Jepang adalah salah satu negara dengan daya tarik yang tak pernah habis. Banyak tempat wisata populer yang menjadi impian bagi sebagian besar orang untuk berlibur ke sana. Mulai dari wahana taman bermain segala usia, wisata kuliner yang selalu seru dijelajahi, hingga budayanya yang masih sangat kental membuat liburan ke Jepang sangat dinantikan. Untuk mendapatkan pengalaman mengesankan dan maksimal, persiapkan beberapa hal berikut sebelum liburan ke Jepang.

Persiapan Liburan ke Jepang

1. Membuat Itinerari Secara Rinci

Jangan remehkan manfaat itinerari dalam perjalanan kamu, apalagi saat liburan ke luar negeri. Tidak hanya soal memilih tempat wisata tujuan, itinerari untuk liburan ke Jepang juga berfungsi untuk membantu kamu mengelola akomodasi dan mobilisasi selama di sana. Termasuk menentukan pakaian sesuai musim yang sedang berlangsung.

2. Memahami Beberapa Aturan di Jepang

Persiapan dokumen wajib untuk masuk ke negara sakura ini tak kalah penting. Selain memastikan paspor kamu masih berlaku, kamu juga perlu mengurus visa, baik dengan visa kunjungan wisata maupun visa waiver. Khusus untuk visa waiver, kamu bisa mengurusnya secara online melalui laman resmi Visit Japan Web.

Selain aturan administrasi, pahami juga beberapa etika yang perlu diikuti oleh semua wisatawan. Salah satunya adalah makan sambil berjalan termasuk ketidaksopanan sehingga kamu akan melihat beberapa tanda jalan ini di titik-titik tertentu.

3. Membeli Tiket Tempat Wisata Pilihan dan Reservasi Tempat Makan Populer

Tingginya minat wisatawan dari berbagai negara membuat banyak tempat wisata populer di Jepang memiliki antrean yang panjang. Sehingga sangat disarankan untuk memesan tiket jauh-jauh hari dari berbagai aplikasi trip yang bekerja sama. Hal ini juga berlaku untuk tempat makan populer. Bedanya, kamu perlu melakukan reservasi dengan menghubungi pengelola resmi tempat makan tersebut.

4. Menyiapkan Alat Pembayaran Tunai dan Non-tunai

Beberapa tempat perbelanjaan besar memang memungkinkan kamu melakukan transaksi dengan kartu kredit. Namun masih banyak juga tempat makan yang mengharuskan kamu membayar dengan uang tunai, terutama tempat makan dengan sistem pelayanan mandiri. Sedangkan untuk mengambil uang tunai melalui kartu debit, kamu bisa memanfaatkan mesin ATM dari Seven Bank. Tenang, kartu ATM VISA dan Mastercard diterima kok.

5. Menyiapkan Alat Elektronik yang Sesuai

Khusus untuk keperluan alat elektronik seperti ponsel dan tablet, kamu perlu membawa adaptor universal pribadi. Sedangkan untuk kebutuhan koneksi internet, negara Jepang tidak memiliki banyak tempat yang menawarkan Wi-Fi gratis. Sehingga sangat disarankan membeli SIM Card lokal sekaligus router Wi-Fi portable jika kamu ingin membawa lebih dari satu gawai.

6. Memiliki Akses Transportasi Umum

Untuk pengalaman menjelajahi beberapa kota di Jepang secara maksimal, kamu harus memiliki akses kereta yang dikelola oleh Japan Railway. Beberapa kartu akses yang banyak dibutuhkan adalah JR Pass, Tokyo Pass, e-money Suica/Pasmo, hingga tiket Shinkansen dan/atau Narita Express. Harganya sangat tergantung dari masa berlaku dan area yang bisa dijangkau. Sebagai contoh, Tokyo Pass relatif lebih murah dibanding JR Pass namun hanya bisa digunakan di Kota Tokyo.

7. Mengirim dan Menitipkan Koper

Jika kamu ingin berpindah kota tapi terlalu sulit membawa serta kopermu, gunakan jasa pengiriman koper. Salah satu penyedia jasa mampu mengirimkan koper dari Tokyo ke Osaka dalam 1-2 hari. Kemudian jika kamu ingin berkeliling dahulu sebelum check-in hotel, koper bisa dititipkan ke banyak loker berbayar di stasiun kereta. Sedangkan untuk kamu yang ingin membawa serta koper, cermati aturan barang bawaan untuk kereta Shinkansen, Tokaido, Sanyo, dan Kyushu. Ukuran koper atau barang bawaan yang besar seperti kereta bayi umumnya membutuhkan reservasi terlebih dahulu.

8. Tips Khusus untuk Mengunjungi Kota Pinggiran Jepang

Apabila kamu ingin merasakan indahnya pinggiran kota di Jepang, maka merental mobil lebih disarankan. Terutama jika kamu sudah memiliki Izin Mengemudi Internasional, maka biaya perjalanan kamu akan lebih terjangkau. Cara ini umumnya disukai oleh wisatawan yang benar-benar ingin memiliki konsep liburan spontan.

9. Barang Penting untuk Jaga Kebersihan

Karakteristik lain dari negara Jepang adalah tidak semua tempat cuci tangan menawarkan tisu kering. Sehingga sangat disarankan untuk membawa handuk atau kain kecil sendiri selama jalan-jalan. Termasuk membawa kantong khusus sampah, karena tidak ada tempat sampah umum di sana. Saat makan street food pun sebaiknya langsung dikonsumsi di sekitar gerobak atau kios penjualnya karena kemasannya bisa dikembalikan atau dibuang di tempat sampah mereka. Kecuali jika kantong sampah yang kamu bawa cukup besar.

10. Pentingnya Membawa Obat-obatan Pribadi

Tentu saja di Jepang juga ada apotek, tapi lebih disarankan untuk membawa sendiri dari Indonesia. Hal ini karena besar kemungkinan dosis obat-obatan produk Indonesia jauh lebih sesuai dengan tubuh kamu. Selain itu, membawa perlengkapan kesehatan pribadi juga memudahkan proses pertolongan pertama saat sakit atau kurang enak badan.

Tips Sehat Liburan ke Luar Negeri

Menyambung persiapan pada poin terakhir di atas, simak beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan selama jalan-jalan ke luar negeri.

  1. Pastikan pakaian kamu cocok dengan cuacanya agar suhu tubuh tetap stabil.
  2. Tidak lupa mengoleskan ulang tabir surya jika kamu beraktivitas di luar ruangan selama berjam-jam.
  3. Jangan remehkan hidrasi tubuh meski cuacanya sedang tidak panas. Sebaiknya membawa botol air minum pribadi yang sudah terisi atau memastikan kamu sudah membelinya di minimarket (konbini) terdekat.
  4. Membawa camilan sehat jika diperlukan, seperti buah-buahan segar, kacang-kacangan tanpa gula dan garam berlebih, protein bar, cokelat hitam, dan lain sebagainya. Terutama jika kamu ingin mode hemat atau harus melakukan perjalanan pindah kota yang cukup lama.

Selain tips sehat di atas, bawalah suplemen makanan untuk menjaga daya tahan tubuh dan stamina tetap prima selama perjalanan. Sudah banyak vitamin dengan kemasan strip yang mudah lolos di maskapai penerbangan sekaligus praktis dibawa. Salah satunya adalah Enervon-C Tablet, dengan kandungan multivitamin dan mineralnya yang lengkap. Hanya dengan konsumsi satu tablet per hari, kamu telah memastikan tubuh mendapat asupan vitamin harian yang cukup. Pastikan kamu membeli produknya yang asli dari toko resmi Enervon di Tokopedia atau Shopee.