Berkuliah sambil kerja atau magang di luar negeri memang tampak menggiurkan. Bila ada kesempatan datang, pasti banyak orang yang ingin melakukannya.

Namun, sayangnya tidak sedikit informasi palsu bertebaran di internet. Jika kamu tidak mengecek kebenarannya, kesempatan ini bisa berpotensi merugikan dirimu. Berikut ini beberapa tips yang perlu kamu terapkan sebelum pergi ke luar negeri untuk kuliah sambil kerja.

1. Pastikan dulu keinginanmu, ingin kuliah atau bekerja?

Credit: thoughtco.com

Pastikan dulu keinginanmu dari sekarang, apakah kamu ingin kuliah atau bekerja. Kamu perlu memastikan hal ini, karena prosedurnya akan jelas berbeda.

Untuk berangkat ke luar negeri sebagai tenaga kerja, kamu perlu terdaftar di dinas tenaga kerja atau kementrian ketenagakerjaan. Sedangkan, untuk kuliah, kamu butuh visa pelajar.

2. Jika ingin kuliah, cari informasi di Lembaga resmi Pendidikan

Credit: melissaisd.org

Sebelum berangkat kuliah ke luar negeri, sebaiknya cari sebanyak- banyaknya informasi. Tentang universitas tujuan, skema pembiayaan, struktur kurikulum, dan tempat tinggal.

Jika kamu tidak memiliki informasi ini, sebaiknya gali kembali berbagai informasi ini ya. Agar nantinya kamu tidak kebingungan sendiri.

3. Jika ingin bekerja, cek informasi lowongan di dinas setempat

Credit: metropekanbaru.com

Namun sebaliknya, jika kamu ingin bekerja di luar negeri, coba cari lowongan informasi kerja di dinas tenaga kerja sesuai domisilimu. Biasanya, informasi yang berasal dari pemerintahan telah terpublikasi sesuai prosedur.

4. Jangan mudah tergiur iming- iming uang

Credit: forbes.com

Kuliah sambil kerja di luar negeri memang menggiurkan, ya. Kita bisa mendapatkan gelar sekaligus mencari uang. Tapi, kamu perlu hati- hati, karena sekarang ini banyak jebakan atau informasi palsu. Jangan mudah tertipu dengan informasi, ya. Cek kembali semua kebenaran info yang kamu dapatkan.

5. Pastikan ada prosedur perlindungan untukmu

Credit: reveelgroup.com

Pergi ke luar negeri pasti memiliki risiko. Bila kamu sudah menghubungi Lembaga yang menawarkan kuliah sambil kerja, tanyalah soal prosedur perlindungan yang berlaku di negara tujuanmu.  Dalam skema bekerja, pekerja di Indonesia dilindungi oleh asuransi dari BPJS Ketenagakerjaan.

6. Cek agenda bekerja yang ditawarkan Lembaga tersebut

Credit: fitforwork.org

Jika hal ini sudah diagendakan, tanyakan lebih detail soal struktur bekerja di perusahaan tersebut. Mulai dari jenis pekerjaan, jabatan profesi, keberadaan struktur, dan membagi waktu untuk kuliah.

7. Cek legalitas keberadaan Lembaga tersebut

Credit: alaskahighwaynews.ca

Coba cek kembali legalitas Lembaga yang menawarkan kamu kuliah sambil kerja tersebut. Datanglah ke kantor dinas tenaga kerja sesuai domisili atau ke Kementerian Ketenagakerjaan. Kamu bisa konsultasi atau sekedar tanya- tanya tentang alur bekerja ke luar negeri yang sesuai dengan prosedur.

 

Itulah tujuh tips yang perlu kamu terapkan saat mendapatkan informasi tentang kuliah sambil bekerja di luar negeri. Semoga bermanfaat!

 

Featured Image - thriveglobal.com