Jika kamu suka atau ingin merasakan serunya menjelajahi suatu kota namun tidak mau merasakan waktu liburan habis di jalan karena berpindah lokasi dari satu wisata ke tempat wisata lainnya, Bandung adalah solusinya. Menjadi salah satu kota yang padat, Bandung adalah destinasi wisata yang punya banyak penggemar. Satu area yang tidak boleh dilewatkan di kota ini adalah Stasiun Bandung. Meski dekat dengan pusat kota, Stasiun Bandung dan sekitarnya memiliki daya tarik yang seru untuk dijelajahi. Berikut ini adalah objek wisata dekat Stasiun Bandung yang bisa dijelajahi bahkan dengan jalan kaki.

Tempat Wisata Dekat Stasiun Bandung yang Menarik Dijelajahi

1. Museum Konferensi Asia-Afrika

Tempat wisata pertama yang dekat dengan Stasiun Bandung adalah Museum Konferensi Asia-Afrika. Cukup dengan berjalan kaki kurang lebih 18 menit dari stasiun, kamu akan sampai di sini. Selain melihat tempat bersejarah bagi terselenggaranya Konferensi Asia-Afrika tahun 1955, kamu juga bisa mengakses fasilitas lain seperti perpustakaan dan ruang audiovisual yang menampilkan video dokumenter.

2. Jalan Braga

Sumber: Upload.wikimedia.org

Hanya dengan jalan kaki kurang lebih 6 menit dari tempat pertama, kamu akan sampai ke Jalan Braga. Meski tampaknya hanya sekedar jalan raya, kamu akan dibuat terkesima dengan bangunan berarsitektur klasik hingga banyaknya koleksi karya seni yang dipajang dan bisa dibeli. Jika ingin menikmati spot artistik tertentu, kamu bisa duduk bersantai di kedai kopi terdekat.

3. Kiara Artha Park Bandung

Sumber: cdn.wisata.app

Berikutnya ada Kiara Artha Park, area wisata yang luas dan menawarkan beragam keseruan dalam satu tempat. Meski membutuhkan sekitar 20 menit perjalanan darat dari stasiun, perjalanan ini akan terasa dekat setelah melihat keseruan di sana. Terdapat beberapa wahana yang patut dijelajahi, yaitu wahana Dino Show, Taman Asia-Afrika, Kampung Korea, hingga berwisata kuliner. Dibuka untuk umum hingga malam, Kiara Artha Park Bandung juga menawarkan pertunjukan Festival of Light lho. Lengkap sekali, bukan?

4. Kebun Binatang Bandung

Sumber: detik.com

Tidak berhenti di situ, kamu yang membawa anak kecil juga bisa menyenangkan hati mereka dengan mengajaknya mengunjungi kebun binatang. Tidak sampai 10 menit berkendara, kamu bisa melihat suasana hutan tropis di tengah Kota Bandung yang segar. Selain wisata edukasi untuk mengenalkan anak pada dunia satwa, tempat ini juga menawarkan serunya menyaksikan pertunjukan angklung. Keren sekali, bukan?

5. Sudirman Street Bandung

Sumber: Google oleh Jerry Jun

Jalan-jalan ke Bandung tidak akan lengkap jika tidak mencoba kuliner khasnya. Datang ke pasar malam (night market) adalah salah satu cara menikmati kuliner lokal sekaligus merasakan keseruan nongkrong pada malam hari. Apalagi dengan jarak tempuh yang hanya 10 menit jalan kaki. Mulai dari makan besar, street food, hingga minuman beraneka rasa bisa kamu dapatkan di sini. Bahkan kamu juga bisa mengunjunginya dari pukul 10 pagi.

6. Taman Lalu Lintas Bandung

Sumber: Caca E. Supriana

Satu lagi wisata edukasi bagi anak-anak yang dekat stasiun sekaligus seru untuk dikunjungi, yaitu Taman Lalu Lintas Bandung. Sesuai namanya, kamu dan keluarga akan disuguhkan beberapa wahana permainan yang berkaitan langsung dengan rambu lalu lintas. Selain belajar aturan lalu lintas dengan cara yang menyenangkan, kamu juga bisa menjajal keseruan lain seperti berenang, naik komedi putar, naik kereta api dengan desain klasik, dan masih banyak lagi lainnya. Nampaknya tempat ini tidak hanya menjadi sarana belajar anak-anak, tapi juga pengingat segar bagimu untuk terus berhati-hati di jalan.

7. Gedung Sate

Sumber: Atourin

Tentu saja tempat wisata paling ikonik di Bandung yang dekat dengan stasiun adalah Gedung Sate. Bangunan yang terkenal karena arsitektur eksteriornya ini memiliki unsur desain Asia dan Thailand. Objek wisata yang satu ini memberikan kamu pengalaman yang tak kalah seru saat menjelajahinya. Mulai dari pengalaman menyaksikan film bersejarah, virtual reality, lantai interaktif, diorama, hingga toko souvenir. Pada bagian luar terdapat halaman yang cukup luas, cocok untuk menghabiskan sore bersama teman atau keluarga di Bandung. Akses untuk kamu yang berkendara pribadi dan jalan kaki cukup berbeda, jadi perhatikan arahnya ya.

Tips Sehat selama Menjelajahi Bandung dan Sekitarnya

Meskipun lokasi yang kamu pilih berdekatan, aktivitas tersebut tetap memberikan kemungkinan terpapar patogen pembawa penyakit. Mulai dari radikal bebas, bertemunya kerumunan orang, hingga padatnya agenda jalan-jalan bisa meningkatkan potensi sakit. Tentu saja hal tersebut tidak boleh menjadi penghalang untuk memiliki momen seru dan berharga bersama teman dan keluarga.

Untuk mencegah sakit selama perjalanan dan setelah pulang dari liburan, menjaga kesehatan tubuh menjadi hal penting. Jangan meremehkan barang bawaan penting seperti botol pribadi, tabir surya, hingga obat-obatan pribadi. Termasuk bijak dalam memilih menu makanan dan kudapan selama di Bandung.

Enervon-C Effervescent hadir dengan bentuk tablet yang mudah larut dalam air putih. Sehingga kamu bisa tetap memenuhi kebutuhan cairan tubuh sekaligus melengkapi nutrisi untuk jalan-jalan seharian. Multivitamin dan mineral lengkap di dalamnya akan mendukung pembentukan energi dan stamina serta menjaga daya tahan tubuh. Dapatkan produk Enervon varian ini yang asli melalui Tokopedia dan Shopee resminya.

Featured Image - Google oleh Jerry Chen