Meskipun sudah memiliki niat yang kuat untuk makan sehat, tapi masih banyak situasi yang membuatmu akhirnya jadi mengonsumsi makanan tidak sehat. Dan hal ini berujung pada berat badanmu meningkat.

Nah, beberapa cara berikut ini bisa kamu coba untuk menghindari berbagai macam ‘jebakan’ tidak sehat yang paling sering terjadi. Penasaran? Simak ulasannya.

1. Saat liburan dan rekreasi

Credit: wxyz.com

Godaan makanan tidak sehat paling sering datang saat sedang liburan, dan hal ini paling sulit dihindari. Tapi, kamu tetap bisa menikmati liburan tanpa harus cemas sama timbangan, kok!

Kuncinya adalah tetap memperhatikan apa saja yang kamu konsumsi selama liburan. Bawalah cemilan sendiri yang sudah kamu persiapkan dari jauh- jauh hari dari rumah. Selain itu, kamu juga perlu memilih- milih makanan yang baik dan tidak baik untuk dikonsumsi selama liburan.

2. Saat acara kumpul keluarga

Credit: technology.inquirer.net

Dalam beberapa tradisi, kumpul keluarga dapat berubah menjadi pesta makan yang berlangsung seharian. Agar kamu tidak terjebak, pastikan kamu mengonsumsi makanan tersebut dalam porsi kecil. Usahakan menghindari makan yang berlebihan setiap kali ada kumpul keluarga.

Selain itu, kamu juga bisa meminta anggota keluargamu untuk ikut menjaga pola makan sehat ketika kumpul keluarga. Hal ini bisa dilakukan dengan meminta mereka menyajikan makanan sehat seperti sayur- sayuran dan buah, daripada gorengan atau makanan bersantan.

3. Saat ngemil di waktu luang

Credit: eatthis.com

Setelah pulang sekolah, bekerja, atau setelah beraktivitas, biasanya kamu cenderung merasa stres dan bosan sehingga akan mencari camilan. Namun sayangnya, camilan yang sering dikonsumsi adalah makanan yang tidak sehat. Seperti, roti bakar, cokelat, cookies, atau camilan manis lainnya.

Umumnya, orang yang suka ngemil akan memilih makanan yang paling mudah untuk dimakan dan tanpa harus menunggu waktu yang lama. Agar kamu tidak tergoda dengan hal ini, simpanlah semua makanan tidak sehat di tempat tertutup yang sulit dijangkau. Sementara itu, tempatkan camilan sehat di tempat yang lebih mudah dijangkau.

Misalnya, kamu bisa menaruh buah dan sayur segar, jus buah, yogurt, sereal, oatmeal di dalam kulkas, ruang TV, atau di meja makan. Selain itu, kamu bisa mengurangi keinginan ngemilmu dengan cara mengunyah permen karet atau perment mint. Tapi, tetap pilih permen karet yang rendah gula ya.

Sebenarnya, ngemil atau sehari saja melanggar diet tidak apa- apa. Akan tetapi, pastikan kamu kembali ke pola makan sehat keesokan harinya, ya. Dan untuk melengkapi hidup sehatmu, jangan lupa untuk mengonsumsi vitamin C dari Enervon setiap hari.

 

 

Featured Image - foodnetwork.com