Perubahan cuaca yang sulit dipastikan akhir-akhir ini sangat berpengaruh pada manusia. Tidak hanya butuh proses adaptasi yang cepat, tubuh juga membutuhkan sistem imunitas yang baik agar tidak terkena penyakit menular. Batuk pilek menjadi salah satu penyakit yang sering terjadi saat cuaca kurang mendukung. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Ikuti jawabannya di bawah ini serta cara mengatasi dan mencegahnya.

Batuk Pilek yang Disebabkan Cuaca

Batuk pilek memang terjadi karena banyak hal, namun jumlahnya cenderung meningkat saat suhu sekitar menurun. Musim pancaroba dan cuaca dingin adalah sebagian cuaca yang memengaruhi imunitas tubuh sekaligus pertumbuhan virus penyebab batuk pilek.

Secara ilmiah, Indonesia memiliki tingkat kelembapan yang tinggi saat cuaca dingin. Situasi inilah yang membuat perkembangan virus penyebab flu meningkat, begitu juga dengan persebarannya. Suhu yang dingin menjadikan partikel virus terpecah menjadi sangat kecil dan menyebar saat seseorang yang sudah terinfeksi bersin dan batuk. Partikel kecil inilah yang membuat virus flu dan batuk lebih mudah terhirup oleh orang lain. Sesederhana gagang pintu dan ponsel bisa menjadi media penularan yang cocok bila kebersihannya kurang diperhatikan. Tidak berhenti di situ, banyak jenis virus yang bertahan hidup lebih lama pada suhu dingin.

Sayangnya, organ tubuh yang mampu menangkap virus seperti selaput lendir pada hidung menurun performanya saat cuaca dingin. Belum lagi dengan faktor turunnya imun tubuh akibat kekurangan vitamin D yang paling banyak didapatkan dari sinar matahari. Musim hujan menjadikan banyak orang lebih suka di dalam rumah sehingga jarak antar penghuni rumah semakin kecil. Hal ini menjadikan proses penularan semakin cepat.

Virus yang menempel pada anggota tubuh dan terlanjur masuk dalam jumlah yang besar akan menjadi penyebab terjadinya infeksi saluran pernapasan atas. Di saat yang sama, pembuluh darah semakin menyempit akibat suhu dingin dan menyebabkan sel darah putih sebagai zat yang memerangi virus kesulitan mencapai selaput lendir. Jadi, memang benar bahwa batuk pilek banyak dipengaruhi oleh faktor cuaca.

Cara Mengatasi Batuk Pilek di Rumah

Dengan semua faktor yang ada di atas, terkena batuk pilek memang sulit dihindari. Terutama jika daya tahan tubuh kamu kurang optimal. Saat terkena batuk pilek, lakukan beberapa cara di bawah ini untuk mengatasinya.

1. Miliki Waktu Istirahat yang Cukup

Mengalami gejala seperti demam dan bersin-bersin adalah hal wajar karena itu artinya tubuh kamu sedang melawan virus yang di dalam tubuh. Pastikan kamu memiliki waktu istirahat yang cukup untuk membantu sistem imun bekerja dengan baik. Batuk berdahak juga menunjukkan bahwa tubuh sedang berusaha mengeluarkan virus yang ada dalam paru-paru. Hal ini juga berlaku pada ingus di hidung. Sehingga pastikan kamu membuangnya dengan benar agar tidak menularkannya pada orang lain.

2. Berkumur dengan Larutan Garam

Bila hidung tersumbat atau tenggorokan sakit, berkumurlah dengan larutan air garam untuk membunuh partikel virus dan bakteri. Kamu bisa mencampurkan ¼ sendok teh garam dan ¼ sendok teh baking soda dalam air yang sudah direbus sebelumnya. Lakukan 3 kali sehari untuk meringankan gejala batuk pilek.

3. Perbanyak Konsumsi Minuman Hangat

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh tetap penting di saat terkena flu. Pilihlah makanan dan minuman hangat untuk membantu meredakan hidung tersumbat dan menenangkan selaput lendir seperti tenggorokan yang terinfeksi. Jika bosan dengan air putih biasa, kamu bisa mencampurkannya dengan madu, lemon, jahe, hingga teh herbal lainnya.

4. Kompres atau Mandi Air Hangat

Bila kamu mengalami demam disertai kepala pusing, kamu bisa mengompresnya dengan kain basah yang dingin atau hangat selama maksimal 20 menit. Ulangi setelah minimal 20 menit jika kamu ingin melakukannya kembali. Selain kompres, mandi air hangat juga bisa membantu tubuh tetap rileks selama istirahat.

5. Tidur dengan Kepala Lebih Tinggi

Saat kamu kesulitan tidur akibat batuk pilek, letakkan tambahan bantal di bawah kepala agar posisi kepala sedikit lebih tinggi. Posisi berbaring ini akan membantu saluran pernapasan lebih lancar.

Cara Mencegahnya Saat Cuaca Kurang Baik

Langkah pencegahan menjadi cara paling bijak untuk menghindarkan diri dari batuk pilek, terutama saat cuaca dingin dan/atau hujan. Lakukan beberapa tipsnya berikut.

1. Disiplin Menjaga Kebersihan dengan Benar

Tips pertama tentu berhubungan erat dengan lingkungan sekitar yang higienis. Terapkan beberapa cara untuk menjaga kebersihan diri dan mencegah penularan kepada orang lain. Di antaranya adalah pastikan kamu sudah mencuci tangan sebelum makan, mengusap wajah, dan setelah dari kamar mandi. Serta hindari menutup mulut saat bersin dan batuk dengan tangan. Tutup bersin dan batuk dengan siku bagian dalam atau gunakan tisu lalu membuangnya.

2. Jangan Lewatkan Olahraga Harian

Olahraga ringan menjadi salah satu cara efektif untuk meningkatkan produksi sel darah putih, yaitu sel yang membunuh virus penyebab penyakit. Latihan ringan seperti bersepeda atau lari pagi dapat meningkatkan fungsi kerja jantung dan peredarah darah, termasuk sel darah putih. Olahraga di luar ruangan juga memungkinkan kamu mendapat vitamin D dari sinar matahari dengan cukup.

3. Pola Makan Sehat dan Konsumsi Vitamin

Kunci dari semua bentuk pencegahan adalah memiliki pola makan sehat dengan gizi seimbang. Bila perlu, konsumsi suplemen penambah imun tubuh untuk memastikan kecukupannya. Kandungan vitamin C dan vitamin D ampuh meningkatkan daya tahan tubuh terutama jika kamu sedang sulit beraktivitas di luar ruangan. Banyak vitamin dibuat untuk mencegah batuk pilek dan meringankan gejalanya. Jadi, lakukan pencegahan dan jadikan cara-cara di atas kebiasaan baik pada cuaca apa pun.

Jaga Kesehatan Tubuh Bersama Semua Varian Enervon

Untuk mendukung tips yang terakhir, Enervon menjadi produk yang siap menemani kamu sehari-hari. Dengan kandungan lengkap di setiap variannya, urusan pemenuhan vitamin dan mineral harian akan lebih mudah. Mulai dari varian tablet yaitu Enervon Effervescent yang mudah larut dalam air putih menjadikannya ramah bagi semua usia.

Selain bahan khusus, semua varian Enervon memiliki kandungan vitamin C dan B kompleks yang baik bagi sistem imun. Dapatkan semua produk tersebut di toko resmi Tokopedia dan Shopee Enervon.

Referensi:

  1. Mount Elizabeth Hospitals. 2019. Why Do Weather Changes Make Us Feel Under The Weather?. Diakses pada 1 Septemer 2023 dari https://www.mountelizabeth.com.sg/health-plus/article/weather-changes-cold-vs-flu#.
  2. WebMD. 2023. 8 Natural Tips to Help Prevent a Cold. Diakses pada 1 September 2023 dari https://www.webmd.com/cold-and-flu/11-tips-prevent-cold-flu
  3. WebMD. 2021. 12 Natural Treatment Tips for Colds and Flu. Diakses pada 1 September 2023 dari https://www.webmd.com/cold-and-flu/12-tips-prevent-colds-flu-1