Menonton film anak terbaru menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan bersama si kecil di kala weekend atau hari libur sekolah. Apalagi, ada banyak deretan tontonan baru yang sayang untuk dilewatkan. Selain menjadi kegiatan untuk mengisi waktu libur, hal ini juga bisa mempererat bonding antara anak dan orang tua. Jika kamu masih bingung ingin menonton film apa, simak beberapa rekomendasinya berikut ini.

Daftar Film Anak Terbaru

1. Doraemon: Nobita’s Sky Utopia

Sumber: detik.net

Doraemon adalah serial kartun Jepang yang sangat legendaris hingga sekarang. Karena minat masyarakat yang tinggi, serial kartun ini juga dibuat versi filmnya. Di tahun 2023 ini, kamu bisa menyaksikan produksi film Doraemon terbaru yang bertajuk Doraemon: Nobita’s Sky Utopia.

Film ini akan menceritakan kisah petualangan Doraemon bersama Nobita, Shizuka, Giant, dan Suneo di negeri Paradapia. Selain kelima karakter tadi, kamu juga akan berjumpa dengan tokoh baru bernama Marimba dan Hanna.

Marimba dan Hanna sendiri merupakan penduduk asli Paradapia yang nantinya akan menemani petualangan Doraemon bersama yang lain di pulau tersebut. Tak hanya itu saja, di film ini, kamu juga akan berkenalan dengan sosok robot kucing baru bernama Sonya.

2. The Amazing Maurice

Sumber: discworld.com

Rekomendasi film anak terbaru berikutnya adalah The Amazing Maurice. Film ini akan mengisahkan tentang perjalanan seekor kucing jalanan berwarna jingga yang bernama Maurice.

Jika dalam kehidupan nyata kucing dan tikus bermusuhan, Maurice justru bersekutu dengan gerombolan tikus dalam melancarkan aksinya sebagai penipu ulung. Film yang satu ini jangan sampai kamu lewatkan karena diadaptasi oleh penulis film Aladdin dan Shrek, yaitu Terry Rossio.

3. The Super Mario Bros Movie

Sumber: variety.com

Super Mario Bros bukan hanya karakter di dalam video game saja lho! Rumah produksi Illumination pun telah mengeluarkan seri film Super Mario yang berjudul The Super Mario Bros Movie.

Film ini menceritakan tentang kehidupan Mario dan Luigi di Kota New York yang tiba-tiba terperangkap ke dalam film video game. Siapa sangka, kejadian ini justru menjawab teka-teki atas hilangnya ayah dan kura-kura mereka selama ini. 

4. 10 Lives

Sumber: movieplayer.it

Film 10 Lives menceritakan tentang kisah seekor kucing yang bernama Beckett. Beckett merupakan kucing ceroboh yang mengambil 9 nyawanya dalam sekejap. Pada saat harus kehilangan nyawa terakhirnya, Beckett membuat permohonan yang membawanya kembali ke bumi.

Meskipun mengangkat tema reinkarnasi, tapi film yang satu ini dikemas dengan apik dan mudah untuk dipahami.

5. TROLLS 3 

Sumber: hypeabis.id

Trolls juga meluncurkan sekuel keduanya tahun ini yang diberi judul Trolls 3. Dengan mengusung tema animasi musikal, film Trolls 3 menghadirkan perpaduan musik, komedi, serta alur cerita yang menarik dengan pesan moral di dalamnya. Masih sama dengan kisah di film-film sebelumnya, Trolls 3 menceritakan tentang petualangan Princess Poppy, Branch, dan teman-temannya.

6. Wish

Sumber: disney

Film produksi Walt Disney pastinya tidak perlu diragukan lagi dong! Kali ini ada film Wish yang menceritakan tentang perjalanan Putri Asha dari Kerajaan Kosas yang berpetualang melalui berbagai dunia. Dalam perjalanannya, Putri Asha ditemani oleh seekor kambing yang bernama valentino. Keduanya melakukan perjalanan dengan dikelilingi bintang-bintang untuk menyelamatkan rakyat. Karya film yang satu ini jangan sampai kamu lewatkan ya karena digawangi langsung oleh sutradara film Frozen dan Tarzan.

7. Spider-Man: Across the Spider-Verse

Sumber: thedirect.com

Spider-Man: Across the Spider-Verse masih berkutat pada kehidupan Miles Morales yang berpetualang di multiverse lain. Namun, dia tak sendirian karena ada Gwen Stacy atau Spider-Woman disampingnya.

Tak hanya itu saja, Miles Morales juga bertemu dengan anggota Spider-People yang nantinya bersama-sama menaklukan penjahat yang cukup tangguh. Film yang satu ini pastinya tidak perlu diragukan lagi karena disutradarai oleh Joaquim Dos Santos yang pernah menggarap Avatar: The Last Airbender.

 

 

Tips Ajak Anak Nonton Film

Jika ini adalah pertama kalinya kamu mengajak si kecil nonton film di bioskop, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pasalnya, si kecil pastinya belum bisa beradaptasi dengan baik saat harus duduk selama 2 hingga 3 jam di ruangan gelap yang dingin. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka terapkan beberapa tips berikut ini.

1. Pertimbangkan Usia Anak

Sebenarnya pada usia berapa sih anak-anak sudah bisa diajak nonton film di bioskop? Perlu kamu tahu bahwa tidak ada aturan resmi terkait kapan anak diperbolehkan menonton film di bioskop.

Namun, rentang usia 2,5 hingga 4 tahun dianggap sudah cukup ideal, asalkan anak sudah bisa menikmati dan mengerti jalan cerita dari suatu film. Mengenai hal ini, masing-masing orang tua bisa memperkirakan sendiri.

Selain itu, pastikan anak adalah tipe orang yang betah duduk berlama-lama di kursi. Apabila si kecil sangat aktif dan tidak suka berdiam diri dalam kurun waktu berjam-jam, maka sebaiknya urungkan niat kamu untuk mengajak mereka menonton film di bioskop.

2. Menonton Film yang Tepat

Hal penting berikutnya yang harus orang tua perhatikan saat mengajak anak nonton di bioskop adalah memilih film yang tepat. Meskipun merupakan film kartun atau animasi, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa di dalamnya terselip adegan dewasa atau kekerasan yang tidak layak untuk dilihat si kecil.

Oleh sebab itu, pastikan orang tua untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya agar tidak salah memilih tontonan. Kamu juga bisa melihat review penonton atau bertanya kepada teman/keluarga yang sudah menonton terlebih dahulu.

Tak hanya itu saja, pilih film dengan durasi yang lebih singkat supaya anak-anak tidak merasa jenuh karena harus duduk diam di dalam bioskop dalam waktu yang lama.

3. Pilih Waktu Terbaik

Hindari untuk menonton di bioskop pada saat malam hari karena anak pastinya sudah mengantuk dan berpotensi rewel. Siang dan sore hari merupakan waktu yang tepat untuk mengajak anak menonton film, tapi pastikan sebelumnya anak sudah tidur siang dan makan terlebih dulu.

4. Memilih Tempat Duduk yang Dekat dengan Akses ke Toilet

Umumnya, anak akan sering buang air kecil saat berada di dalam ruangan yang dingin seperti misalnya bioskop. Untuk mengantisipasinya, kamu bisa mengajak anak untuk buang air kecil terlebih dulu sebelum film ditayangkan.

Selain itu, pilihlah tempat duduk yang  dekat dengan akses menuju pintu keluar atau toilet. Hal ini penting supaya kamu dan si kecil tidak mengganggu penonton bioskop yang lain saat harus mondar-mandir ke toilet.

 

 

Selain menonton film yang tepat, orang tua juga harus mencukupi kebutuhan vitamin harian si kecil. Selain makan makanan yang bergizi, kamu juga bisa memberikan multivitamin tambahan seperti Enervon-C Plus Syrup yang mengandung kombinasi vitamin C dan B-Kompleks.

Vitamin C efektif dalam menjaga daya tahan tubuh supaya tidak mudah sakit, sedangkan vitamin B-Kompleks akan menghasilkan energi pada tubuh si kecil. Selain itu, multivitamin yang satu ini juga diperkaya dengan vitamin A yang menunjang pertumbuhan dan vitamin D yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi.

Bahkan, konsumsi rutin Enervon-C Plus Syrup juga efektif meningkatkan nafsu makan anak serta mempercepat proses penyembuhan pasca sakit. Untuk usia 1 sampai 6 tahun, dosis yang dianjurkan adalah 5 ml per hari, sedangkan untuk usia 6 hingga 12 tahun sebanyak 10 ml tiap harinya.

Ayo penuhi nutrisi dan kebutuhan vitamin C anak dengan memberikan Enervon-C Plus Syrup secara rutin. Order sekarang juga dengan melakukan pembelian hanya di official store Enervon yang terpercaya di Shopee dan Tokopedia.