Sudah bukan rahasia lagi kalau saat ini kualitas udara masih terbilang buruk, apalagi jika kamu tinggal di daerah perkotaan. Banyaknya kendaraan lalu lalang – dan adanya pabrik di tengah kota membuat polusi udara semakin sulit untuk dikendalikan.

Kualitas udara yang buruk dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan. Ketika masuk ke dalam tubuh, polutan dapat memperburuk kondisi seseorang yang sudah mengalami penyakit tertentu, seperti asma.

Untuk mencegah dampak buruk tersebut, salah satu yang bisa dilakukan, yaitu dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan. Lantas, apa saja jenis makanan yang memiliki kandungan tersebut?

Berikut ini ulasannya.

 

 

1. Sayuran

Credit Image - budgetbytes.com

Sumber antioksidan utama adalah makanan yang mengandung vitamin A, C, dan E. Ketiga vitamin tersebut banyak ditemukan dalam sayur dan buah. Ini sebabnya kita disarankan untuk mengonsumsi lima porsi sayur dan buah setiap hari.

Agar hasilnya bisa maksimal, konsumsi buah dan sayur harus dilakukan secara konsisten. Adapun beberapa makanan yang mengandung antioksidan tinggi termasuk bayam, kangkung, dan jamur, khususnya jamur tiram dan shitake.

 

2. Buah-buahan

Kombinasi sayur dan buah yang kaya akan antioksidan akan melindungi tubuh dari polusi udara dengan lebih maksimal. Tidak hanya antioksidan, buah juga mengandung serat pangan yang sangat baik untuk tubuh.

Apa saja jenis buah yang dinilai mengandung antioksidan tinggi? Kamu dapat menemukannya pada  alpukat (vitamin E), tomat (vitamin A dan C), dan jambu. Nah, jambu dianggap memiliki kandungan vitamin C paling tinggi.

 

3. Kacang-kacangan

Credit Image - healthline.com

Kacang almond sering disebut memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Akan tetapi, Puteri mengatakan bahwa kacang mete bisa menjadi alternatif yang lebih murah dengan khasiat yang tidak kalah dengan kacang almond.

Kacang mete mengandung vitamin E dan vitamin A yang baik untuk tubuh. Kacang mete sering diolah dengan cara digoreng, menjadi taburan kue kering, atau campuran pada makanan, seperti ayam kungpao.

 

4. Umbi-umbian

Umbi-umbian tidak hanya bisa menjadi sumber energi, tetapi juga kaya akan antioksidan. Puteri menjelaskan bahwa makanan yang memiliki warna ungu dan oranye memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Ubi jalar yang berwarna ungu dan oranye mengandung vitamin C dan A. Kamu bisa mengonsumsi ubi jalar dengan cara digoreng, dikukus, atau dijadikan campuran kolak untuk mencegah dampak buruk polusi. 

 

5. Ikan

Credit Image - taste.com.au

Ikan yang benar-benar segar mungkin susah didapatkan bagi orang yang tinggal di jauh dari area laut. Nah, agar ikan tetap segar, biasanya ikan-ikan tersebut disuntikkan dengan senyawa antioksidan.

Senyawa antioksidan ini bisa memberikan dampak baik untuk tubuh kita. Selain antioksidan yang disuntikan, kandungan antioksidan pada ikan tergantung pada makanan yang dikonsumsi ikan tersebut. Jika ikan tersebut mengonsumsi rumput laut, seperti ikan salmon, maka ikan tersebut memiliki antioksidan yang cukup tinggi.

 

6. Sumber Makanan Tinggi Vitamin C

Memang, ada beragam jenis antioksidan yang dapat kamu temui, tetapi yang dianggap cukup efektif dan mudah diperoleh, yaitu vitamin C. Diketahui, vitamin C dapat mencegah kerusakan dengan menangkap dan menetralisasi radikal bebas.

Beberapa sayur dan buah yang kaya akan vitamin C yang perlu dikonsumsi secara rutin. Adapun sejumlah sayur yang mengandung vitamin C, yaitu brokoli, kubis, cabai, paprika merah dan hijau, serta bayam. Sementara, untuk buah kamu dapat memilih jeruk, jambu biji, stroberi, mangga, dan nanas.

Apakah mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin C sudah cukup untuk penuhi kebutuhan antioksidan? Dikhawatirkan belum. Terutama, bagi sayur yang telah melewati proses masak – hal ini dapat mengurangi kandungan vitamin di dalamnya.

Untuk itu, kamu disarankan mengonsumsi suplemen vitamin C agar perlindungan tubuh tetap polusi udara semakin maksimal. Apa suplemen yang baiknya dikonsumsi? Direkomendasikan minum Enervon Active, ya!

Enervon Active memiliki kandungan lengkap, seperti non-acidic Vitamin C 500 gram, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kombinasi kandungan vitamin C dan zinc akan membantu menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak gampang sakit. Kandungan non-acidic vitamin C di dalam Enervon Active juga aman dikonsumsi kamu yang punya masalah perut sensitif – jadi, tak perlu takut lambung menjadi nyeri, ya!

Dengan kandungan vitamin C di dalam Enervon Active, ini akan berperan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang bisa disebabkan oleh polusi udara.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan mengoptimalkan proses metabolisme untuk mengubah makanan menjadi energi yang lebih tahan lama, sehingga kamu gak gampang lelah ketika beraktivitas.

Untuk mendapatkan produk Enervon Active, kamu bisa segera kunjungi e-commerce di Tokopedia.

 

Jadi, itulah sejumlah jenis makanan atau asupan yang tinggi antioksidan untuk menangkal radikal bebas dari polusi udara. Kamu sudah rutin mengonsumsinya belum, nih?

 

 

Featured Image – healthshots.com

Source – idntimes.com