Ketika kamu akan berlibur ke luar negeri, kamu harus mempersiapkan paspor dan juga visa. Tentunya, visa berlaku untuk negara- negara yang tidak bebas visa, misalnya seperti Jepang dan Amerika Serkat.

Fungsi visa mirip dengan surat izin yang memperbolehkan kamu masuk atau tidak ke negeri tujuan kamu. Nah, berikut ini cara membuat visa yang wajib kamu ketahui!


1. Mendaftar dan memesan jadwal wawancara untuk verifikasi dokumen

Credit: ceritasf.com

Langkah pertama adalah kamu harus mengunjungi website negara tujuan. Kemudian, kamu akan diarahkan ke website organisasi untuk mengisi data dan reservasi jadwal verifikasi.

Nantinya, akan muncul pemberitahuan selanjutnya via email mengenai waktu wawancara atau verifikasi. Ada negara yang mengharuskan pembayaran di depan sebelum melakukan wawancara, seperti Amerika Serikat. Setelah selesai melakukan pembayaran, jangan lupa untuk masukkan nomor slip.

Ada beberapa negara yang tidak mengharuskan proses wawancara, tetapi tetap ada proses verifikasi dokumen.

2. Siapkan dokumen yang dibutuhkan

Credit: phinemo.com

Sembari menunggu hari verifikasi dokumen atau wawancara, segera siapkan dokumen- dokumen yang dibutuhkan, seperti paspor, KTP, formulir permohonan, foto, bukti pembayaran visa, surat keterangan sponsor, surat keterangan kerja/belajar, dokumen keuangan, jadwal perjalanan dan tiket pesawat, serta surat keterangan kesehatan.

3. Jika dibutuhkan, berikan dokumen di tempat yang diminta sekaligus wawancara

Credit: studying-in-germany.org

Kalau semua dokumen sudah siap, serahkan di lokasi verifikasi yang sudah ditentukan. Biasanya, kamu akan diminta datang ke Kedutaan Besar negara tujuanmu untuk di verifikasi atau di wawancara.

Kalau dokumen yang kamu bawa sudah lengkap, kamu harus segera melakukan pembayaran. Tapi, jika kamu sudah melakukan pembayaran di awal pendaftaran, kamu tidak perlu membayar kembali.

4. Proses pengambilan visa

Credit: qatarairways.com

Setelah proses verifikasi atau wawancara, visa tidak bisa langsung diberikan. Kamu harus menunggu minimal 4 hari kerja. Nantinya, akan ada notifikasi dari pihak bersangkuat soal perkembangan visa yang kamu apply. Dan jika ada pemberitahuan visa sudah selesai dibuat, maka kamu harus mengambilnya di kantor yang sudah ditentukan.

 

Itu dia cara- cara membuat visa untuk liburan ke luar negeri. Sudah paham kan sekarang? Semoga membantu ya!

 

Featured Image - news.yahoo.com