Siapa yang tidak menanti waktunya berbuka puasa? Tentu kamu juga pasti menantikan waktu untuk berbuka, kan? Eits, tapi jika sudah waktunya berbuka, jangan langsung makan banyak atau overeating ya!

Kebanyakan makan, atau overeating adalah salah satu resiko yang bisa kamu dapati saat berbuka puasa. Resiko ini punya ancaman yang cukup besar lho. Nah, mau tahu apa saja resiko besarnya yang mengintai kamu kalau kebanyakan makan saat buka puasa? Sila simak bahasan kali ini ya.

Rasanya Mengantuk Terus

Awas Kebanyakan Makan Saat Buka Puasa - Berikut 4 Bahayanya! credit: jitunews.com

Percaya atau tidak, resiko pertama yang akan mengintai kamu kalau kebanyakan makan saat berbuka puasa adalah rasa kantuk yang menerus. Rasa kantuk ini muncul saat tubuh kekurangan oksigen, terlebih saat kamu kebanyakan makan.

Saat kebanyakan makan, tubuh mesti bekerja keras untuk mencernanya. Nah, hal tersebut membuat pasokan oksigen terkuras untuk memecah makanan, sehingga tubuh akan terus merasakan kantuk.

Berat Badan Naik

Awas Kebanyakan Makan Saat Buka Puasa - Berikut 4 Bahayanya! credit: hellosehat.com

Jika kebanyakan makan tanpa diimbangi dengan olahraga yang benar, maka berat badan naik adalah resiko kedua yang mesti kamu terima. Puasa sebenarnya adalah bisa jadi waktu yang tepat untuk detoksifikasi, tapi jika saat berbuka kamu malah makan terlalu banyak, mungkin akan sama saja.

Seperti halnya di poin pertama, kebanyakan makan akan membuat tubuh kamu dilanda kantuk berat. Akhirnya tertidur dan metabolisme tubuh menjadi kacau, sehingga gula atau glukosa tidak diolah menjadi energi melainkan jadi lemak.

Dengan begitu, masuk akal jika berat badan akan naik. Cukup aneh kan, seharusnya puasa bisa membuat tubuh kamu berkurang beratnya karena metabolisme atau pembakaran lemak yang maksimal – malah menambah karena saat berbuka kamu makannya banyak.

Gastritis

Ini adalah nama penyakit. Nama umumnya adalah radang lambung. Radang lambung adalah kondisi di mana lapisan dalam kulit lambung mengalami pembengkakan atau peradangan. Biasanya sih dikenal juga dengan istilah maag.

Peradangan tersebut juga berpotensi terjadi dikarenakan makan kebanyakan saat berbuka. Saat itu, tubuh atau lambung yang kaget menerima makanan dalam jumlah banyak, diharuskan mencernanya dengan sempurna.

Karena dipaksa, resiko kulit dalam meradang cukup besar.

Kulit Berjerawat dan Kusam

Awas Kebanyakan Makan Saat Buka Puasa - Berikut 4 Bahayanya! credit: doktersehat.com

Ternyata tidak hanya berdampak pada pencernaan saja, lho. Kebanyakan makan saat berbuka bisa juga berdampak pada urusan kulit. Kulit bisa berjerawat dan kusam karena kebanyakan makan dan minim asupan zat besi.

Makanan manis, asin digoreng dengan minyak serta lainnya – bisa jadi pancingan buat kamu kebanyakan makan. Karena kebanyakan kandungan lemak, bisa jadi malah berdampak munculnya banyak jerawat di kulit mu.

Nah dari empat resiko besar yang tidak mengenakan itu – rasanya kamu mesti tahan diri nih buat tidak kebanyakan makan.

 

Source – CNN Indonesia

Feature Image – hellosehat.com