Memang sudah menjadi hal yang wajar apabila lansia mengalami penurunan nafsu makan. Faktor penyebabnya bisa sangat beragam, mulai dari turunnya kemampuan indera pengecap dan penciuman, masalah pada gigi dan gusi, hingga kesulitan mengunyah dan menelan. Bahkan beberapa kondisi kesehatan yang lebih serius seperti gangguan pencernaan dan gangguan kecemasan bisa memengaruhi nafsu makan lansia. Itulah kenapa lansia dan keluarga yang merawat perlu memiliki strategi cara meningkatkan nafsu makan lansia.

Meskipun kalori yang dibutuhkan lansia cenderung lebih sedikit dibanding saat muda, pemenuhan gizinya tetap harus dipastikan seimbang. Selain menjaga kesehatan sehari-hari, nutrisi yang cukup dari makanannya juga akan mendukung kesehatan mental lansia. Berikut ini adalah beberapa tips cara meningkatkan nafsu makan lansia.

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Lansia

1. Mengatur Waktu Makan Rutin

Penurunan kemampuan untuk mengukur waktu umumnya membuat lansia bingung menentukan jam makan dan hanya mengandalkan datangnya rasa lapar. Hal ini bisa membahayakan jika nafsu makan menurun dan berakibat pada kurangnya asupan makan. Untuk itu perlu sekali membantu lansia menentukan waktu makan secara rutin agar mereka familer dengan jam makan. Bahkan jika perlu ajak mereka ikut menentukan menu makan untuk meningkatkan semangat menyantap makanan.

Hal ini akan berkaitan erat dengan rutinitas kegiatan fisik sehari-hari, termasuk olahraga. Saat lansia memiliki kegiatan rutin, energi yang dikeluarkan akan cukup untuk mengirim sinyal lapar pada otak.

2. Porsi Kecil Namun Sering

Sistem pencernaan yang tidak seperti saat muda membuat lansia mengalami gangguan pencernaan seperti mudah kembung dan mual. Sehingga mudah bagi mereka untuk berhenti makan sebelum habis. Untuk menghindari hal ini, berikan lansia makanan utama dengan porsi kecil serta camilan sehat di antara waktu tersebut. Makan utama 3 kali dan pemberian camilan sehat 2 kali banyak disarankan untuk lansia.

3. Perkaya Rasa Makanan dengan Bumbu Alami

Lansia memang perlu membatasi konsumsi gula dan garam berlebih, namun bukan berarti makanannya hambar. Pengolahan makan dengan bumbu dan rempah alami (spice and herbs) bisa menjadi alternatif yang disarankan. Selain mampu menambah aroma, rasa, dan warna makanan, bumbu dan rempah yang banyak juga memiliki kandungan gizi tinggi.

4. Perhatikan Juga Tampilan Makanan

Bicara soal warna makanan, tampilan makanan memang berpengaruh besar untuk meningkatkan selera makan. Mengupayakan agar tampilan makanan cantik bisa dibantu dengan herbal dan bumbu. Selain itu, pilih bahan makanan dengan warna cerah seperti sayuran dan buah. Bahan makanan segar dengan karakter seperti ini umumnya mengandung vitamin dan mineral yang tinggi. Menurut penelitian hijau adalah warna terakhir yang dikenali oleh lansia dengan pandangan yang menurun.

5. Makanan Lembut Tinggi Nutrisi

Cara meningkatkan nafsu makan lansia berikutnya adalah dengan meningkatkan kemudahan mereka mengonsumsi makanannya. Salah satunya dengan memberikan mereka makanan lembut atau yang disajikan dengan potongan kecil. Makanan cair seperti jus buah, smoothie, bubur, dan sebagainya bisa dipilih. Tidak hanya mudah diserap tubuh, makanan lembut juga tidak membutuhkan banyak alat makan yang mungkin menyulitkan lansia dengan kondisi kesehatan khusus.

6. Makan Bersama Keluarga atau Teman

Makan sendiri di rumah bisa menjadi penyebab turunnya nafsu makan. Sehingga mengagendakan makan bersama dengan keluarga atau teman-temannya perlu dilakukan. Interaksi sosial saat mempersiapkan makanan dan menyantapnya bisa menjadi hal yang menyenangkan dan dinanti oleh siapa pun, termasuk lansia.

7. Meningkatkan Cairan Tubuh

Penyebab lain turunnya nafsu makan adalah kesulitan mengunyah dan menelan makanan akibat mulut yang kering. Langkah untuk mencegah dan mengatasi hal ini adalah dengan meningkatkan konsumsi minum air putih dan makanan cair seperti sup untuk mencukupi cairan tubuh sehari-hari.

8. Menghilangkan Penyebab Utamanya

Nafsu makan menurun pada lansia juga bisa menjadi tanda atau gejala masalah kesehatan yang lebih serius atau gejala efek samping obat tertentu. Jika beberapa cara di atas belum menunjukkan kemajuan, segeralah melakukan konsultasi dengan dokter. Tenaga medis akan melihat riwayat konsumsi obat yang pernah dikonsumsi serta melakukan pengecekan kesehatan secara menyeluruh.

Daftar Makanan yang Baik untuk Lansia

Setelah mengetahui triknya, berikut ini adalah beberapa bahan makanan yang baik untuk lansia. Selain mudah dicerna dan dikonsumsi, makanan ini juga mudah untuk dikreasikan. Hal ini akan mendukung cara meningkatkan nafsu makan lansia di atas.

  1. Buah dan sayur segar, bukan yang berasal dari kaleng, memiliki kandungan vitamin, mineral, dan serat yang tinggi. Bahkan konsumsi beberapa jenis sayur dan buah dalam jumlah banyak tidak menyumbang kalori tinggi yang berlebihan bagi lansia. Sayuran hijau juga terbukti mengandung kalsium lebih banyak dibanding susu, cocok untuk menjaga kesehatan tulang.
  2. Oatmeal bisa menjadi camilan sehat yang mengandung serat tinggi dan mudah dikombinasikan dengan bahan makanan lain. Selain rendah kalori, oatmeal juga baik bagi pencernaan.
  3. Yogurt bisa menjadi bahan makanan tambahan atau camilan sehat yang mengandung magnesium, zinc, serta berbagai vitamin penting. Pilih produk yogurt dengan pemanis alami seperti madu dan gula palem untuk menghindari gula rafinasi.
  4. Daging dan telur merupakan makanan dengan protein tinggi untuk mencegah kekurangan vitamin B12, kondisi yang bisa menjadi penyebab gangguan pencernaan kronis dan demensia.

Enervon Gold: Mendukung Pemenuhan Vitamin dan Mineral Lansia

Bila perlu, dukung pemenuhan vitamin dan mineralnya dengan mengonsumsi suplemen. Salah satu produk yang banyak direkomendasikan adalah Enervon Gold, tambahan makan bagi lansia yang praktis dengan kandungan nutrisi yang lengkap. Mulai dari vitamin C, B kompleks, lutein, asam folat, hingga omega 3. Cukup dengan mengonsumsi satu kali sehari, lansia telah mendapatkan banyak manfaat guna mendukung tubuh sehatnya. Pastikan kamu mendapatkan produk yang asli dengan mengaksesnya melalui Tokopedia atau Shopee resmi Enervon.

Referensi:

  1. Helping Hands Home Care. 2022. Best food for elderly people with no appetite. Diakses pada 17 Oktober 2023 dari https://www.helpinghandshomecare.co.uk/care-advice/best-food-for-elderly-people-with-no-appetite/
  2. Freedom Care. 2022. Recipes For Elderly Parents. Diakses pada 17 Oktober 2023 dari https://freedomcare.com/recipes-for-elderly-parents/