Berkemah di alam terbuka bersama keluarga atau sahabat menjadi agenda weekend yang makin digandrungi saat ini. Jika kamu belum tahu akan menghabiskan akhir pekan ini dengan kegiatan apa, maka camping bisa jadi ide menarik untuk dilakukan. Umumnya, lokasi tempat kemah memiliki jarak yang cukup jauh dan ada di dataran tinggi/kawasan pegunungan. Oleh sebab itu, ada banyak persiapan camping yang harus kamu perhatikan sebelum berangkat. Pastikan kamu membawa barang-barang wajib di bawah ini supaya kegiatan camping berjalan dengan lancar. 

Alat Wajib untuk Persiapan Camping

Menghabiskan waktu libur untuk camping bersama orang tercinta pastinya sangat menyenangkan. Namun, pastikan untuk melakukan persiapan camping supaya tidak ada kendala yang mengganggu aktivitasmu selama berkemah. Nah, bagi kamu yang baru pertama kali pergi berkemah, maka jangan lewatkan untuk membawa barang-barang berikut ini.

1. Tenda dan Peralatan Pendukung

Tenda menjadi barang penting yang tidak boleh ketinggalan saat pergi camping. Selain itu, kamu juga harus membawa peralatan pendukung yang memudahkanmu dalam membangun tenda di lokasi tujuan. Nah, supaya tidak menyita waktu, lebih baik kamu menyiapkan jenis tenda yang praktis dan mudah untuk didirikan.

2. Sleeping Bag dan Matras

Tidur di alam terbuka yang beralaskan tanah tentu akan membuatmu tidak nyaman. Namun tidak perlu khawatir karena hal ini bisa diatasi dengan membawa matras dan sleeping bag. Kedua barang tersebut akan sangat membantumu saat ingin beristirahat di dalam tenda. Matras yang  empuk akan membuatmu tetap nyaman, sedangkan sleeping bag akan menjaga tubuh agar tetap hangat di tengah cuaca dingin pegunungan. 

3. Peralatan Masak Khusus Camping

Saat berkemah, kamu harus menyiapkan makanan secara mandiri karena tidak ada penjual makanan di sekitar lokasi camping. Oleh sebab itu, peralatan masak menjadi barang penting  lainnya yang harus dibawa saat berkemah.

Pastikan untuk membawa alat masak khusus camping yang berukuran kecil, ringan, dan mudah dibawa ke mana-mana, misalnya saja seperti kompor gas portable, sendok garpu, pisau lipat, kotak makan, dan lain-lainnya. Bawa peralatan masak secukupnya saja supaya beban barang yang kamu bawa tidak terlalu berat.

4. Bahan Makanan dan Air Minum

Siapkanlah bahan-bahan makanan yang mudah diolah karena keterbatasan alat masak selama camping. Selain itu, bawa camilan, buah-buahan, serta mi instan secukupnya agar kebutuhan makanan tetap terpenuhi selama berkemah. Tak lupa, bawa juga air putih dan minuman dalam kemasan sachet ya!

5. Senter dan Lampu Emergency

Benda penting selanjutnya yang harus kamu siapkan saat berkemah adalah senter dan lampu emergency. Pasalnya, tidak ada fasilitas penerangan di alam terbuka, sehingga kamu harus menyiapkan hal ini secara mandiri. Sediakan juga baterai cadangan untuk berjaga-jaga. 

6. Power Bank

Kamu juga tidak akan menemukan kontak untuk charging smartphone saat camping di alam terbuka. Oleh sebab itu, power bank menjadi benda wajib untuk dibawa saat melakukan persiapan camping. Hal ini penting supaya kamu tetap bisa terhubung dan berkomunikasi dengan keluarga atau kolega selama berlibur.

 

 

7. Pakaian Hangat dan Jaket Khusus Hujan 

Cuaca kini semakin tidak menentu, kamu sebaiknya membawa jaket khusus hujan untuk berjaga-jaga. Jadi, kamu tidak akan kelabakan jika hujan turun secara tiba-tiba. Selain itu, bawalah pakaian hangat seperti sweater, hoodie, dan jenis baju tebal lainnya untuk mengantisipasi cuaca dingin di lokasi camping.

Siapkan juga kaos kaki dan sepatu agar perjalananmu tetap nyaman. Kamu mungkin juga perlu membawa sandal untuk dipakai sesampainya di lokasi kemah.

8. Obat-obatan Pribadi

Barang penting lain yang juga harus kamu siapkan sebelum berangkat berkemah adalah obat-obatan pribadi. Kamu mungkin berangkat dalam kondisi yang sehat, tapi bisa jadi tiba-tiba sakit sesampainya di tujuan. Bawalah jenis obat-obatan seperti obat flu, demam, pusing, antiseptik, plester penutup luka, dan lain sebagainya. 

9. Tisu Basah dan Kering

Tisu basah dan juga tisu kering menjadi benda penting yang tidak boleh ketinggalan saat persiapan camping. Kamu pasti sangat membutuhkannya untuk membersihkan kotoran atau menyeka badan. 

10. Kantong Sampah

Nah, jangan lupa untuk membuang sampah pada tempatnya sekalipun saat kamu sedang melakukan kegiatan camping di alam terbuka. Jangan kotori alam sekitar dan mencemari lingkungan dengan membuang sampah sembarangan. Oleh sebab itu, bawalah kantong sampah/trash bag untuk menampung semua bungkus makanan, tisu kotor, dan jenis sampah lainnya.

 

 

Tips Jaga Kesehatan agar Tetap Fit Saat Camping

Selain memperhatikan barang-barang persiapan camping, kamu juga  perlu menjaga stamina supaya tetap fit saat berkegiatan nanti. Nah, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan supaya tidak gampang sakit selama berkemah.

1. Rajin Berolahraga

Rajin berolahraga memang menjadi cara yang efektif dalam menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, hal tersebut juga bisa meningkatkan jumlah produktivitas energi di dalam tubuh. Pasalnya, jenis olahraga tertentu akan memaksimalkan fungsi jantung, sehingga hal ini akan memperlancar suplai oksigen ke seluruh tubuh.

Contoh aktivitas fisik yang dapat mengoptimalkan kinerja jantung antara lain olahraga lari, bersepeda, berenang, dan lain-lain.

2. Konsisten Minum Air Putih Sesuai Kebutuhan

Para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi air putih minimal 2 liter atau 8 gelas per hari. Namun, kebutuhan asupan cairan pada tiap individu tentunya berbeda-beda, tergantung dari aktivitas yang dijalani.

Memenuhi kebutuhan air putih sangat penting karena juga memengaruhi distribusi oksigen ke seluruh tubuh. Tubuh yang kekurangan cairan akan mengakibatkan darah mengental yang imbasnya membuat aliran darah terhambat.  Hal tersebut sama saja menyulitkan  persebaran oksigen yang membuat tubuh jadi kelelahan.

3. Miliki Pola Makan Sehat

Perhatikan komponen nutrisi pada setiap makanan yang kamu santap. Pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi yang tidak hanya mengenyangkan tapi juga menyehatkan. Ubah juga pola makan menjadi sedikit-sedikit tapi sering. Pasalnya, konsumsi karbohidrat dengan porsi yang banyak sekaligus justru akan meningkatkan kadar gula dalam darah.

4. Memberi Waktu untuk Tubuh Beristirahat

Meski dihadapkan dengan rutinitas harian yang padat, kamu juga tetap harus meluangkan waktu untuk beristirahat. Jangan terlalu memaksa tubuh untuk bekerja secara berlebihan sampai lupa makan atau begadang secara terus-menerus. Atur waktumu seefisien mungkin agar bisa menikmati waktu istirahat demi kesehatan tubuh.

 

 

Camping Tetap Sehat Bareng Enervon-C Tablet

Selain melakukan 4 tips di atas, kamu juga harus rutin mengonsumsi multivitamin tambahan seperti Enervon-C Tablet. Enervon-C Tablet mengandung vitamin C yang sangat baik dalam menjaga daya tahan tubuh. Kesehatan pun akan lebih terjaga dan kamu tidak akan gampang sakit!

Selain itu, multivitamin yang satu ini juga memiliki kandungan vitamin B-Kompleks yang bantu tubuh dalam pembentukan energi. Jadi, selain meningkatkan sistem imunitas, Enervon-C Tablet juga efektif dalam meningkatkan stamina dan memastikan tubuh tetap fit sepanjang hari.

Konsumsi 1 tablet sehari sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin  di dalam tubuh. Selain itu, kamu juga tidak perlu khawatir, karena Enervon-C Tablet tidak akan menyebabkan ketergantungan. Di sisi lain, tablet vitamin ini juga aman bagi lambung lho! Urusan kredibilitas juga tidak perlu diragukan lagi karena semua produk-produk dari Enervon pastinya sudah lolos BPOM. 

Jadi tunggu apalagi, segera order multivitamin Enervon-C Tablet sekarang juga dengan klik link Shopee atau Tokopedia berikut ini ya!