Dunia kerja memang penuh dinamika. Ada banyak alasan kenapa seseorang ingin mencari pekerjaan baru yang bisa berasal dari faktor internal maupun eksternal. Namun, apa pun alasannya, semuanya mengarah pada preferensi masing-masing individu dalam mencapai tujuan karier masing-masing. Di bawah ini adalah beberapa alasan umum yang dilontarkan karyawan saat ingin mencari peluang baru di tempat lain. Mungkin kamu juga salah satunya!

Alasan Mencari Pekerjaan Baru

Tidak ada salah dan benar saat kamu memutuskan untuk pergi dari perusahaan yang sekarang. Pada dasarnya, semua orang pasti menginginkan tujuan akhir yang sesuai dengan keinginannya entah berupa materi, perbaikan karier, atau kenyamanan kerja. Inilah berbagai alasan umum yang mendasari seseorang untuk mencari pekerjaan baru.

1. Terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK)

PHK yang dilakukan perusahaan memaksa seseorang untuk mencari pekerjaan baru di tempat lain. Keputusan ini biasanya terjadi saat perusahaan mengalami kesulitan internal dan terpaksa merumahkan sebagian karyawan untuk menyelamatkan bisnis agar tetap berjalan.

Karyawan yang terdampak PHK berbeda dengan mereka yang dipecat. Jika PHK terjadi karena hal-hal di luar kendali karyawan, pemecatan biasanya terjadi karena kesalahan yang dilakukan pegawai.

Namun, kamu jangan pesimis terlebih dulu. Justru jadikan momen menyedihkan ini sebagai upaya introspeksi diri supaya bisa bekerja lebih baik lagi di perusahaan yang baru.

2. Mencoba Peran dan Tantangan yang Berbeda 

Kamu mungkin berkutat pada pekerjaan yang monoton di perusahaan sebelumnya. Saat menjalani pekerjaan itu, ada  rasa nyaman dan tidak puas, sehingga kamu ingin mencari peluang di tempat lain. 

Beberapa orang mungkin memang mudah bosan dengan pekerjaan yang statis, sehingga mencari tantangan lain yang bisa memuaskan eksistensinya di dunia kerja. Hal ini bisa menjadi alasan yang cukup masuk akal asalkan kamu berusaha untuk tidak menjelek-jelekan perusahaan sebelumnya saat proses wawancara di tempat baru.

 

 

3. Mengejar Karier yang Lebih Jelas

Setiap orang tentunya punya tujuan karier yang berbeda-beda. Ada yang tidak mempermasalahkan posisinya yang jalan di tempat selama tetap nyaman saat bekerja. Namun, sebagian lain mungkin ingin punya karier yang cemerlang dan memiliki peluang untuk naik ke level yang lebih tinggi.

Sayangnya, tidak semua perusahaan bisa menjamin jenjang karier seseorang untuk bertengger di atas seperti yang diimpikan. Hal inilah yang membuat banyak karyawan kemudian memutuskan resign dan mencari perusahaan lain yang menawarkan jenjang karier secara pasti.


 

4. Perusahaan Diakuisisi atau Melakukan Merger

Karena alasan tertentu, perusahaan tempat kamu bekerja harus diakuisisi atau melakukan merger demi menyelamatkan bisnis. Kondisi ini kerap menimbulkan perubahan dalam struktur organisasi, budaya kerja, serta visi dan misi yang digagas perusahaan sebelumnya.

Kamu mungkin tidak sejalan dengan ide-ide dan budaya perusahaan terkini sehingga merasa tidak nyaman untuk tetap bertahan di tempat yang sekarang. Hal inilah yang kemudian memicu seseorang untuk mencari pekerjaan baru.

5. Pergi karena Alasan Pribadi

Tak sedikit karyawan yang memilih pindah kerja karena alasan pribadi. Misalnya saja komitmen untuk tidak bekerja setelah menikah, tidak bisa meninggalkan anak untuk bekerja, merawat orang tua yang sakit, melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, atau alasan internal lainnya. 

 

 

6. Bekerja sesuai Bidang yang Digeluti

Pada awal karier, kamu mungkin kurang beruntung dan tidak bisa menekuni dunia kerja sesuai bidang yang dipelajari di jenjang pendidikan. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa mewujudkan karier sesuai bidang di waktu-waktu kedepan. 

Jika ada kesempatan di tempat lain untuk menekuni profesi atau pekerjaan sesuai bidangmu, maka tidak perlu ragu untuk mencoba peluang tersebut. 

 

7. Mendapatkan Kompensasi yang Layak

Perusahaan yang baik dan menghargai pekerjanya tentu akan memberikan kompensasi yang layak atas prestasi dan pencapaian yang telah diberikan atas kemajuan organisasi. Selain itu, loyalitas karyawan terhadap perusahaan juga perlu diapresiasi, baik secara morel maupun materiel. 

Sayangnya, tidak semua perusahaan secara sadar mau dan mampu untuk melakukan hal tersebut, sehingga hal ini memicu karyawan untuk mengajukan pengunduran diri. Jika memang kontribusi dan upaya kamu tidak dihargai atau tidak mendapatkan kompensasi yang layak, mencari pekerjaan baru yang lebih menjanjikan memang jadi opsi yang lebih bijak.

Namun, jangan memaksa perusahaan baru untuk memberikan gaji dan kompensasi sesuai keinginan, kecuali jika mereka yang membahasnya terlebih dulu. Mengetahui kelebihan yang dimiliki memang penting, tapi jangan sampai hal ini membuatmu lupa diri dan bersikap arogan terhadap perusahaan yang dituju. 

Berikan alasan yang masuk akal dan positif kenapa kamu berhak mendapatkan kompensasi yang layak berdasarkan skill yang dimiliki.

 

 

Jaga Semangatmu dengan Enervon Active

Ternyata, mengemukakan alasan mencari pekerjaan baru harus dilakukan dengan tepat supaya tidak menjadi bumerang terhadap diri sendiri. Agar selalu semangat dalam menjalani aktivitas kerja, jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan kesehatan tubuh.

Salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan selama bekerja yaitu dengan rutin mengonsumsi multivitamin seperti Enervon Active. Konsumsi 1 tablet Enervon Active setiap hari sangat efektif dalam meningkatkan daya tahan tubuh, serta memastikan kamu supaya selalu fit dan bertenaga di tempat kerja.

Dalam setiap tablet multivitamin yang kamu minum, terdapat berbagai kandungan vitamin dan mineral yang sangat penting bagi tubuh yaitu vitamin C, vitamin B-Kompleks, dan juga Zinc. Namun, imbangi juga dengan konsumsi makanan gizi seimbang, olahraga, dan memenuhi asupan cairan di tubuh ya!

Yuk, order Enervon Active di tautan Shopee dan Tokopedia berikut untuk merasakan manfaatnya bagi tubuh!