matang sempurna untuk menghindari infeksi bakteri salmonella. Jika menginginkan tekstur telur yang lebih lembut, kamu bisa mengolahnya dengan cara dikukus.

 

 

7. Susu Low Fat

Selain makanan, kamu juga bisa membawa minuman seperti susu low fat sebagai bekal perjalanan. Di dalam susu rendah lemak terkandung vitamin D, protein, dan kalsium yang baik untuk tubuh.

8. Kacang-kacangan

Jangan salah, meski berukuran kecil, tapi kacang-kacangan menawarkan banyak nutrisi. Kandungan di dalamnya terdiri dari serat, lemak sehat, vitamin, dan juga mineral. Beberapa jenis kacang yang paling direkomendasikan untuk kamu pilih adalah kacang tanah, almond, pistachio, dan juga walnut.

9. Abon

Lauk abon hampir jadi bekal favorit semua orang saat perjalanan jauh. Kamu hanya perlu membeli nasi putih saat di perjalanan, kemudian menaburkan abon sesuai kebutuhan sebagai tambahan lauk. Rasanya yang manis gurih tentu sangat menggugah selera bukan? Selain bisa disantap bareng nasi, kamu juga bisa menaburkan abon di atas roti.

 

 

Selain menyiapkan berbagai bekal perjalanan jauh di atas, kamu juga harus membawa multivitamin tambahan terutama vitamin C. Kenapa hal ini penting? Perjalanan jauh tentu sangat melelahkan dan menguras energi. Oleh sebab itu, kamu harus melakukan persiapan ekstra untuk menjaga stamina agar tetap fit selama bepergian.

Di pasaran, ada banyak jenis multivitamin yang bisa dipilih, tapi hanya Enervon-C Tablet yang menjadi opsi terbaik. Enervon-C Tablet mengandung vitamin C yang sangat baik dalam menjaga daya tahan tubuh. Jadi, kesehatan akan lebih terjaga dan kamu tidak akan gampang sakit!

Selain itu, multivitamin yang satu ini juga memiliki kandungan vitamin B-Kompleks yang bantu tubuh dalam pembentukan energi. Jadi, selain meningkatkan sistem imunitas, Enervon-C Tablet juga efektif dalam meningkatkan stamina dan memastikan tubuh tetap fit sepanjang hari.

Konsumsi 1 tablet sehari sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin  di dalam tubuh. Selain itu, kamu juga tidak perlu khawatir karena Enervon-C Tablet tidak akan menyebabkan ketergantungan. Di sisi lain, tablet vitamin ini juga aman bagi lambung lho! Urusan kredibilitas juga tidak perlu diragukan lagi karena semua produk-produk dari Enervon pastinya sudah lolos BPOM.

Jadi tunggu apalagi, segera order multivitamin Enervon-C Tablet sekarang juga dengan klik link Shopee atau Tokopedia berikut ini ya!