Kamu tentu setuju bahwa lansia yang sehat dan bahagia adalah tujuan hidup bagi semua orang. Menikmati masa tua dengan badan yang bugar dan pikiran yang tenang menjadi tujuan jangka panjang yang perlu diusahakan dari sekarang. Kamu mungkin memiliki tekad yang kuat untuk menabung banyak uang. Namun, apakah kemampuan finansial menjadi cara utama? Pahami kunci lansia sehat dan bahagia menurut beberapa penelitian berikut.

Ahlawat dan Hediger (2023)¹ menjelaskan hasil penelitian terhadap lebih dari 21.000 lansia di 21 negara. Terdapat beberapa faktor yang paling besar pengaruhnya terhadap kesehatan lansia secara menyeluruh, baik fisik maupun psikologis. Faktor tersebut adalah tujuan hidup, tingkat stres, aktivitas fisik yang cukup, kemampuan belajar seumur hidup, keamanan finansial, dan hubungan baik dan bermakna dengan orang-orang di sekitarnya.

Diperkuat dengan penelitian lainnya, mari membahas satu per satu kunci sehat dan bahagia lansia.

Kunci Bahagia bagi Lansia

1. Terjalinnya Hubungan dengan Orang Sekitar

Interaksi yang sehat dengan orang-orang di sekitar kamu akan meningkatkan kebahagiaan, termasuk pada lansia. Beberapa hubungan yang sebaiknya dikelola dengan baik adalah dengan anggota keluarga, beberapa teman seumuran, tetangga, hingga teman-teman komunitas dari berbagai kalangan usia. Selain menjadi sumber energi positif, hal ini juga mendorong senangnya mempelajari hal baru dari orang lain.

Menjalin hubungan baik dengan orang terdekat juga akan sangat bermanfaat jika lansia membutuhkan bantuan. Baik itu berupa kesulitan domestik, mengantar ke fasilitas kesehatan, maupun dalam hal berbagi cerita.

2. Menikmati Momen Sederhana yang Membuat Bahagia

Bagi orang yang masuk usia emas, hal-hal sederhana yang menenangkan dan terprediksi menjadi salah satu alternatif menemukan kebahagiaan. Mengunjungi cucu, merawat ternak, menyiram tanaman, dan sebagainya bisa mendatangkan kesenangan kecil. Keterbatasan finansial tidak selalu menjadi solusi untuk cara yang satu ini. Bahkan beberapa orang mampu menjadikannya sebagai penghilang stres yang manjur.

3. Tentukan Rutinitas saat Masuk Usia Lanjut

Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa tingkat kebahagiaan akan naik saat lansia memiliki pilihan, kesempatan luas untuk mengambil keputusan, serta tanggung jawab. Beberapa hal ini akan didapatkan jika lansia tetap memiliki rutinitas yang disukai. Banyak pilihan yang bisa diambil, seperti menjadi relawan, mengelola usaha sendiri, membantu anak menjemput cucu, dan masih banyak lagi lainnya. Tentu saja kekuatan fisik harus disesuaikan dalam hal ini.

Kunci Sehat bagi Lansia

1. Olahraga Ringan dan Aktivitas Fisik

Tidak bisa dipungkiri, usia lanjut pun membutuhkan aktivitas fisik untuk tetap sehat. Bukan hanya soal usia yang panjang, tapi juga meningkatkan kualitasnya karena risiko terkena penyakit semakin kecil. Olahraga dengan latihan ringan seperti jalan-jalan pagi dan bersepeda selama 20-30 menit per hari dapat meningkatkan kebugaran. Akan jauh lebih baik jika aktivitas latihan ini dilakukan di luar rumah untuk mendapatkan sinar matahari pagi yang menyehatkan. Jangan fokus pada penurunan berat badan, tapi lebih pada tubuh yang berenergi sepanjang hari.

2. Pintar Memilih Menu Makan Sehat

Semakin bertambah usia, pola makan sehat harus semakin diperketat. Mengonsumsi makanan dengan kandungan gizi yang lengkap akan menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular. Beberapa menu yang perlu diperhatikan adalah biji-bijian utuh, buah dan sayur segar, lemak baik, hingga makanan tinggi protein. Selain itu, hindari juga makanan olahan seperti sosis, kornet, dan sebagainya serta makanan dengan kandungan gula dan garam yang tinggi.

3. Pola Tidur Cukup dan Teratur

Dalam sebuah penelitian, responden berusia 50-60 tahun yang hanya tidur maksimal 6 jam per hari memiliki risiko lebih tinggi mengalami demensia pada usia setelahnya. Selain itu, kekurangan tidur juga memperburuk gejala stres pada lansia. Untuk itu, lansia harus  berusaha memiliki pola tidur teratur dengan waktu yang cukup, yaitu antara 7-8 jam per hari. Usahakan untuk tidur dan bangun di waktu yang sama. Jika lansia mengalami sulit tidur atau sering terbangun, lakukan beberapa hal yang bisa membuat rileks. Di antaranya adalah latihan ringan sebelum tidur, menyalakan diffuser dengan aromaterapi, dan menghindari tidur terlalu larut.

4. Menjauhi Rokok, Alkohol, dan Sejenisnya

Penelitian pada sekitar 200.000 orang berusia 45-54 tahun yang berhenti merokok memiliki usia 6 tahun lebih panjang dibanding mereka yang masih merokok. Sedangkan yang berhenti merokok di usia 55-65 tahun memiliki masa hidup 4 tahun lebih lama. Selain rokok, alkohol dan zat yang menyebabkan ketergantungan juga bisa mengganggu kesehatan lansia. Terutama jika lansia terpaksa mengonsumsi obat, pastikan mereka telah melakukan konsultasi dengan dokter sebelumnya.

Bukan hal mudah memang jika kamu belum memiliki beberapa kebiasaan baik di atas. Namun kabar baiknya adalah kamu bisa memulainya dari sekarang. Pembiasaan yang telah dimiliki sejak muda akan memudahkan pengelolaan kesehatan usia lanjut secara menyeluruh. Khusus untuk mendukung kesehatan badan lansia, Enervon Gold siap memastikan kebutuhan vitamin dan mineral hariannya terpenuhi. Diformulasikan khusus untuk lansia, suplemen ini akan membantu menjaga kesehatan jantung, mata, serta meningkatkan imun tubuh. Miliki masa tua sehat dan bahagia bersama Enervon Gold dengan mengaksesnya melalui Tokopedia dan Shopee resmi.

Referensi:

  1. Ahlawat & Hediger. (2023). Age is just a number: How older adults view healthy aging. McKinsey Health Institute. Diakses pada 23 Agustus 2023 dari https://www.mckinsey.com/mhi/our-insights/age-is-just-a-number-how-older-adults-view-healthy-aging
  2. Sellg. (2015). Older But Happier? 5 Amazing Findings from Recent Research. Diakses pada 23 Agustus 2023 dari https://www.psychologytoday.com/intl/blog/changepower/201501/older-happier-5-amazing-findings-recent-research
  3. National Institute on Aging. (2022). What Do We Know About Healthy Aging?. Diakses pada 23 Agustus 2023 dari https://www.nia.nih.gov/health/what-do-we-know-about-healthy-aging#
  4. Fisher. (2023). The 3 habits that can help boost your happiness as you age. Diakses pada 23 Agustus 2023 dari https://fortune.com/well/2023/07/03/habits-that-boost-happiness-as-you-age/