Membersamai tumbuh kembang anak memang penuh tantangan. Sebagai orang tua, kamu pastinya akan berhadapan dengan banyak hal, termasuk salah satunya adalah terrible two. Apa itu? Istilah ini mengacu pada pengertian perubahan mood dan sikap anak di rentang usia 1,5 hingga 4 tahun yang mengarah pada perilaku negatif. Contohnya seperti suka marah-marah/mengamuk, tantrum, hingga sering melawan.

Jadi, saat anak sedang asyik bermain, kemudian tiba-tiba marah dan kesal dengan mainanya tanpa alasan yang jelas, kondisi ini bisa menandakan bahwa anak sedang berada di fase terrible two tersebut. Yuk kenali gejala, penyebab, dan cara mengatasinya dalam artikel berikut ini.

Gejala Terrible Two

Sebagai orang tua, mungkin kamu tidak menyadari bahwa si anak sedang ada di fase terrible two. Oleh sebab itu, kenali beberapa gejalanya berikut ini.

1. Mood Sering Berubah

Perubahan mood pada anak memang jadi hal yang sering terjadi. Dari yang mulanya ceria dan bahagia, seketika berubah menjadi teriakan dan tangisan kemarahan. Umumnya, hal ini terjadi karena anak merasa frustasi saat ingin melakukan sesuatu secara mandiri, atau ingin meminta pertolongan, tapi tidak ada orang dewasa yang bisa membantu.

2. Tantrum

Berdasarkan penelusuran dari halaman Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tantrum adalah kemarahan dengan amukan karena ketidakmampuan mengungkapkan keinginan atau kebutuhan dengan kata-kata. Bahkan hal ini sering dibarengi dengan perilaku memukul, menendang, hingga melempar-lempar barang.

3. Suka Melawan

Fase terrible two biasanya juga ditandai dengan perilaku anak yang suka melawan perintah orang tua. Anak cenderung ingin melakukan apa pun dengan caranya sendiri, sehingga kerap membangkang arahan orang tua. Sisi positifnya, fase ini menggambarkan keinginan anak untuk mandiri dan mengembangkan kemampuannya.

4. Sering Berkelahi 

Gejala lain yang kerap timbul pada fase ini adalah anak jadi sering berkelahi dengan orang lain atau bahkan saudaranya sendiri. Pasalnya, di rentang usia 1,5 hingga 4 tahun, anak-anak belum bisa menyampaikan emosinya dengan baik, sehingga hal ini ditunjukkan dengan sikap marah dan kesal atau bertindak impulsif seperti menendang, memukul, serta menggigit.

Anda mungkin bertanya-tanya, apakah perilaku tersebut wajar atau bisa berkembang ke masalah psikis anak seperti gangguan perilaku. Hal ini bisa iya atau tidak. Umumnya, fase terrible two akan mereda seiring dengan pertambahan usia anak dan perlahan-lahan hilang mendekati umur 4 tahun. Namun, jika orang tua merasakan perilaku anak yang menunjukkan gejala-gejala di atas secara berlebihan, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan ahlinya.

 

 

Apa Sih Penyebabnya?

Terrible two adalah hal yang normal pada masa tumbuh kembang anak. Jadi, kamu jangan buru-buru panik dulu. Hal ini biasanya terjadi karena anak sedang ada di masa transisi menuju mandiri. Sayangnya, anak-anak masih membutuhkan bantuan orang tua, sehingga hal inilah yang memicu mereka menjadi frustasi. 

Di sisi lain, anak mulai paham dengan berbagai ucapan yang mereka dengar, tapi masih kesulitan dalam merespons hal tersebut. Anak belum bisa menyampaikan keinginannya, sehingga hal inilah yang membuat mereka untuk berperilaku negatif.

Nah, sebagai orang tua, sebaiknya jangan terpancing dengan sikap anak yang demikian agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Alih-alih menanggapinya secara emosional, kamu bisa mengatasi kondisi terrible two pada anak dengan cara-cara di bawah ini.

 

 

Cara Mengatasi Terrible Two

Lalu kira-kira, apa yang harus dilakukan orang tua saat anak mulai menunjukkan berbagai gejala-gejala yang telah disebutkan di atas? Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba lakukan.

1. Kontrol Jam Tidur dan Makan Anak

Anak yang kurang tidur atau sedang lapar, umumnya sering mengalami perubahan suasana hati. Oleh sebab itu, orang tua sebaiknya bisa mengatur jam tidur dan waktu makan anak untuk meminimalisir hal tersebut.

2. Hindari Memukul atau Berteriak

Saat anak mulai menunjukkan gejala-gejala terrible two, orang tua sebaiknya berusaha menahan diri dan tidak terpancing emosi. Jangan sampai kamu ikut-ikutan kesal sampai membalas mereka dengan berteriak atau memukul. Jika hal ini terjadi, maka kemungkinan besar anak akan meniru sikap orang tua tersebut dan menganggapnya sebagai hal yang wajar.

3. Alihkan Perhatian Anak

Kamu juga bisa mengalihkan perhatian anak ke hal-hal lainnya. Misalnya saja dengan mengajak anak jalan-jalan atau melakukan hal menyenangkan lainnya.

4. Memberi Kesempatan pada Anak untuk Menentukan Pilihannya

Orang tua juga bisa memberi kesempatan pada si kecil untuk membuat keputusannya sendiri. Jadi, kamu bisa memberikan opsi kepada anak untuk memilih A atau B agar memudahkan preferensi si kecil.

5. Puji Anak saat Berbuat Baik

Selain melakukan cara-cara di atas, kamu juga bisa memberikan apresiasi kepada anak. Beri mereka pujian saat berperilaku baik supaya anak-anak cenderung ingin melakukan hal-hal positif lainnya di kemudian hari

6. Jangan Menyerah dan Tetap Sabar

Menjadi orang tua memang bukanlah hal yang mudah. Oleh sebab itu, kamu harus memiliki stok kesabaran yang banyak supaya bisa mengasuh dan menemani setiap tumbuh kembang anak dengan baik.

Saat anak mengamuk atau bahkan sampai membuat kekacauan di tempat umum, kamu harus bisa menahan diri dan tetap sabar dalam menghadapi mereka.

 

 

Maksimalkan Tumbuh Kembang Anak dengan Enervon-C Plus Syrup

Fase terrible two memang jadi tantangan tersendiri bagi anak. Oleh sebab itu, kamu harus bisa mengupayakan yang terbaik demi tumbuh kembang si kecil. Maksimalkan tumbuh kembang anak dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon-C Plus Syrup setiap hari!

Enervon-C Plus Syrup mengandung kombinasi vitamin C dan juga vitamin B Kompleks. Vitamin C efektif dalam menjaga daya tahan tubuh supaya tidak mudah sakit, sedangkan vitamin B-Kompleks akan menghasilkan energi pada tubuh si kecil. 

Selain itu, multivitamin yang satu ini juga diperkaya dengan vitamin A yang menunjang pertumbuhan dan vitamin D yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi.

Ayo penuhi nutrisi dan kebutuhan vitamin C anak dengan memberikan Enervon-C Plus Syrup secara rutin! Order sekarang juga dengan melakukan pembelian hanya di official store Enervon yang terpercaya di Shopee dan Tokopedia.