Salah satu tantangan besar dalam mengasuh anak untuk orang tua yang bekerja adalah proses pendampingan setiap waktu. Saat kedua orang tua harus bekerja penuh waktu, ayah dan ibu pasti membutuhkan bantuan orang lain untuk merawat anak. Sebagian orang tua mempercayakan anggota keluarga lain yang bersedia. Namun tidak sedikit yang memilih menggunakan pelayanan daycare atau tempat penitipan anak. Daycare adalah solusi efektif untuk menitipkan anak sekaligus mengajarkan anak untuk berinteraksi dengan teman sebayanya. Jangan buru-buru, pahami tips penting memilih daycare terbaik untuk anak.

Hal yang Perlu Diperhatikan Orang Tua Saat Memilih Daycare untuk Anak

1. Terakreditasi dan/atau Banyak Direkomendasikan

Hal pertama yang wajib diperhatikan adalah daycare tersebut harus sudah memiliki lisensi resmi dari negara atau pemerintah setempat. Selain lisensi yang masih berlaku, perhatikan juga akreditasi yang dipegang selama beberapa tahun terakhir. Jika kamu membutuhkan rekomendasi yang lebih banyak untuk meyakinkan penilaian, cari testimoni dari orang-orang sekitar yang kamu percaya. Hal ini akan sangat membantu proses memilah beberapa penyedia layanan.

2. Lingkungan yang Nyaman dan Merangsang Rasa Bahagia

Pastikan kamu sudah mengunjungi lokasi daycare selama beberapa kali. Dalam setiap kunjungan, rasakan apakah lingkungan yang ada memberikan rasa nyaman seperti di rumah (homey). Perhatikan kesan pertama kamu saat memasuki ruangan dan lihat ekspresi anak-anak di sana, bagaimana mereka mendapat akses belajar dan bermain, dan masih banyak lagi indikator lainnya. Hal terpenting adalah kamu perlu menyesuaikannya dengan karakter anak. Tidak hanya anak-anak di sana, staf dan pengasuh yang memberikan layanan juga harus menunjukkan bahwa mereka bahagia merawat anak-anak.

3. Kebersihan dan Keamanan di Dalam dan Luar Ruangan

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, kebersihan dan keamanan lingkungan juga hal wajib yang harus ada. Perhatikan keamanan kunci pintu dan jendela, ketersediaan ruang kelas berdasarkan usia anak, serta sarana prasarana lainnya. Tidak hanya kebersihan lantai dan mainan yang digunakan anak, kebersihan alat makan dan kamar mandi anak juga harus terjamin baik. Termasuk apakah pengasuh menerapkan kebiasaan baik untuk menjaga kebersihan.

4. Kegiatan untuk Anak yang Diberikan Setiap Hari

Kemudian jangan ragu untuk menanyakan bagaimana metode yang digunakan staf dan pengasuh dalam memberikan kegiatan untuk semua anak-anak. Hal ini nantinya akan berkaitan langsung dengan memberikan anak pengalaman belajar yang optimal. Tentukan terlebih dahulu apakah ayah dan ibu lebih suka pola asuh anak bebas memilih aktivitasnya yang dia sukai selama mereka mau fokus dalam satu hal tertentu? Atau lebih suka jika daycare memiliki kurikulum dengan model edukasi seperti di sekolah formal? Semuanya kembali lagi dengan prinsip pengasuhan kamu sebagai orang tua.

5. Memiliki Pengasuh yang Berdedikasi dan Penyayang

Hal penting yang perlu diperhatikan berikutnya adalah tersedianya jumlah pengasuh yang cukup. The National Association for the Education of Young Children (NAEYC)¹ memberikan panduan untuk hal ini, yaitu 1 pengasuh merawat maksimal 4 anak usia di bawah 15 bulan. Perbandingan ini juga berlaku untuk anak usia 2,5 tahun. Baru pada usia 3-4 tahun, 1 pengasuh bisa merawat 4-6 anak.

Selain itu, cari tahu juga apakah turnover staf daycare tinggi atau tidak. Pilih daycare yang tidak sering mengganti staf pengasuhnya. Seorang ahli parenting menyarankan bahwa setidaknya anak harus diasuh oleh 1 pengasuh yang sama selama 1 tahun untuk memberikan anak rasa nyaman dan bahagia selama masuk daycare. Hal ini mungkin sulit dilakukan bagi sebagian besar penyedia jasa daycare. Namun tidak ada salahnya untuk menanyakan kepada pihak pengelola.

6. Cara Pengasuh Menjalin Interaksi dengan Anak dan Orang Tua

Lakukan observasi secara mandiri bagaimana pengasuh melakukan interaksi dengan anak dan juga kamu sebagai orang tua. Beberapa tandanya adalah berbicara dengan posisi sejajar dengan mata anak, mengajari sesuatu dengan intonasi lembut, hingga menjalin komunikasi interaktif dengan orang tua terkait tumbuh kembang anak selama ada di daycare. Saat kamu nyaman berkomunikasi dan pengasuh menunjukkan kepeduliannya pada anak, maka besar kemungkinan daycare tersebut akan terpilih.

7. Pengelolaan Kondisi Darurat yang Baik

Jangan ragu untuk menanyakan kebijakan dan tindakan yang dilakukan pihak pengelola daycare saat terjadi hal darurat. Misalnya, saat anak tiba-tiba sakit atau terjatuh, berkelahi dengan teman, tidak mau makan, dan lain sebagainya. Prosedur pertolongan pertama yang akan dilakukan serta kapan saatnya menghubungi kamu tak kalah penting dipertimbangkan.

Tips Lain yang Perlu Diterapkan

Mendapat daycare berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan kamu dan anak-anak adalah hal penting. Namun mengupayakan peran pengasuhan kamu tidak sepenuhnya hilang juga tak kalah penting. Jangan sampai orang tua hanya mengantar dan menjemput anak saja. Sehingga memastikan orang tua memiliki waktu berkualitas dengan anak di rumah juga perlu diperhatikan.

Jadilah orang tua yang proaktif terkait pola asuh terbaik namun tidak terlalu mengganggu sistem pengasuhan di kelas. Jika kamu terpaksa terlambat menjemput, jangan lupa mengabari pihak daycare dan minta pengertian mereka. Berikan kepastian jam berapa kamu akan datang. Alih-alih menganggap pengasuh sebagai orang lain, jadikan mereka sebagai tim untuk merawat dan mendidik anak.

Menjaga Kesehatan Anak Bersama Enervon

Kamu tentu setuju bahwa daycare adalah salah satu tempat publik yang memungkinkan anak bertemu dengan banyak orang. Sehingga kemungkinan terpapar virus dan bakteri juga pasti lebih besar dibanding saat pengasuhan penuh di rumah. Untuk urusan ini, kamu bisa menyerahkannya pada Enervon-C Plus Syrup.

Kandungan multivitamin dan mineral yang bervariasi menjadikan suplemen ini banyak direkomendasikan. Mulai dari vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin A, hingga vitamin D bisa diperoleh anak hanya dengan minum satu kali per hari saat pagi. Kamu tidak hanya memastikan anak mendapat nutrisi yang seimbang, tapi juga menjaga daya tahan tubuhnya selama beraktivitas. Produk yang asli juga praktis didapatkan dengan mengunjungi toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee. Jaga kesehatan keluarga bersama Enervon!

Referensi:

  1. Karel Roxas. 2023. 8 Important Signs of a Great Daycare. Diakses pada 14 September 2023 dari https://www.babylist.com/hello-baby/8-important-signs-of-a-great-daycare
  2. Maura Hohman. 2022. Day Care 101: How to Choose the Best Day Care Facility for Your Family. Diakses pada 14 September 2023 dari https://www.whattoexpect.com/first-year/daycare#visit