Banyaknya aktivitas yang dilakukan manusia membuat kemungkinan bakteri dan virus masuk ke dalam tubuh menjadi besar. Baik aktivitas di dalam maupun di luar rumah, sama-sama memiliki risiko ini walaupun kecil. Untuk itulah sistem kekebalan tubuh bekerja melindungi organ tubuh agar tidak terinfeksi benda asing dari luar. Sayangnya, ada saat di mana imun tubuh kita sedang menurun. Saat secara tidak sadar ada virus atau bakteri pembawa penyakit masuk tubuh, orang dengan imun tubuh yang sedang lemah umumnya akan merasakan beberapa keluhan fisik. Keluhan-keluhan inilah yang sering disebut sebagai gejala. Namun kemudian, apakah tanda untuk imun tubuh lemah bisa diketahui? Ikuti penjelasan lengkap, penyebab, serta cara meningkatkan imun tubuh yang sedang lemah.

Sebelum masuk pada pembahasan lebih detail, mari mengenal beberapa organ tubuh yang termasuk dalam sistem kekebalan tubuh. Carey (2023)¹ menjelaskan bahwa terdapat 4 organ tubuh yang berperan dalam produksi sel darah putih, yaitu amandel, kelenjar getah bening, limpa, dan sumsum tulang. Sel darah putih inilah yang akan menyerang virus, bakteri jahat, sel kanker, hingga parasit yang terlanjur masuk dalam tubuh.

Penyebab Imun Tubuh Lemah

Daya tahan tubuh yang menurun terjadi karena berbagai faktor. Namun kali ini kami tidak akan membahas penyebab biologis seperti gangguan kesehatan autoimun. Pada kondisi kesehatan normal, imun tubuh dapat melemah karena faktor eksternal dan internal. Pada faktor internal, situasi seperti beban pikiran meningkat, kekurangan waktu tidur, hingga tidak mendapat asupan nutrisi yang cukup bisa menjadi kendala imun tubuh dalam bekerja. Bahkan minimnya aktivitas fisik juga bisa membuat sistem kekebalan tubuh menurun.

Sedangkan pada faktor eksternal atau penyebab dari luarnya adalah kebiasaan mengonsumsi rokok, sering terpapar asap rokok (perokok pasif), konsumsi minuman alkohol berlebih, serta paparan radikal bebas yang tinggi. Secara garis besar, kebiasaan dan pola hidup yang kurang baik adalah pemicu utama imun tubuh sering menurun.

Tanda yang Akan Muncul

Agar kamu tidak jatuh sakit, ada beberapa tanda imun tubuh mulai menurun yang perlu diperhatikan. Selain meminimalisir terjadinya gejala yang parah, mengetahui tubuh sedang kurang fit lebih awal juga mencegah adanya penularan penyakit dari dan kepada orang lain. Simak daftarnya di bawah ini.

1. Selalu Merasa Lelah

Organ dalam sistem kekebalan tubuh membutuhkan banyak energi saat memerangi lebih banyak benda asing. Sehingga seseorang akan cenderung lebih cepat lelah atau selalu merasa lelah meski memiliki waktu tidur yang cukup.

2. Masalah Pencernaan

Gangguan pencernaan seperti diare dan konstipasi selama beberapa minggu menjadi peringatan bahwa sistem kekebalan tubuh kamu sedang bermasalah. Proses penyerapan nutrisi pada tubuh juga terhambat akibat hal ini.

3. Sakit Saat Menelan

Organ amandel yang bekerja terlalu keras memproduksi sel darah putih bisa membengkak. Sehingga besar kemungkinan seseorang dengan imun tubuh menurun akan sakit atau kesulitan menelan makanan.

4. Nyeri Sendi dan Otot

Selain amandel, tulang dan otot juga ikut mendapatkan efek dari imun tubuh menurun. Sehingga seseorang cenderung akan nyeri pada beberapa bagian sendi. Tanda ini juga berkaitan erat dengan fisik yang lelah.

5. Lebih Mudah Terserang Sakit Ringan

Melemahnya benteng pertahanan tubuh menjadikan seseorang rentan terkena penyakit ringan, seperti batuk, pilek, hingga demam ringan. Jika imun tubuh tidak segera dikembalikan, proses penyembuhannya juga akan lebih lama. Bahkan tidak jarang hal ini juga memengaruhi penyembuhan luka terbuka pada jaringan kulit.

Cara Mengatasi agar Imun Tubuh Meningkat

Terdapat beberapa cara yang bisa diambil untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ikuti setiap tipsnya berikut ini.

1. Pola Makan yang Baik

Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang akan memberikan kamu nutrisi pembantu optimalisasi fungsi kekebalan tubuh. Rumus makan sehat yang disarankan adalah mencukupi konsumsi sayur dan buah segar, protein rendah lemak, biji-bijian utuh, susu bebas lemak, membatasi makanan berkolesterol tinggi, serta menghindari makanan dengan gula dan garam berlebihan.

2. Kelola Berat Badan

Penelitian dari CDC (Centers for Disease Control Prevention)² menunjukkan bahwa orang dengan berat badan berlebih (obesitas) memiliki risiko terkena gangguan fungsi kekebalan tubuh. Selain itu, efektivitas obat dan vaksin juga menjadi kurang maksimal pada tubuh yang obesitas.

3. Aktif secara Fisik

Untuk merangsang sistem kekebalan tubuh bekerja secara optimal, lakukan aktivitas fisik secara rutin 20-30 menit per hari minimal 5 kali dalam seminggu. Selain menguatkan otot dan organ tubuh, olahraga juga bisa membantu tidur kamu lebih nyenyak dan menurunkan stres.

4. Waktu Tidur yang Cukup

Tidur adalah salah satu waktu terbaik bagi tubuh untuk memerangi virus dan bakteri. Jadi memenuhi kebutuhan tidur selama 7-8 jam per malam dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Berhenti Merokok dan Menghindari Alkohol

Zat yang ada pada rokok dan alkohol adalah beberapa hal yang mampu melemahkan kekebalan tubuh. Tidak hanya menghambat produksi sel darah putih, kebiasaan ini juga bisa merusak sel yang sudah beredar dalam tubuh.

Dukung Prosesnya Bersama Enervon

Terlihat bukan bahwa secara garis besar meningkatkan imun tubuh lemah adalah dengan menghindari semua hal yang berisiko menjadi penyebab. Memiliki gaya hidup yang sehat adalah kunci tubuh tetap bugar dan berstamina dalam jangka panjang. Enervon-C Effervescent hadir dengan kandungan vitamin dan mineral yang lengkap siap mendukung proses mengembalikan daya tahan tubuh kamu. Bentuk effervescent yang mudah larut dalam air putih memudahkan kamu memenuhi vitamin harian. Pastikan kamu mendapatkannya dari toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee.

Referensi:

  1. Elea Carey. 2023. Immunodeficiency Disorders. Diakses pada 25 September 2023 dari https://www.healthline.com/health/immunodeficiency-disorders
  2. CDC. 2021. Six Tips to Enhance Immunity. Centers for Disease Control Prevention. Diakses pada 25 September 2023 dari https://www.cdc.gov/nccdphp/dnpao/features/enhance-immunity/index.html
  3. Stephanie Booth. 2022. 16 Symptoms of Immune System Problems. Diakses pada 25 September 2023 dari https://www.webmd.com/cold-and-flu/immune-system-disorders