Saat ini, semakin banyak orang yang makin melek finansial dan mulai mempersiapkan dana pensiun sejak dini. Apakah kamu salah satunya? Menyiapkan dana untuk hari tua sedari sekarang sangat penting karena saat memasuki usia pensiun nanti, kamu sudah tidak bisa produktif lagi, sehingga tidak memiliki penghasilan tetap seperti saat masih bekerja. 

Padahal, kamu masih harus memenuhi kebutuhan sehari-hari pasca berhenti bekerja. Alih-alih menggantungkan hidup pada anak, sebaiknya kamu berusaha untuk bisa mandiri secara finansial supaya tidak membebani mereka di kemudian hari. Yuk mulai dari sekarang dengan menerapkan beberapa tips berikut ini.

Tips Menyiapkan Dana Pensiun

1. Memperhitungkan Usia Pensiun

Umumnya, usia pensiun di Indonesia adalah saat seseorang menginjak 56 tahun. Namun, masih ada juga yang masih dikaryakan oleh perusahaan meski telah memasuki usia tersebut. Di sisi lain, ada juga yang memilih untuk pensiun dini karena alasan tertentu. Jika kamu ingin pensiun lebih cepat, tentunya dana yang harus kamu siapkan juga semakin besar.

Oleh sebab itu, jangan tunggu nanti-nanti dan mulailah untuk memikirkan berbagai cara dalam menyiapkan dana pensiun sejak dini. Salah satu cara yang kerap dipilih adalah dengan menabung. Jadi, sisihkan sekian persen penghasilanmu untuk ditabung sedari sekarang ya!

2. Menambah Sumber Pemasukan

Nah, selain menyisihkan pendapatan bulanan untuk ditabung, kamu juga perlu menambah sumber pemasukan dengan mencari side job. Hal ini penting supaya dana yang kamu siapkan benar-benar bisa mencukupi kebutuhan saat pensiun nanti.

Namun, pastikan untuk menjalani kerja sampingan yang waktunya fleksibel atau tidak mengganggu pekerjaan utama. 

3. Segera Lunasi Cicilan dan Utang  

Catatan penting nih bagi kamu yang masih memiliki tanggungan finansial seperti utang atau cicilan untuk segera menyelesaikannya. Saat terbebas dari utang dan cicilan yang nominalnya cukup banyak, maka kamu bisa lebih fokus untuk mengumpulkan tabungan pensiun. Jadi prioritaskan untuk membayar utang dan angsuran bulanan terlebih dulu ya!

 

 

4. Lakukan Investasi dengan Tepat

Selain melunasi utang dan menyisihkan uang untuk ditabung, kamu juga perlu melakukan investasi. Dalam hal ini, kamu tentunya harus mempertimbangkan jenis investasi yang tepat sesuai dengan dana yang dimiliki. 

Beberapa opsi investasi yang bisa dipilih antara lain logam mulia, saham, reksadana, dan lain sebagainya. Umumnya investasi yang menjanjikan keuntungan besar juga memiliki risiko yang besar pula. Oleh karena itu, pelajari betul-betul jenis investasi yang akan dipilih untuk menambah tabungan pensiunmu nanti.

5. Memiliki Asuransi

Tips lain yang tak kalah penting dalam mengumpulkan dana pensiun adalah memiliki asuransi. Jenis asuransi yang paling utama untuk persiapan hari tua adalah asuransi kesehatan dan juga asuransi jiwa. 

Pasalnya, semakin tua, tubuh biasanya semakin rentan terkena penyakit. Dengan memiliki asuransi kesehatan, kamu tidak perlu pusing-pusing lagi untuk memikirkan biaya berobat.

6. Fokus dan Konsisten pada Tujuan

Semua hal yang kamu rencanakan dalam mempersiapkan dana pensiun bisa berjalan mulus jika tetap fokus dan konsisten pada tujuan. Jangan mudah tergoda untuk membeli barang-barang yang sifatnya konsumtif dan pastikan untuk mengutamakan kebutuhan di atas keinginan. Menahan diri untuk tidak boros akan membantumu untuk bisa mencapai tujuan finansial di hari tua.

 

 

Kenapa Perlu Menyiapkan Dana Pensiun?

Menyiapkan dana pensiun sangat penting demi menunjang kesejahteraan hidup di masa depan. Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa seiring bertambahnya usia, kondisi fisik umumnya akan menurun sehingga lebih rentan terkena penyakit.

Apalagi biaya berobat tidak murah dan cenderung selalu naik setiap tahunnya. Jika kamu tidak punya dana pensiun atau asuransi kesehatan, maka hal ini akan memberatkan saat hari tua tiba nanti.

Selain itu, mempersiapkan tabungan pensiun akan membuatmu lebih tenang dan memiliki rasa aman secara finansial. Jadi, kamu akan lebih siap dan tetap bisa mencukupi berbagai kebutuhan meski sudah tidak bekerja lagi.

Tak hanya itu saja, tabungan pensiun juga bisa kamu wariskan kepada keluarga jika nantinya meninggal dunia. Jadi, dana hari tua tersebut tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri, tapi juga keluarga yang ditinggalkan.

 

 

Enervon Gold Multivitamin Terbaik Temani Masa Pensiun

Selain memiliki asuransi kesehatan, penting bagi kamu untuk menjaga kondisi fisik dan mental saat memasuki usia senja supaya terhindar dari penyakit. Oleh sebab itu, terapkan gaya hidup sehat dengan memenuhi asupan gizi harian, rutin berolahraga, mengelola stres, dan minum multivitamin tambahan seperti Enervon Gold.

Nikmati masa pensiun dengan rutin mengonsumsi Enervon Gold setiap hari karena menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Formula di dalam multivitamin yang satu ini memang ditujukan untuk memelihara kesehatan tubuh para lansia yang berusia 50+. Lalu apa saja kandungannya?

Enervon Gold mengandung vitamin C, vitamin B-Kompleks, asam folat, dan juga lutein. Vitamin C akan meningkatkan daya tahan tubuh pada lansia sehingga mereka tidak mudah sakit. Vitamin B-Kompleks akan menunjang proses metabolisme yang berperan penting dalam pembentukan energi, sehingga para lansia tetap bisa aktif.

Omega 3 di dalamnya juga tak kalah penting karena mampu menjaga kesehatan otak, mempertahankan fungsi kognitif, dan meminimalisir risiko hilang memori atau pikun. Terakhir, kandungan asam folatnya bermanfaat untuk memelihara kesehatan jantung dan lutein sangat baik untuk mendukung kesehatan mata para lansia.

Dapatkan produk Enervon Gold hanya di official store terpercaya pada tautan Shopee dan Tokopedia berikut agar tetap sehat dan aktif di usia emas!