Seseorang dikatakan memiliki pola makan sehat jika ia mampu memenuhi 3 indikator utama setiap kali makan, yaitu jadwal teratur, jenis makanan, dan jumlah yang dikonsumsi. Sayangnya, pola makan sehat yang sudah terbentuk bisa rusak saat dihadapkan pada padatnya aktivitas. Karena kesibukan yang dimiliki selama beberapa hari berturut-turut, orang cenderung memilih jalan mudah untuk mendapatkan makanan. Bahkan tidak jarang mereka akan melewatkan waktu makan dengan berbagai alasan. Namun orang sibuk pun tetap bisa mempunyai pola makan sehat jika ia memiliki komitmen untuk menjaga tubuh sehat dalam waktu yang panjang. Perhatikan tips detailnya berikut ini.

Tips Jaga Pola Makan Sehat untuk Kamu yang Sibuk

1. Soal Sarapan dan Triknya

Jangan pernah meninggalkan sarapan sesibuk apa pun kamu beraktivitas. Sarapan akan membantu kamu menyiapkan tubuh dan pikiran untuk menyelesaikan semua tantangan. Selain sulit berkonsentrasi, meninggalkan sarapan juga memicu turunnya produktivitas.

Saat menentukan menu sarapan, pilih makanan tinggi protein dan mudah untuk dibuat. Bila perlu persiapkan sejak malam hari, misalnya dengan membuat overnight oats yang dipadukan dengan buah-buahan segar. Pilihan menu lain yang juga mudah dikreasikan adalah smoothie dengan tambahan sayur hijau seperti kale. Selain mudah dibuat, kamu juga bisa menyantapnya lebih cepat.

2. Saat Memilih Kudapan

Jika kamu suka makan camilan, usahakan untuk tidak menjadikan camilan tersebut sebagai pengganti makan besar. Kemudian mulailah memilih jenis camilan yang sehat seperti potongan buah segar, kacang-kacangan atau popcorn tanpa garam dan gula, yogurt, hingga granola bar.

3. Hidrasi Terbaik: Air Putih

Meski orang yang sibuk identik dengan kopi dan minuman instan untuk menambah energi, jumlah yang dikonsumsi harus dibatasi. Selain meningkatkan tekanan darah, kafein dan gula berlebihan juga menurunkan fungsi kerja otak. Air putih adalah pilihan terbaik dalam menjaga tubuh tetap terhidrasi. Selain mencegah pusing akibat dehidrasi, air putih akan membantu peredaran darah dan penyaluran nutrisi makanan ke seluruh tubuh. Milikilah botol air minum pribadi yang mudah dibawa ke mana pun. Bahkan jika perlu buat pengingat di ponsel untuk minum secara teratur tanpa harus menunggu haus.

4. Membawa Bekal VS Membeli Makan

Sekarang saatnya kita membahas makan siang dari dua kondisi yang berbeda untuk orang yang sibuk. Kondisi pertama adalah kamu memilih membeli makan di luar karena lebih praktis dilakukan. Untuk hal ini, usahakan untuk memilih menu makan dengan bahan makanan beragam dengan porsi yang tidak berlebihan. Tidak hanya karbohidrat dan protein, tapi juga serat harus sesuai komposisinya. Lalu cobalah untuk menghindari menu makanan cepat saji. Jika hanya itu pilihan satu-satunya, hindari menu yang diolah secara berlebihan seperti hamburger dan nuget.

Kondisi kedua adalah kamu memilih membawa bekal dari hasil masakan kamu sendiri. Selain lebih hemat, pilihan ini akan memudahkan kamu untuk mengatur menu yang bergizi seimbang. Sudah banyak contoh menu bekal makan siang yang mudah dan cepat dibuat. Sama seperti sarapan, kamu juga bisa menyiapkan bahannya (meal preparation) sejak malam hari.

5. Rencanakan Menu Makan Saat Libur

Bicara soal meal preparation, kamu akan lebih mudah menghemat waktu persiapan masak sekaligus waktu belanja dengan cara ini. Langkah awalnya adalah dengan memanfaatkan akhir pekan untuk merencanakan menu makan dalam satu minggu ke depan sekaligus membelinya saat itu juga. Kemudian potong bahan makanan sesuai dengan kebutuhan dan simpan dalam kulkas dan/atau freezer agar tetap awet. Kamu juga bisa menggunakan teknik pengolahan marinasi untuk rasa makanan yang lebih nikmat. Beberapa teknik pengolahan makanan lain yang bisa dicoba adalah tumis, kare, salad, sup, semur, dan lain-lain. Sebagai catatan tambahan untuk menekan waktu belanja, kamu bisa memanfaatkan layanan antar yang sudah banyak di pasaran.

6. Maksimalkan Waktu Makan

Orang yang sibuk cenderung menggunakan waktu makan siangnya sambil menyentuh pekerjaan atau sambil menonton video di Youtube. Meski cara ini terlihat menyenangkan, ada beberapa efek samping seperti kesulitan membatasi porsi makan, menurunkan tingkat metabolisme, serta memicu gangguan pencernaan karena makan terlalu cepat. Luangkan waktu 15-20 menit khusus untuk makan dan fokus pada menu di depan kamu. Langkah ini akan membantu menurunkan stres dan mengisi energi psikologis sepanjang hari.

Dukung Kesehatan Tubuh dengan Enervon-C Tablet

Jangan sampai sibuk menjadi alasan kamu untuk memiliki pola makan yang kurang baik. Sayangi tubuh agar terus sehat hingga usia lanjut dengan kebiasaan baik yang dimulai dari sekarang. Dengan memiliki pola makan sehat, kebutuhan semua zat gizi akan secara beriringan terpenuhi. Bila perlu, kamu bisa memanfaatkan suplemen sebagai makanan tambahan yang praktis dikonsumsi.

Enervon-C Tablet hadir dengan kandungan multivitamin dan mineral lengkap yang siap menemani hari kamu yang padat. Tidak hanya vitamin C, tapi kamu akan mendapatkan vitamin B kompleks dan beberapa mineral lain dalam satu tablet. Cukup dengan konsumsi 1 kali sehari, kamu telah mendukung tubuh mendapatkan nutrisi penuh. Dapatkan produknya yang asli secara praktis dengan mengakses toko resmi Enervon di Shopee dan Tokopedia.

Referensi:

  1. APWU Healthy Plan. 9 healthy eating tips for busy people. Diakses pada 22 November 2023 dari https://www.apwuhp.com/9-healthy-eating-tips-for-busy-people/
  2. Lucy Yu. 2018. Tips for eating healthy with a busy schedule. Diakses pada 22 November 2023 dari https://uhs.berkeley.edu/news/tips-eating-healthy-busy-schedule
  3. Better Health Channel. 2018. Cooking tips for busy people. Diakses pada 22 November 2023 dari https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/cooking-tips-for-busy-people