Honeymoon atau bulan madu menjadi salah satu momen bersama pasangan yang bisa direncanakan jauh-jauh hari. Meski identik dengan agenda setelah melangsungkan pernikahan, ternyata bulan madu juga dilakukan di waktu lain untuk mempererat hubungan. Misalnya untuk merayakan hari ulang tahun salah satu pasangan maupun ulang tahun pernikahan. Dengan perencanaan yang matang, perjalanan kalian akan semakin sempurna. Termasuk dalam memilih destinasi wisata, lokasi dengan suasana romantis harus masuk dalam itinerari kamu. Untuk mempermudah proses penentuannya, berikut ini daftar tempat honeymoon paling romantis di Indonesia. Ikuti juga tips sehatnya pada akhir ulasan ya.

Tempat Honeymoon Paling Romantis di Indonesia

1. Raja Ampat, Papua Barat

Tempat pertama datang dari sisi timur Indonesia, yaitu Raja Ampat. Ajak pasangan berkeliling lautan biru dengan pemandangan eksotik perbukitan yang masih murni. Tidak berhenti di situ, wisatawan yang berkunjung juga harus merasakan setidaknya satu kali menjelajahi dunia bawah lautnya. Terumbu karang dan biota laut cantik siap menyambut kalian. Terlebih lagi dengan hadirnya banyak resort berkonsep pondok yang cocok sekali untuk pasangan bulan madu. Dijamin liburanmu akan makin berkesan di sana.

2. Gili Trawangan, Lombok

Tak kalah cantik dan menawan, Lombok juga memiliki tempat honeymoon idaman di Gili Trawangan. Kamu dan pasangan bisa merasakan seakan-akan memiliki pulau pribadi dengan air laut yang jernih, pasir putih yang lembut, serta pemandangan bawah laut yang keren. Di sekitar Gili Trawangan, terdapat beberapa pulau kecil lain yang bisa dijelajahi dengan perahu khusus. Island hopping juga bisa jadi alternatif kegiatan yang patut dipertimbangkan tuk mengisi liburan bulan madu.

3. Ubud, Bali

Jika kamu lebih suka suasana khas pedesaan yang tenang dan sejuk dengan atmosfer romantis yang tinggi, maka Ubud, Bali adalah jawabannya. Atraksi yang harus masuk dalam itinerari kamu di antaranya makan malam romantis di pinggir sungai Ayung, jalan-jalan ke Bukit Campuhan, berenang di Air Terjun Tegenungan, hingga staycation di hotel atau resort berkonsep romantis yang banyak ditawarkan. Banyaknya daya tarik yang ditawarkan akan membuat kamu makin penasaran dengan tempat honeymoon yang satu ini.

4. Gunung Bromo, Jawa Timur

Beralih ke Pulau Jawa, cobalah menginap dengan suasana pegunungan yang masih asri di Gunung Bromo. Meskipun bernama gunung, kamu dan pasangan tidak perlu mendaki selama berjam-jam karena akses motor dan mobil tersedia. Mulai dari menikmati matahari terbit di Bukit Cinta, jalan-jalan ke Pura Luhur Poten, hingga berkemah di Danau Ranu Kumbolo menjadi daftar aktivitas seru dan romantis yang tak boleh dilewatkan. Apalagi jika kamu datang tepat saat Upacara Yadnya Kasada dari Suku Tengger berlangsung, suasana liburan akan makin bermakna.

5. Karimunjawa, Jawa Tengah

Jika Lombok terlalu jauh atau membutuhkan biaya terlalu besar, Jawa Tengah juga punya gugusan pulau yang tak kalah cantiknya di Karimunjawa. Pulau kecil dengan air laut biru dan terumbu karang yang menawan siap menemani perjalanan bulan madu kalian. Tidak hanya snorkeling dan diving, kamu juga bisa merasakan serunya menjelajahi hutan mangrove dan mengunjungi beragam jenis pantai di sana. Cuaca cerah seperti saat kemarau lebih disarankan untuk berkunjung.

Tips Sehat Selama Honeymoon

Kamu tentu setuju bahwa tubuh yang sehat dan fit selama libur bulan madu adalah kunci untuk mendapatkan momen berkesan. Selain kemungkinan yang besar melakukan semua daftar aktivitas seru, kamu juga akan kembali dengan tubuh yang segar meski liburan berhari-hari. Untuk itu, lakukan beberapa tips sehat selama berkunjung ke tempat honeymoon pilihan.

1. Memastikan Tubuh Terhidrasi dengan Baik

Jangan sampai semua kegiatan seru membuat kalian lupa atau kurang memperhatikan pemenuhan cairan tubuh. Jadi, pastikan kamu selalu membawa air minum pribadi sebelum keluar dari tempat penginapan.

2. Perhatikan Kesehatan Kulit

Selama aktivitas di luar ruangan, pastikan kamu dan pasangan sudah mengoleskan tabir surya secara merata. Pilih kemasan yang mudah dibawa agar kamu bisa mengoleskan ulang jika berada di bawah sinar matahari lebih dari 2 jam. Bawa juga topi dan pakaian panjang untuk perlindungan ekstra.

3. Memilih Menu Makan dan Camilan Sehat

Wisata kuliner memang seru, namun menjaga kesehatan tubuh dari makanan yang dikonsumsi juga penting. Hindari menu makan besar dan camilan dengan kandungan gula-garam-lemak yang tinggi. Beberapa camilan sehat yang disaranakan adalah buah, kacang-kacangan atau granola tanpa bumbu berlebih, protein bar, dan madu.

4. Mengonsumsi Suplemen Vitamin

Tips terakhir dan menjadi langkah paling efektif adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsi tambahan makanan seperti suplemen akan sangat membantu kamu dan pasangan. Cukup dengan minum 1 kali sehari, kamu telah memastikan tubuh mendapat nutrisi vitamin dan mineral. Selain meminimalisir tubuh terkena sakit, kamu juga akan lebih berstamina selama perjalanan.                                                                                             

Menyambung tips di atas, salah satu bentuk suplemen yang tepat dibawa selama honeymoon adalah effervescent. Selain kandungan yang aktif membantu meningkatkan daya tahan tubuh, jenis vitamin ini mudah larut dalam air putih. Jadi, kamu juga bisa menambah cairan tubuh sekaligus melengkapi nutrisi yang dibutuhkan. Enervon-C Effervescent hadir dengan multivitamin dan mineral lengkap, cocok untuk menemani perjalanan kamu dan pasangan. Dapatkan produk yang asli dan akses praktis dengan mengunjungi Tokopedia atau Shopee resmi Enervon.