Meminta kenaikan gaji bukanlah hal yang lancang untuk dilakukan, Jika kamu merasa sudah berkontribusi dan memberikan kinerja terbaik untuk perusahaan dalam waktu yang lama, maka tidak ada salahnya untuk mencobanya. Apalagi, biaya hidup sehari-hari selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya. Lalu bagaimana cara minta naik gaji yang benar? Meskipun tidak dilarang, kamu harus memperhatikan norma-norma serta etikanya ya! Simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Cara Minta Naik Gaji 

1. Buat Daftar Pencapaian

Sebelum mengajukan kenaikan gaji ke atasan, kamu harus membuat daftar pencapaian yang sudah diberikan ke perusahaan. Kamu harus punya alasan yang kuat sebagai bahan pertimbangan perusahaan untuk menyetujui permintaanmu.

Daftar pencapaian tersebut sebaiknya dibuat secara detail dan akurat berdasarkan kontribusi pada kurun waktu 6 bulan atau setahun belakangan. Selain itu, tuliskan juga hasil kerja yang menyumbang profit bisnis pada perusahaan apabila ada.

2. Cari Tahu Rata-Rata Gaji untuk Posisi saat Ini

Kamu sebaiknya juga mencari tahu berapa rata-rata nominal gaji pada posisi sejenis di perusahaan lain. Hal ini bisa menjadi patokan untuk melakukan negosiasi kenaikan upah pada proses pengajuan nanti. Namun, jika gaji yang diberikan perusahaan ternyata melebihi atau bahkan setara dengan perusahaan lain, bisa jadi permintaanmu tidak akan disetujui untuk saat ini.

 

 

3. Menentukan Besaran Kenaikan Gaji 

Mungkin kamu ragu-ragu ingin meminta kenaikan upah dalam jumlah berapa. Namun, kamu sebaiknya menentukan persentase kenaikan sejak awal agar proses pengajuan bisa berjalan lancar.

Umumnya, kenaikan gaji berkisar antara 3% hingga 5%. Pada saat pengajuan, tidak masalah untuk menyebutkan permintaan kenaikan upah di atas 5%. Hal ini untuk memperbesar peluang bagi kamu agar bisa mendapatkan penambahan gaji di angka 5% saat proses negosiasi.

4. Sampaikan di Momen yang Tepat

Meski kamu berhak untuk mendapatkan kenaikan upah, tapi sebaiknya ajukan hal ini di waktu yang tepat. Lalu kapan itu? Apabila memungkinkan, ajukan permintaan kenaikan gaji pada saat evaluasi tahunan. Pada momen tersebut, perusahaan akan melakukan review terhadap performa kerja setiap karyawan.

Nah, pencapaian dan kontribusi yang telah kamu berikan ke perusahaan bisa dijadikan sebagai senjata/alasan atas permintaan kenaikan upah. Namun, sebaiknya hindari hari Senin dan Jumat karena pada hari-hari tersebut biasanya ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan atasan.

Selain itu, pahami kondisi finansial perusahaan sebelum mengajukan permintaan naik gaji. Apabila keuangan internal sedang tidak kondusif, maka tunda dulu keinginan tersebut atau usahamu hanya akan berakhir sia-sia.

 

 

5. Tetap Menjunjung Profesionalisme

Cara minta naik gaji berikutnya yang perlu kamu perhatikan adalah dengan tetap menjunjung profesionalisme. Sampaikan keinginanmu kepada atasan dengan bahasa yang tepat, sopan, tidak berlebihan, serta bersikap formal. Jangan terkesan memaksa dan lakukan negosiasi setenang mungkin agar perusahaan bisa mempertimbangkan permintaanmu secara positif.

6. Bersabar Apabila Pengajuan Tidak Disetujui

Meski kamu sudah memberikan kontribusi besar dan kinerja terbaik ke perusahaan, belum tentu perusahaan langsung mengabulkan permintaanmu. Mungkin pada saat ini perusahaan belum bisa memberikan kenaikan upah karena alasan tertentu. Namun, bisa jadi pengajuan yang kamu lakukan akan dipertimbangkan di waktu-waktu kedepan.

Oleh sebab itu, persiapkan diri sebaik mungkin agar tidak terlalu kecewa apabila permintaan kenaikan gaji belum bisa disetujui saat ini juga.

7. Ajukan Lewat Email

Apabila kamu tidak berani untuk menyampaikannya secara lisan, bisa juga dengan cara tertulis seperti melalui email. Jika kamu memilih untuk menyampaikannya lewat email, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti berikut ini.

  • Tuliskan subject secara jelas dan to the point, dalam hal ini kamu ingin mengajukan kenaikan gaji.
  • Awali dengan salam/paragraf pembuka yang diikuti dengan menuliskan berbagai alasan secara singkat dan jelas tentang kenapa kamu layak mendapatkan kenaikan gaji.
  • Tuliskan semua pencapaian dan kontribusimu untuk perusahaan sebagai pertimbangan atasan.
  • Akhiri dengan paragraf dan salam penutup secara sopan.

 

 

Cara Menulis Permintaan Naik Gaji via Email

Untuk memudahkan dalam menulis surat pengajuan kenaikan gaji, maka berikut ini telah terangkum contoh penulisannya yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Yth. Bpk. Erik Kamil,

Melalui email ini, saya bermaksud untuk mendiskusikan kemungkinan mendapatkan kenaikan upah di waktu kedepan. Berdasarkan kontribusi dan hasil kinerja yang telah saya berikan dalam jangka waktu satu tahun ini, saya merasa layak untuk mendapatkan kenaikan gaji.

Beberapa kontribusi dan pencapaian yang telah saya lakukan adalah sebagai berikut:

  • Penjual peringkat tertinggi dalam kepuasan pelanggan pada evaluasi kuartal terakhir.
  • Berperan dalam meningkatkan profit bisnis perusahaan sebesar 15%
  • Selalu memenuhi target bulanan sesuai dengan ekspektasi perusahaan.

Besar harapan saya untuk dapat mendiskusikan hal ini lebih lanjut. Mohon beritahu saya jika Anda ingin mempertimbangkan hal ini secara positif melalui pertemuan tatap muka. Terima kasih atas waktu dan perhatian Anda.

 

Dengan hormat,

Gilda Estella

 

 

Konsumsi Enervon Active agar Selalu Fit saat Bekerja

Selain memahami cara minta naik gaji yang baik dan benar, pastikan kamu juga selalu menjaga kesehatan supaya selalu fit selama bekerja. Kesehatan adalah modal utama untuk bisa bekerja dengan optimal. Oleh sebab itu, tunjang daya tahan tubuh supaya tidak mudah sakit dan lelah dengan rutin mengonsumsi Enervon Active.

Enervon Active adalah multivitamin yang mengandung kombinasi vitamin C, vitamin B Kompleks, serta Zinc yang sangat penting bagi tubuh. 

Vitamin C efektif meningkatkan sistem imunitas dan vitamin B kompleks akan membantu tubuh untuk mendapatkan tambahan energi. Tak hanya itu saja, kandungan Zinc di dalamnya juga akan mencegah tubuhmu cepat lelah sehingga selalu fit sepanjang hari.

Tunggu apalagi, segera dapatkan produk Enervon Active sekarang juga di official store terpercaya yang ada di Shopee dan Tokopedia berikut ini ya!