Kegiatan anak selama liburan sekolah tak melulu harus mahal lho! Kamu juga bisa mengisi waktu liburan sekolah dengan melakukan berbagai hal yang bermanfaat untuk tumbuh kembang anak. Selain rekreasi ke tempat-tempat hits, ada banyak ide kegiatan untuk dilakukan bersama putra putri tercinta yang tak kalah seru! Jika masih bingung, simak ulasannya hanya di artikel berikut ini! 

Kegiatan Anak Selama Liburan Sekolah

1. Olahraga

Kegiatan anak selama liburan sekolah pertama yang bisa dicoba adalah berolahraga. Ajak anak untuk melakukan aktivitas fisik yang sifatnya ringan atau yang mereka sukai. Misalnya saja seperti jalan pagi, joging, bersepeda, berenang, bermain sepatu roda, bulu tangkis, dan sebagainya.

Berolahraga bisa menjadi alternatif kegiatan anak yang tidak hanya seru, tapi juga menyehatkan. Kamu juga bisa melanjutkan kegiatan ini pasca libur sekolah di akhir pekan/weekend. Yuk ajak anak untuk melakukan aktivitas fisik demi menunjang kesehatan tubuhnya!

2. Belajar Bahasa Asing

Belajar bahasa asing bisa menjadi alternatif kegiatan yang tak kalah menyenangkan untuk dilakukan. Apalagi, bahasa Inggris sekarang menjadi pelajaran yang wajib dikuasai. Oleh sebab itu, orang tua bisa menyiapkannya dengan mengajari anak-anak sejak dini.

Selain mengajari anak secara mandiri, kamu juga bisa mendaftarkan mereka ke lembaga bahasa asing atau bergabung ke kelas bahasa yang dikhususkan untuk mengisi hari libur anak.

3. Bermain Permainan Tradisional

Di era gempuran gadget seperti sekarang, permainan tradisional mulai tidak dilirik oleh kalangan anak-anak. Padahal, memainkan permainan tradisional menjadi salah satu cara dalam melestarikan budaya setempat.

Yuk kenalkan anak-anak dengan permainan tempo dulu supaya tidak lekang ditelan kemajuan zaman. Contoh permainan tradisional yang bisa kamu mainkan bersama anak adalah bola bekel, petak umpet, lompat karet, ular naga, gobak sodor, engklek, dan lain-lain.

 

 

4. Merawat Hewan Peliharaan

Kegiatan lainnya yang bisa kamu agendakan selama liburan anak yaitu merawat hewan peliharaan. Ajak anak untuk terlibat dalam merawat hewan yang disukai bisa kucing, anjing, kura-kura, ikan, dan lain-lain. Kamu bisa meminta anak untuk rutin memberi makan dan minum atau mengajak hewan peliharaan bermain.

Dengan melakukan hal ini, anak akan tumbuh menjadi sosok yang bertanggung jawab, peduli sesama, mudah berempati, penyayang, dan memiliki kepribadian yang lembut.

5. Playdate Bareng Teman

Agendakan playdate dengan teman sekolah atau sepermainan dengan mengunjungi tempat-tempat tertentu yang diinginkan. Namun, kamu juga bisa janjian dengan teman untuk main ke rumah saja apabila ingin menghemat biaya.

6. Menyalurkan Hobi

Agar momen liburan tidak membosankan, orang tua juga bisa mengajak anak untuk menyalurkan hobi mereka. Jika anak-anak suka menggambar, melukis, atau mewarnai, maka sediakan perlengkapannya dan temani mereka untuk melakukannya bersama-sama. Sesuaikan dengan minat dan hobi anak ya!

Kehadiran orang tua untuk mendampingi tentunya juga sangat bermakna bagi anak-anak sebagai bentuk dukungan dan kasih sayang. Hal ini tentu saja akan semakin memperkuat bonding antara orang tua dan anak kedepannya.

 

 

7. Membuat Eksperimen Sederhana

Jika anak menunjukkan minat dalam bidang sains, kamu bisa mengajak mereka untuk membuat eksperimen sederhana. Contohnya saja seperti membuat roket mini, ledakan gunung berapi, bermain magnet, membuat awan dalam gelas, pelangi dalam botol, percobaan membuat hujan, dan masih banyak lainnya. Selain seru dan menyenangkan, hal ini juga meningkatkan kreativitas serta mengasah kemampuan anak di bidang sains.

8. Membersihkan Rumah Bersama Orang Tua

Mengajari anak untuk beberes dan bersih-bersih rumah sebaiknya dilakukan sejak dini. Hal ini penting untuk melatih kemandirian mereka sehingga saat dewasa sudah terbiasa. Nah, kegiatan ini juga bisa kamu jadikan ide kegiatan anak selama liburan sekolah yang tak kalah menarik lho!

Minta anak untuk membantu urusan domestik yang sifatnya ringan-ringan saja seperti menyapu kamar, menata bantal dan guling di tempat tidur, menjadi asisten ibu saat di dapur, merapikan mainan yang sudah selesai dimainkan, dan sebagainya. 

9. Berbagi ke Panti Asuhan

Momen berbagi ke anak-anak yatim di panti asuhan juga bisa kamu masukkan ke daftar kegiatan anak selama libur sekolah. Kegiatan positif ini akan mengajarkan anak untuk memiliki kepedulian terhadap orang lain, mau berbagi, dan melatih rasa syukur. Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Apabila hal ini rutin dilakukan, maka anak juga akan tumbuh sebagai insan yang berjiwa dermawan.

10. Mengunjungi Museum

Kamu bisa mempertimbangkan untuk mengajak putra-putri tercinta pergi ke museum bersejarah terdekat. Selain mengisi waktu liburan dengan hal yang bermanfaat, mengunjungi museum bersejarah juga akan menambah wawasan anak tentang sejarah dan budaya bangsa Indonesia. Hal ini secara tidak langsung juga akan menumbuhkan rasa cinta tanah air pada anak.

 

 

Kehadiran orang tua sangat penting dalam mengisi waktu kegiatan anak selama liburan sekolah. Oleh karena itu, dukung stamina si kecil dengan memberikan multivitamin tambahan terbaik seperti Enervon-C Plus Syrup.

Enervon-C Plus Syrup mengandung vitamin C yang secara efektif akan menjaga daya tahan tubuh sepanjang hari. Tak hanya itu saja, multivitamin yang satu ini juga tinggi akan vitamin B kompleks yang bantu tubuh menghasilkan energi sehingga anak-anak akan senantiasa fit dan juga aktif.

Jadi, penting bagi orang tua untuk rutin memberikan multivitamin ini setiap hari demi kesehatan sang buah hati tercinta ya! Order sekarang juga melalui link Shopee dan Tokopedia berikut untuk mendapatkan Enervon-C Effervescent dan produk Enervon lainnya secara online!