Saat memikirkan wisata bahari di Indonesia, daerah mana yang langsung muncul dalam benakmu? Mungkin Bali dan Lombok adalah beberapa destinasi populer bagi sebagian besar orang. Namun Wakatobi juga mulai mendapat banyak penggemar karena keindahan lautannya. Di sekitar Wakatobi, terdapat beberapa objek wisata bahari di Sulawesi Tenggara yang patut dikunjungi. Tidak hanya suasana pantai yang masih alami, tapi juga keindahan bawah lautnya menjadi daya tarik wisatawan dari berbagai daerah hingga luar negeri. Perhatikan info detailnya di bawah ini.

Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara

1. Taman Nasional Wakatobi

Tentu saja lokasi pertama adalah Taman Nasional Wakatobi, konservasi biota laut dengan puluhan gugusan terumbu karang yang cantik (gambar di atas). Bahkan berdasarkan peneliti dari Jerman, sekitar 90% terumbu karang di dunia ada di area Wakatobi. Sehingga wajar jika daya tarik utama dari wisata bahari ini adalah pemandangan bawah lautnya. Menjadi rumah bagi 93 jenis ikan dan penyu, kamu harus mencoba aktivitas menyelam (snorkeling atau diving) di sini untuk bertemu flora fauna laut.

2. Pantai Nirwana

Sumber: Kendaripos.fajar.co.id

Berikutnya kita akan pindah ke Bau-Bau, salah satu kota di Sulawesi Tenggara yang menawarkan Pantai Nirwana sebagai wisata bahari terbaik. Dengan pasir putih dan air laut yang biru, tempat ini memiliki ombak yang cenderung tenang. Sehingga cocok untuk kamu dan anak-anak menghabiskan waktu bermain air di sini. Jangan lupa merasakan serunya menyelam di sini ya. Jika belum puas dengan pantainya, jelajahi juga gua dengan mata air payau bernama Gua Moko. Cukup dengan jalan kaki sekitar 15 menit dan berkendara kurang lebih 5 menit, kamu sudah akan sampai ke gua tersebut. Berani berenang di dalamnya?

3. Pulau Bokori

Sumber: asset.kompas.com

Selanjutnya adalah Pulau Bokori di Konawe, pulau dengan beberapa pantai menawan yang siap menyambut kamu dan keluarga. Dengan naik perahu dari Kampung Bajo sekitar 90 menit, kamu akan tiba di sini dan turun ke dermaga yang cantik. Jernihnya air laut dengan pasir putih bersih akan menjadi pemandangan keren di segala arah. Bahkan wisatawan juga bisa menghabiskan malam di sini dengan menginap di resor dan homestay yang disediakan pengelola. Saksikan indahnya malam berbintang tanpa polusi cahaya yang keren di sini.

4. Danau Biru Kolaka

Sumber: Google oleh Asnawih Destiani

Selain pulau dan pantainya, Sulawesi Tenggara juga menawarkan danau bernama Danau Biru Kolaka. Sesuai namanya, danau ini populer dengan pemandangannya yang keren. Terletak 12 meter dari bibir pantai Laut Kolaka, danau berair biru kehijauan ini hanya dipisahkan oleh tebing karang yang cantik. Kamu akan menikmati suasana teduh dan asri selama berkeliling di sini. Tidak hanya mengagumi keindahannya dari perahu mini, coba juga untuk berenang dan menyelam agar liburan kamu makin berkesan.

5. Kepulauan Labengki

Sumber: Pegipegi

Disebut sebagai kepulauan karena 5 pulau kecil yang ada di sini, yaitu Labengki Besar, Labengki Kecil, Alnamira, Tukoh Kulay, dan Mauang. Setiap pulau menawarkan keindahan yang berbeda dan masing-masing sayang untuk dilewatkan. Mulai dari Laguna Blue Lagoon, Teluk Cinta Labengki, hingga pemukiman suku Bajo adalah sebagian kecil dari apa yang dimiliki oleh area ini. Sebagai destinasi tersembunyi, kamu bisa menikmati suasana tenang di sini selama yang kamu mau. Tidak hanya berenang dan menyelam, coba juga mendaki bukit di sekitar Teluk Cinta Labengki untuk melihat megahnya alam Sulawesi Tenggara.

6. Pulau Muna

Sumber: baizulzaman.files.wordpress.com

Mari beralih ke pulau lain di Sulawesi Tenggara bernama Pulau Muna, pulau dengan belasan tempat wisata populer dan menawan. Di antaranya adalah Penangkaran Kura-Kura Raksasa, Pantai Meleura, Danau Ubur-Ubur Lohia, Danau Moko, Puncak Wakila, Danau Napabale, dan masih banyak lagi lainnya. Setiap tempat wisata di kabupaten ini patut dijelajahi dengan segala keunikan yang dimilikinya. Misalnya di Danau Napabale, danau air asin yang terhubung dengan laut melalui terowongan sepanjang 30 meter. Keren sekali, bukan?

7. Pulau Sagori

Sumber: harapansultra.com

Tempat lain untuk bertemu dengan penduduk asli suku Bajo adalah Pulau Sagori. Kamu dapat mengunjungi rumah adat mereka dan berinteraksi langsung dengan warga lokal. Bahkan wisatawan juga bisa melihat bangkai kapal bernilai sejarah di sekitar pantai. Wisata bahari sekaligus wisata budaya bisa kamu dapatkan di sini.

Optimalkan Liburan dengan Tubuh yang Sehat

Jika kamu datang dari luar Sulawesi Tenggara, perlu dipahami bahwa rata-rata cuaca di sana adalah cerah dan cenderung panas sepanjang tahun dengan suhu antara 26-32 derajat celcius. Untuk mengoptimalkan waktu liburan, menjaga kesehatan selama menjalani rangkaian kegiatan adalah kunci menikmati momen dengan teman dan keluarga. Tidak hanya membantu mendukung aktivitas seru, tubuh yang sehat dan berstamina juga akan mencegah kamu lelah berlebihan dan/atau sakit sepulang dari liburan.

Tips pertama adalah memastikan kamu selalu membawa tabir surya, topi, pakaian panjang, dan kacamata hitam untuk melindungi kulit dan mata dari sinar matahari langsung. Berikutnya pastikan kamu mendapat asupan cairan tubuh yang cukup, terutama air putih untuk menghindarkan diri dari dehidrasi. Selain air putih, bawa juga bekal seperti buah segar untuk mendapatkan manfaat lain seperti vitamin, mineral, dan gula alami.

Bila perlu, konsumsi 1 tablet Enervon-C Tablet sebelum pergi jalan-jalan. Kandungan multivitamin dan mineral yang ada di dalamnya akan membantu tubuh memiliki imun yang lebih kuat. Minimalisir kemungkinan sakit setelah liburan dengan asupan nutrisi yang cukup bersama Enervon. Dapatkan produknya yang asli dengan mengunjungi toko resmi Enervon di Shopee dan Tokopedia.

Featured Image - Google oleh Hendra Tan