Bandung adalah ibukota Jawa Barat yang memiliki banyak spot wisata unggulan mulai dari wisata alam, budaya, sejarah, belanja, kuliner, dan lain-lain. Selain itu, ada banyak tempat wisata edukasi Bandung yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Jika kamu pergi liburan bersama anak, maka mengunjungi tempat-tempat wisata edukasi menjadi ide yang cemerlang. 

Pasalnya, anak akan semakin bergembira karena bisa bermain sambil belajar di berbagai spot tersebut. Jika kamu masih bingung ingin singgah ke mana, maka jangan lewatkan informasi tempat wisata edukasi di ibukota Jawa Barat yang akan tersaji dalam artikel berikut ini.

Daftar Wisata Edukasi Bandung

Ada banyak tempat edukasi di Bandung yang sangat ramah anak. Mulai dari perkebunan, museum, kebun binatang, observatorium, wisata alam terbuka, saung angklung, dan lain-lain. Informasi selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.

1. Lactasari Mini Farm

Sumber: tourbandung.id

Rekomendasi wisata edukasi Bandung pertama untuk kamu adalah Lactasari Mini Farm. sesuai dengan namanya, tempat ini merupakan peternakan kecil yang memiliki koleksi hewan-hewan ternak seperti kambing, sapi, kelinci, dan lain-lain. 

Menariknya, kamu bisa mengajak anak untuk berinteraksi langsung dengan semua hewan tersebut, baik hanya dengan menyentuh atau memberi makan. Tak hanya itu saja, kebersihan kandang sangat terjamin dan yang pasti tidak bau lho! Bahkan, hewan-hewan ternak yang ada di sini semuanya sehat dan terawat.

Lokasi objek wisata yang satu ini juga sangat strategis karena berada di tengah kota, tepatnya di Area Parkir Sky Level (P5) Mal Paris Van Java yang beralamatkan di Jalan Sukajadi. Setiap Senin sampai Jumat, Lactasari Mini Farm buka dari jam 10 pagi hingga 7 malam, sedangkan Sabtu Minggu beroperasi hingga jam 10 malam.

Untuk bisa menjelajahi berbagai atraksi wisata di tempat ini, kamu hanya perlu membayar tiket sebesar 60 ribu yang berlaku untuk 1 anak dan 1 pendamping.

2. Kebun Binatang Bandung

Sumber: analisadaily.com

Jika anak-anak menyukai semua spesies binatang, maka Kebun Binatang Bandung menjadi opsi tepat untuk dikunjungi. Di tempat ini, anak-anak akan mengenal lebih banyak jenis hewan dan membedakan hewan mana yang termasuk karnivora, herbivora, atau omnivora. 

Harga tiket masuknya pun sangat terjangkau, kamu hanya perlu membayar 25 ribu saja per orang. Kebun binatang ini sudah bisa kamu datangi mulai dari jam 8 pagi hingga setengah 5 sore. Menariknya, Kebun Binatang Bandung tidak pernah libur dan bisa kamu kunjungi pada hari apa pun.

 

 

3. Bandung Science Center

Sumber: bastianrental.com

Ingin merasakan pengalaman menjadi seorang ilmuwan, maka datang saja ke Bandung Science Center. Di dalamnya terdapat 16 ruang pameran yang memiliki ratusan alat peraga. Ruang pameran yang dimaksud mengusung tema-tema seperti fisika dasar, astronomi, ilusi optik, robot, audio visual, robot, bumi, dan lain-lain.

Buka dari jam setengah 9 hingga 5 sore, Bandung Science Center beralamatkan di Jalan Sirnagalih No 15, Gegerkalong

4. Observatorium Bosscha

Sumber: piknikwisata.com

Bergeser ke daerah Lembang, ada satu wisata edukasi Bandung yang sangat populer yaitu Observatorium Bosscha. Selain merasakan pengalaman sebagai astronot, si kecil juga bisa belajar mengenai sejarah Bosscha, rasi bintang, cara kerja teropong Zeiss, hingga mengamati objek astronomi. 

Keberadaan observatorium ini memudahkan anak-anak dalam mempelajari sains dan astronomi. Selain itu, anak juga bisa menyaksikan benda-benda yang ada di luar angkasa hingga fenomena alam. Jangan kaget dengan tarif masuknya karena hanya dibanderol senilai 15 ribu saja. Kamu bisa datang ke tempat ini setiap Selasa hingga Jumat dari pukul 9 hingga setengah 3, atau Sabtu dari pukul 9 sampai 1 siang.

 

 

5. Museum Geologi

Sumber: wisataidn.com

Mendengar kata museum, kamu mungkin sudah merasa bosan terlebih dulu. Namun, jika datang ke Museum Geologi, dijamin liburanmu akan menjadi berkesan dan sangat menyenangkan. Ada banyak pengetahuan yang bisa kamu pelajari di sini seperti ilmu geologi, gunung berapi, batu-batuan, minyak dan gas bumi, dan mineral.

Menariknya, si kecil juga bisa melihat koleksi fosil hewan purba seperti dinosaurus lho! Untuk bisa melihat semua koleksi yang tersimpan di dalam Museum Geologi, kamu hanya perlu membayar Rp 2.000 untuk pelajar, Rp 3.000 bagi orang dewasa, dan Rp 10.000 untuk turis asing.

Jam operasional Museum Geologi dimulai pada 08.00-16.00 pada Senin sampai Kamis, dan 08.00-14.00 pada hari Sabtu dan Minggu.

6. Saung Angklung Udjo

Sumber: piknikwisata.com

Angklung adalah alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Nah, salah satu cara untuk melestarikan warisan budaya Sunda tersebut yaitu dengan memainkan atau mempelajarinya. 

Di Bandung, terdapat tempat wisata yang mengajak pengunjung untuk belajar memainkan alat musik angklung. Jika kamu tertarik dan ingin mengenalkannya ke si kecil, maka datang saja ke Saung Angklung Udjo. 

Bahkan tak hanya memainkannya saja, di tempat ini, kamu juga bisa melihat langsung proses pembuatan angklung atau menonton pertunjukan seni khas Sunda. Tarif masuk untuk anak dan dewasa nilainya berbeda yaitu Rp 60.000 untuk dewasa dan Rp 40.000 untuk anak-anak.

 

 

Konsumsi Enervon-C Plus Syrup untuk Jaga Stamina Si Kecil saat Berwisata

Selain memilih wisata edukasi Bandung yang tepat, orang tua juga harus mencukupi kebutuhan vitamin harian si kecil. Selain makan makanan yang bergizi, kamu juga bisa memberikan multivitamin tambahan seperti Enervon-C Plus Syrup yang mengandung kombinasi vitamin C dan B-Kompleks. 

Vitamin C efektif dalam menjaga daya tahan tubuh supaya tidak mudah sakit, sedangkan vitamin B-Kompleks akan menghasilkan energi pada tubuh si kecil. Selain itu, multivitamin yang satu ini juga diperkaya dengan vitamin A yang menunjang pertumbuhan dan vitamin D yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi.

Bahkan, konsumsi rutin Enervon-C Plus Syrup juga efektif meningkatkan nafsu makan anak serta mempercepat proses penyembuhan pasca sakit. Untuk usia 1 sampai 6 tahun, dosis yang dianjurkan adalah 5 ml per hari, sedangkan untuk usia 6 hingga 12 tahun sebanyak 10 ml tiap harinya.

Ayo penuhi nutrisi dan kebutuhan vitamin C anak dengan memberikan Enervon-C Plus Syrup secara rutin. Order sekarang juga dengan melakukan pembelian hanya di official store Enervon yang terpercaya di Shopee dan Tokopedia.