Salah satu organ tubuh yang tak boleh dilewatkan masa tumbuh kembangnya pada anak-anak adalah otak. Tidak hanya menjadi pusat sistem saraf seluruh tubuh, otak juga memiliki fungsi yang vital. Mulai dari mengontrol pikiran, ingatan, emosi, gerak tubuh (motorik), dan masih banyak lagi lainnya. Secara garis besar, otak adalah salah satu organ yang banyak menggunakan energi. Untuk memudahkan ayah dan ibu menunjang kecerdasan otak anak, mengonsumsi makanan dengan tinggi vitamin adalah salah satu langkah yang disarankan. Simak jenis vitamin untuk kecerdasan otak anak dan rekomendasinya.

Pentingnya Vitamin untuk Kecerdasan Otak Anak

Dari fungsi otak yang disebutkan tadi, sudah cukup menjadi alasan utama otak anak harus memiliki tumbuh kembang yang optimal. Namun kemudian pertanyaan lain muncul, apakah anak membutuhkan vitamin untuk meningkatkan kecerdasan otaknya?

Kamu mungkin pernah mendapat pemahaman bahwa pola makan sehat dengan gizi berimbang setiap hari sudah cukup membuat anak memiliki tubuh yang sehat. Namun banyak juga penelitian yang membuktikan bahwa anak yang mendapatkan suplemen memiliki tumbuh kembang yang lebih optimal. Hal yang perlu dipahami adalah keduanya tidak salah sama sekali.

Food For The Brain Foundation¹ memiliki analisis untuk menghubungkan keduanya. Memastikan anak mendapat asupan nutrisi yang cukup berarti orang tua sudah memenuhi standar Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang telah ditentukan sebelumnya. Namun panduan AKG memiliki tujuan untuk memberantas penyakit yang rentan terjadi dan meminimalisir keterlambatan tumbuh kembang anak. Sehingga pemberian vitamin dalam bentuk suplemen kepada anak mampu memaksimalkan kinerja organ tubuh selama masa pertumbuhan. Tentu saja dengan jumlah yang disarankan oleh ahli medis spesialis anak.

Selain itu, perlu dipahami juga untuk tidak menjadikan konsumsi suplemen sebagai satu-satunya sumber vitamin. Jadikan suplemen sebagai penunjang pola makan yang sehat dan bergizi seimbang.

Jenis Vitamin yang Baik bagi Otak Anak

Michael (2021)² memberikan daftar jenis vitamin untuk kecerdasan otak anak. Tidak hanya untuk anak yang baru mulai menerima MPASI, tapi juga untuk anak pra-remaja hingga remaja. Simak detailnya berikut.

1. Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks terdiri beberapa jenis, namun yang paling berpengaruh besar pada kesehatan otak adalah vitamin B6 dan B12. Secara garis besar vitamin B mampu meningkatkan kesehatan sistem saraf, yaitu otak dan tulang punggung. Lebih spesifik, vitamin B6 akan meningkatkan produksi dopamin, hormon yang berperan dalam konsentrasi. Lalu vitamin B12 mendukung komunikasi antar sel otak.

Kamu dapat menemukan vitamin B kompleks dari makanan seperti sayur-sayuran hijau, telur, alpukat, jeruk, ayam, yogurt, dan masih banyak lagi lainnya.

2. Vitamin C

Berikutnya adalah vitamin C, jenis zat gizi yang bertugas dalam mencegah radikal bebas merusak sel otak. Selain itu, vitamin C juga berperan dalam pembentukan molekul kimia penghubung antar sel-sel dalam otak. Tentu saja dengan bonus menjaga imun tubuh, zat gizi ini menjadi semakin penting.

Beberapa bahan makanan yang mengandung vitamin C tinggi adalah jambu biji, brokoli, buah beri, paprika, serta buah dan sayuran lain yang cenderung memiliki warna cerah.

3. Vitamin D

Penelitian yang dilakukan oleh PubMed Central (2014)³ melihat pentingnya vitamin D dalam perkembangan otak. Hal ini erat kaitannya dengan kesehatan mental selama masa pertumbuhan. Selain berjemur selama beberapa menit pada pagi hari, kamu juga bisa memenuhinya dari makanan seperti susu, yogurt, dan produk olahan susu lain. Termasuk protein hewani lain seperti ikan sarden, daging, serta telur.

4. Vitamin E

Vitamin E menjadi zat gizi yang mampu menurunkan stres oksidatif, yaitu kondisi yang menyebabkan sel-sel tubuh rusak akibat tidak seimbangnya antioksidan dan radikal bebas. Termasuk otak, vitamin E menjadi penting untuk dipenuhi. Kamu bisa mendapatkannya dari selai kacang, oat, brokoli, wortel, alpukat, dan lain-lain.

Selain beragam vitamin di atas, mineral juga penting untuk mengoptimalkan kecerdasan otak anak. Beberapa jenis mineral yang memiliki dampak besar adalah zat besi, lutein, serta omega-3. Zat besi akan membantu meningkatkan energi dan konsentrasi pada anak. Lalu lutein, karotenoid dengan antioksidan yang tinggi yang mampu mendukung pemrosesan informasi dan ingatan pada otak. Sedangkan omega-3 mampu mendukung berkembangnya membran sel otak dan kemampuan mengingat.

Enervon-C Plus Syrup: Vitamin Anak yang Direkomendasikan

Jangan sampai kamu salah memilih produk suplemen. Enervon-C Plus Syrup adalah suplemen yang banyak direkomendasikan karena keunggulan yang dimilikinya. Pertama, kandungan yang dimiliki dalam setiap 5 ml adalah vitamin C (83.33 mg), vitamin A (1.500 SI), vitamin B1 (8.33 mg), vitamin B2 (4.16 mg), vitamin B6 (1.67 mg), vitamin B12 (8.33 mcg), vitamin D (100 Sl), niacinamide (8.33 mg), dan d-Panthenol (3.33 mg).

Kedua, sirup rasa jeruk yang enak memudahkan anak untuk mengonsumsinya. Sekaligus memudahkan kamu untuk mengukur dosis vitamin anak sesuai kebutuhan mereka. Ketiga, produk ini praktis didapatkan melalui toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee. Pastikan kamu mendapatkan produk yang asli!

Referensi:

  1. Food For The Brain Foundation. Supplements For Smart Kids. Diakses pada 13 Oktober 2023 dari https://foodforthebrain.org/supplements-for-smart-kids/
  2. Michael Schwartz. 2021. Brain Power! The Best Brain Vitamins for Kids. Diakses pada 13 Oktober 2023 dari https://www.michaelshealth.com/blogs/michaelsblog/brain-power-the-best-brain-vitamins-for-kids#
  3. PubMed Central. 2014. Vitamin D in Children’s Health. Diakses pada 15 Oktober 2023 dari https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4928729/
  4. Kearney Park Compounding Pharmacy. 2018. Vitamins that Can Help Boost Your Child’s Brain Power. Diakses pada 13 Oktober 2023 dari https://www.kpprx.org/vitamins-that-can-help-boost-your-childs-brain-power